Review AOMEI Partition Assistant : Manage Partisi Harddisk Anda Sesuai Keinginan!

Apakah Anda sedang bingung memillih aplikasi untuk keperluan partisi harddisk? Jika iya, melalui artikel ini, saya akan memperkenalkan salah satu software powerful untuk mengatur partisi pada komputer / laptop Anda.

Software yang saya maksud adalah AOMEI Partition Assistant. Software ini memiliki fitur yang dapat digunakan untuk mempartisi harddisk, membootable media, menghapus partisi dan lain sebagainya. Software ini sudah dikenal banyak di kalangan pengguna komputer, bahkan telah diakui di seluruh dunia.

partition assistant

Untuk mengenal lebih jauh mengenai software ini, Anda bisa menyimak beberapa fitur utama dari AOMEI Partition Assistant yang saya bahas lebih detail dibawah ini:

1. Make Bootable Media

Fitur ini digunakan bagi Anda yang ingin membootable media (entah itu flashdisk atau keping CD / DVD) untuk keperluan instalasi windows. Jadi Anda tidak perlu ribet lagi harus menginstall software bootable secara terpisah seperti Rufus, WinToFlash dan software sejenis lainnya.

2. Migrate OS to SSD

Fitur Migrate OS to SSD digunakan untuk memindahkan partisi sistem OS Anda ke sebuah SSD. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu lagi menginstall ulang sistem operasi Anda ketika ingin menjadikan SSD sebagai partisi sistem OS Anda.

3. Windows To Go Creator

Fitur Windows To Go Creator hampir mirip dengan fitur no. 1 yakni membuat bootable media dari USB flashdisk untuk keperluan instalasi sistem operasi seperti Windows, Linux dan lain sebagainya. Dengan fitur ini, flashdisk yang sudah bootable dapat digunakan sebagai media instalasi di laptop dan komputer manapun.

4. Disk Copy Wizard

Fitur Disk Copy Wizard digunakan untuk mengcopy isi suatu harddisk ke harddisk yang lain. Ada 2 opsi penyalinan yang bisa Anda gunakan yakni Copy Disk Quickly dan Sector-by-Sector Copy.

5. Partition Copy Wizard

Fitur Disk Copy Wizard digunakan untuk mengcopy isi suatu partisi dari harddisk A ke suatu partisi dari harddisk yang lain. Ada 2 opsi penyalinan yang bisa Anda gunakan yakni Copy Disk Quickly dan Sector-by-Sector Copy.

6. Extend Partition Wizard

Fitur Extend Partition Wizard digunakan untuk memperluas ruang partisi harddisk Anda dengan cara mengambil ruang partisi lain yang telah dialokasikan untuk partisi yang dimaksud. Anda harus berhati-hati menggunakan fitur ini karena dampaknya dapat menghilangkan file atau data pada partisi Anda. Gunakan sesuai prosedur yang ditetapkan.

7. Partition Recovery Wizard

Ada kalanya suatu partisi pada harddisk Anda mengalami masalah, maka dari itu fitur Partition Recovery Wizard ini akan mencegah file atau data Anda hilang, tentunya Anda harus memiliki file backupnya terlebih dahulu.

8. NTFS to FAT32 Converter

Fitur ini dapat Anda gunakan untuk mengconvert file system harddisk Anda dari NTFS ke FAT32 atau sebaliknya. Saran saya, gunakan fitur ini jika perlu saja. Default file system harddisk adalah NTFS, tidak perlu diubah-ubah.

9. Dynamic Disk Converter

Fitur ini digunakan untuk mengconvert dynamic disk yang terdapat sistem didalamnya menjadi basic disk. Saya tidak begitu paham betul mengenai fitur ini, soalnya belum pernah mencobanya secara langsung.

10. SSD Secure Erase Wizard

Fitur SSD Secure Erase Wizard ini digunakan untuk menghapus kesuluruhan isi SSD secara aman. Perlu dicatat bahwa fitur ini hanya dapat digunakan pada sistem operasi windows 7. Jika komputer / laptop Anda menggunakan sistem operasi selain windows 7 maka Anda bisa mencopot terlebih dahulu SSD anda dan silakan dipasang di komputer / laptop yang menggunakan sistem operasi windows 7.

11. Integrate to Recovery Env

Fitur ini digunakan untuk mengintegrasi AOMEI Partition Assistant atau AOMEI Backupper yang terinstall di komputer/ laptop Anda untuk keperluan recovery dan backup. Setelah proses integrasi selesai, disarankan bagi Anda untuk melakukan restart atau reboot.

Itulah sedikit ulasan saya mengenai AOMEI Partition Assistant yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk memilih software yang ampuh untuk me-manage keseluruhan partisi pada harddisk Anda. Gunakan software ini dengan bijak supaya data atau file Anda tetap aman.


AOMEI Partition Assistant
  • Platform Compatibility
  • Performance
  • Ease of Use
  • User Interface
  • Customer Support
  • Pricing
4.4

Summary

AOMEI Partition Assistant dapat diandalkan dalam hal me-manage partisi pada harddisk komputer / laptop Anda, baik itu mengcopy partisi, merecovery partisi, mengconvert file system dan lain sebagainya.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend