Bocoran Desain Android 12, Ungkap Perubahan Antarmuka Besar-Besaran

Bocoran Desain Android 12, Ungkap Perubahan Antarmuka Besar-Besaran

NESABAMEDIA.COMSemakin mendekati event Google I/O 2021, semakin banyak pula bocoran-bocoran yang muncul dalam beberapa pekan terakhir ini. Kali ini yang muncul adalah bocoran mengenai desain pada Android 12, dan sepertinya akan menjadi perubahan tampilan besar sejak beberapa tahun sebelumnya. 

Bocoran ini diunggah oleh Jon Prosser dalam sebuah video yang dia unggah di Youtube. 

Dalam video tersebut bisa dilihat bahwa ada sebuah slide dan animasi baru sebagai bagian dari promosi apa yang akan dihadirkan di Android 12 mendatang. Salah satu slide itu menyebutkan “What’s New?” di Android 12 dan secara spesifik menyebut “A beautiful new experience”, “Stronger privacy and security protections” dan “All of your device work better together”. Sementara slide lain menunjukkan beberapa elemen baru dalam desain antarmuka Android 12

Elemen Baru di Android 12

Elemen Baru di Android 12

Dari kiri ke kanan dalam gambar di atas, bisa dilihat adanya media widget terbaru, sebuah tombol penghemat baterai, sebuah widget kecil untuk cuaca, slider pengatur tingkat kecerahan yang baru dan juga tombol koneksi. Terdapat juga widget jam analog, tombol power, pengatur volume suara dan beberapa UI baru seperti pin, info dan snooze. Ada juga opsi Work dan Home tanpa konteks, sebuah notifikasi UI baru untuk mematikan alarm, dan style pengaturan notifikasi. 

Di video juga menampilkan notifikasi yang diperbarui dan pengaturan visual cepat, sebuah desain keyboard yang diperbarui, style baru seperti berbentuk pil untuk notifikasi status bar, lock screen yang telah sepenuhnya diubah dengan adanya jam besar, animasi riak yang keren, dan banyak sudut membulat (rounded corners). Ada juga banyak bentuk dan gerakan yang dimaksudkan untuk melakukan penyesuaian dengan tema.

Beberapa perubahan ini sebenarnya telah dirumorkan sejak beberapa bulan yang lalu. Anehnya, dalam bocoran yang diungkap Prosser itu ada beberapa tanggal yang muncul yang tidak ada di tahun ini, seperti Senin tanggal 25 Agustus, dan Senin 27 Agustus. Sepertinya bocoran mengenai tanggal ini tidak begitu relevan, karena tidak satupun di antaranya yang muncul pada tahun ini, tahun lalu ataupun tahun depan. 

Leave a Reply

Send this to a friend