WWDC 2021 Fitur Android Yang Mungkin Akan Hadir di iOS 15

WWDC 2021: Fitur Android Yang Mungkin Akan Hadir di iOS 15

NESABAMEDIA.COMPenggemar berat Android dan juga iOS kerap terlibat debat tak berujung untuk mengklaim sistem operasi mana yang lebih baik. Meskipun banyak sekali perbedaan antara Android dan iOS yang semakin meramaikan debat itu, baik Google dan Apple sebenarnya sama-sama saling mengadopsi fitur utama yang ada di kedua sistem operasi itu. 

Apple akan memperkenalkan versi iOS berikutnya dalam event WWDC 2021 yang akan digelar pekan depan, dan diharapkan bahwa iOS 15 juga akan mengungkap sejumlah fitur yang mungkin akan hadir dan diadopsi oleh Android. 

Beberapa tahun yang lalu, Android mendapatkan gesture navigasi yang mirip dengan yang ada di iOS. Kemudian Apple akhirnya menghadirkan dukungan untuk widget di iOS 14, yang rupanya lebih baik dari widget yang mereka adopsi dari Android. Untuk menyamakan skor, Google kemudian mengumumkan sejumlah pembaruan penting pada widget Android di Android 12, dengan menambahkan dukungan widget responsif, yang tentu saja seperti yang ada di iOS 14. 

Bahkan ada perdebatan jika Android 12 tampilannya terinspirasi dari iOS dengan penggunaan warna yang lebih kuat dan ujung membulat. Namun sampai saat ini tidak diketahui siapa yang meniru siapa. 

Sementara itu di iOS, ada beberapa area yang mungkin bisa dipinjam dari Android. Berdasarkan rumor terbaru soal iOS 15, sistem operasi Apple itu sepertinya akan mendapatkan fitur panel notifikasi yang lebih bersih dengan ada preferensi untuk aplikasi dan profil ketika penggunanya sedang mengemudi, tidur atau sibuk di kantor. 

Selain itu, iOS 15 juga dirumorkan akan mendapatkan widget dengan dukungan live update, mode gelap yang lebih baik, dan peningkatan lebih banyak pada antarmuka, termasuk tampilan lock screen yang lebih baik. 

Seperti Android 12, iOS 15 mungkin akan menawarkan beberapa cara baru dalam menginformasikan penggunanya ketika sebuah aplikasi secara diam-diam mengumpulkan dan menggunakan data pengguna. Bagian home screen-nya juga akan mendapatkan peningkatan cukup besar. 

Selain dari beberapa fitur itu, diharapkan Apple juga bisa mempertimbangkan untuk memberikan penggunanya lebih banyak opsi melakukan personalisasi di perangkat mereka. Antarmuka di iOS pada dasarnya sama di semua perangkat iPHone, namun ini saatnya bagi Apple untuk bisa menjadikannya lebih baik lagi. 

Di sisi lain, Google telah melakukannya dengan cukup baik, dengan menghadirkan desain Material You, yang memungkinan pengguna Android 12 untuk melakukan kustomisasi tema Android mereka agar sesuai dengan wallpaper yang digunakan.

Leave a Reply

Send this to a friend