• Our Partners:

Qualcomm Uji Snapdragon 888 Pro, Chipset Ekslusif Untuk Pasar Cina

Qualcomm Uji Snapdragon 888 Pro, Chipset Ekslusif Untuk Pasar Cina

NESABAMEDIA.COMChipset Snapdragon 888 merupakan chip andalan tahunan dari Qualcomm yang sekarang ini tidak ada bandingannya di pasaran. Jadi cukup masuk akal jika chipset tersebut memiliki banyak sekali model. Namun Snapdragon 888 juga merupakan chipset mahal yang tidak semua smartphone bisa menggunakannya.

Meski demikian, Qualcomm juga dikenal memiliki kebiasaan meluncurkan varian Plus atau Pro dari chipset andalan mereka. Biasanya, chipset model alternatif itu akan memiliki konfigurasi yang sama, namun memiliki kecepatan clock yang lebih tinggi. Menariknya, beberapa waktu yang lalu ada bocoran di Weibo bahwa Qualcomm sedang melakukan uji coba Snapdragon 888 Pro yang baru.

Chipset Snapdragon 888 Pro yang telah mengalami sejumlah peningkatan dan penyempurnaan itu akan muncul di sejumlah model smartphone kelas atas dan kemungkinan akan bisa dilihat pada kuartal ketiga tahun 2021 ini. Ada rumor yang menyebutkan bahwa hanya pabrikan smartphone asal Cina saja yang bisa menggunakan chipset tersebut. Jadi, chipset Snapdragon 888 Pro memang ditujukan eksklusif untuk pasar Cina saja. 

Akan tetapi, Snapdragon 888 Pro tidak akan jauh berbeda dengan model standar yang sudah ada sekarang ini. Chipset ini dibuat menggunakan teknologi pemrosesan 5nm milik Samsung dan mengadopsi konfigurasi inti 1 + 3 + 4. Inti Cortex-X1 yang sangat besar memiliki frekuensi 2,8GHz. Selain itu, chipset ini juga memiliki inti A78 3×2,4GHz dan inti A55 4×1,8GHz. Snapdragon 888 mengintegrasikan GPU Adreno 660 dan baseband X60 5G dengan bandwidth maksimum sebesar 7,5Gbps.

Meskipun diyakini bahwa frekuensi inti yang besar akan lebih tinggi, akun Weibo yang membocorkan informasi tersebut mengatakan bahwa karena Snapdragon 888 yang ada cenderung terlalu panas, masih belum jelas aspek mana dari Snapdragon 888 Pro yang akan mengalami peningkatan. Tidak menutup kemungkinan jika nantinya yang mengerjakan adalah TSMC bukan Samsung, mengingat pemrosesan 5nm-nya jauh lebih maju dan mampu mengurangi panas yang dihasilkan.

Selain informasi chipset model baru itu, disebutkan juga bahwa Snapdragon seri 700 mungkin tidak akan diluncurkan pada tahun ini. Jadi Snapdragon 780G masih akan menjadi seri terbaru untuk beberapa waktu ke depan.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend