• Our Partners:

Nesaba Review Huawei Mate X3, Foldable Phone Terbaik 2023?

Huawei termasuk ke dalam salah satu Brand ponsel kenamaan Android, di mana mereka memang tercatat telah lama turut serta dalam mengembangkan Tren dan juga inovasi baru dari seri-seri ponsel terbaru mereka khususnya pasar Flagship setiap tahunnya. Tahun 2023 ini mereka baru saja merilis ponsel terbaru dan masuk ke dalam pasar Flagship melalui Huawei Mate X3.

Huawei Mate X3 resmi hadir di pasaran ponsel Indonesia sejak Februari 2023 kemarin, di mana memang kurang begitu disoroti. Namun agaknya Huawei Mate X3 membawa model unik yang sedang populer yaitu Foldable Phone dengan layar Fold mereka, kesan mewah tentunya langsung terasa ketika melihat ponsel ini untuk pertama kalinya.

Harga Huawei Mate X3, Spesifikasi Huawei Mate X3, Nesaba Review Huawei Mate X3, Foldable Phone Terbaik 2023?

Huawei Mate X3 membawa desain yang menurut saya pribadi….KEREN! Entah apa yag membuat Huawei memikirkan desain unik dan modern yang mereka padukan ke dalam satu seri ponsel yaitu Huawei Mate X3. Kita bisa merasakan kesan eksklusif, hingga daya tahan yang tinggi dari material yang mereka pilih.

Mate X3 hadir dengan bobot yang ringan dan desain yang menurut saya tipis untuk ukuran ponsel Fold, beratnya hanya sekitar 230g yang mana 24g lebih ringan dari Galaxy Z Fold 4 yang dirilis tahun 2022 kemarin. Ukuran baterai yang mereka berikan juga besar, mencapai 4,800 mAh.

Cover Screen dari Mate X3 sendiri memiliki ukuran 6.4” yang cukup normal untuk ponsel Android pada umumnya. Sedangkan ketika dibuka lipatannya maka Anda akan mendapatkan rasio 8:7.1 dengan dimensi hingga 7.85” yang mampu menampilkan maksimal resolusi layar hingga 2496x2224px, tentunya super jernih!

Saya pribadi merasa kagum dengan desain Hinge yang dihadirkan oleh Huawei melalui Mate X3, di mana memberikan kesan daya tarik tersendiri dengan ukuran Bezel cukup tipis dan menggunakan desain Curved Display yang membuatnya terlihat mahal.

Harga Huawei Mate X3, Spesifikasi Huawei Mate X3, Nesaba Review Huawei Mate X3, Foldable Phone Terbaik 2023?

FYI, Mate X3 ini menjadi satu-satunya ponsel Fold yang mendapatkan IPX8 yang memberikan perlindungan Water Resistant/Dust yang mana selain Mate X3 juga didapatkan di Z Fold 4.

Tentu hal yang tidak boleh terlewatkan ialah spesifikasi kamera yang mereka hadirkan, Huawei membekali Mate X3 dengan Triple Camera yang mana diantaranya ada 50MP Primary Camera, 13MP Ultrawide, 12MP Telephoto dan 8MP Front/Selfie Camera.

Spesifikasi Singkat Huawei Mate X3:

  • Desain/Material: 156.9×141.5×5.3mm, 239g; Glass front, glass back or eco leather back, aluminum frame; IPX8.
  • Spesifikasi layar: 7.85″ Foldable OLED, 1B colors, 120Hz, 2224x2496px resolution, 10.1:9 aspect ratio, 426ppi; Cover display:, OLED, 120Hz, 6.4 inches, 1080 x 2504 pixels.
  • Prosesor: Qualcomm SM8475 Snapdragon 8+ Gen 1 4G (4 nm): Octa-core (1×3.19 GHz Cortex-X2 & 3×2.75 GHz Cortex-A710 & 4×2.0 GHz Cortex-A510); Adreno 730.
  • Memori/RAM: 256GB 12GB RAM, 512GB 12GB RAM, 1TB 12GB RAM; UFS; NM (Nano Memory), up to 256GB (uses shared SIM slot).
  • OS/Software: HarmonyOS 3.1 (China), EMUI (Europe), no Google Play Services.
  • Kamera Utama: Wide (main): 50 MP, f/1.8, 23mm, PDAF, Laser AF, OIS; Telephoto: 12 MP, f/3.4, 125mm, PDAF, OIS, 5x optical zoom; Ultra wide angle: 13 MP, f/2.2, 13mm, AF.
  • Kamera Depan: Wide (main): 8 MP, f/2.4; Wide (cover): 8 MP, f/2.4.
  • Perekaman Video: 4K@30/60fps, 1080p@30/60fps, gyro-EIS; Front camera: 4K@30fps, 1080p@30fps.
  • Baterai: 4800mAh; 66W wired, 50W wireless, 7.5W reverse wireless.
  • Konektivitas: LTE; Hybrid Dual SIM; Wi-Fi 6; BT 5.2; NFC; Infrared port.
  • Fitur Lainnya: Fingerprint reader (side-mounted); stereo speakers; BDS Satellite Message.

Unboxing, Design & Material

Unboxing Huawei Mate X3

Harga Huawei Mate X3, Spesifikasi Huawei Mate X3, Nesaba Review Huawei Mate X3, Foldable Phone Terbaik 2023?

Huawei memberikan kita kotak pembelian yang lebar namun tipis, di mana membuat konsep yang mereka bawa lebih mewah ditambah dengan kotak dengan label Huawei berwarna kuning emas. Saya pribadi tidak akan membuang kotak ini dan memilih untuk menjadikannya hiasan.

Kotak ini membawa ponsel dan aksesoris pendukung lainnya dari Mate X3, di mana nantinya akan mendapatkan gratis Transparent Case yang bisa digunakan untuk melindungi ponsel dari goresan dan benturan ringan. Selain itu juga datang dengan USB-C dan adaptor.

Terima kasih Huawei masih berbaik hati memberikan adaptor secara gratis! Huawei bahkan memberikan kemampuan pengisian daya hingga 66W di adaptor mereka, sedangkan USB ini menggunakan USB Type-A to Type-C yang cukup memberikan dukungan kecepatan pengisian daya yang sangat memuaskan.

Well, untuk kesan pertama yang dihadirkan oleh Huawei dari kotak dan aksesoris ponsel Mate X3 membuat saya terkesan. Mungkin kamu juga?

Design & Material Mate X3

Harga Huawei Mate X3, Spesifikasi Huawei Mate X3, Nesaba Review Huawei Mate X3, Foldable Phone Terbaik 2023?

Bisa daya katakan untuk kelasnya Mate X3 termasuk ke dalam salah satu seri ponsel Fold dengan ukuran dimensi dan ketebalan yang tipis, ini membuatnya terlihat lebih unggul dengan mengusung Flat Design dan Foldable yang bisa dikatakan cukup sulit dalam pengembangannya.

Hal yang membuat saya terkejut, bagaimana bisa Huawei memberikan ketebalan yang tipis ketika dilipat dan lebih tipis lagi ketika sedang dibuka lipatannya. Ketika dilipat ketebalannya mencapai 11.1 mm yang tentu sudah tipis, ketika dibuka maka ketebalannya hanya 5.3 mm. Ukuran ini bahkan hampir setipis USB-C.

Hinge dari Mate X3 yang menjadi daya tarik lainnya dari ponsel ini, di mana memiliki desain modern dan tipis dengan 180o Angle dengan tanpa Discernable Gap antara bingkai dan layarnya. Mate X3 hadir dengan desain layar yang menurut saya sangat sempurna dan simetris, bahkan ketika di lipat Hinge yang ada di ponsel ini juga tampil dengan Flat Design yang benar-benar rata.

Harga Huawei Mate X3, Spesifikasi Huawei Mate X3, Nesaba Review Huawei Mate X3, Foldable Phone Terbaik 2023?

Selanjutnya kita beralih ke material dan desain dari Camera Island yang tentunya paling saya Notice selain layarnya yang super Flat dan jernih. Mate X3 hadir dengan membawa desain kamera utama yang besar, terlihat cocok dengan desain asimetris berbentuk oval. Sekilas memang memberikan kesan kokoh.

Bagi kamu yang mungkin cukup akrab dengan produk buatan Huawei, saya rasa desain kamera yang besar ini menjadi Icon tersendiri di produk Huawei dan menurut saya tidak masalah, namun juga tidak terlalu menarik untuk dilihat.

Build Quality yang dihadirkan oleh Huawei Mate X3 ini menurut saya yang paling menarik ialah Hinge dari Mate X3, di mana hadir dengan bentuk yang benar-benar Flat. Saya yakin kamu juga akan merasakan hal yang sama, Mate X3 menjadi salah satu ponsel Foldable dengan Hinge paling sempurna setidaknya hingga artikel ulasan ini saya tulis.

Saya sempat mengatakan bahwa Mate X3 dibekali dengan IPX8 yang mana mampu melindunginya dari air, bahkan mampu bertahan hingga 30 menit di bawah air. Ini menjadi nilai tambah tersendiri dari Mate X3.

Huawei menjanjikan kepada kita bahwa, dengan memberikan desain mewah, layar super jernih, resolusi terbaik hingga ketebalan yang tipis tidak membuat ponsel ini lebih rendah dalam hal Build Quality.

Performa Prosesor & OS

EMUI 13.1, But Say No. for Google

Harga Huawei Mate X3, Spesifikasi Huawei Mate X3, Nesaba Review Huawei Mate X3, Foldable Phone Terbaik 2023?

Mate X3 sendiri berjalan dengan menggunakan EMUI 13.1 yang mana menjadi versi terbaru dari EMUI, ada sedikit perbedaan antara pasar lokal yaitu China dan internasional. Pasar lokal menggunakan HarmonyOS 3.1 sedangkan internasional menggunakan EMUI 13.1 yang secara umum tidak membawa banyak perbedaan yang signifikan.

Meskipun Mate X3 menggunakan sistem operasi Android, namun perlu disoroti bahwa kamu tidak akan mendapatkan layanan Google atau Google Service di ponsel ini. Untuk mengunduh aplikasi berbasis Android maka Anda tidak akan mendapatkan akses ke Google Play Store, melainkan AppGallery.

Lantas apa yang membuat EMUI 13.1 berbeda? Nah kelebihannya terletak di produktivitas yang lebih hadir dengan fitur Multitasking, di mana kami bisa membuka dua aplikasi sekaligus di Mate X3 berkat layar lipat yang akan membagi aplikasi menjadi dua bagian di setiap sisinya.

EMUI juga menghadirkan peningkatan fitur lainnya seperti Sharing, Security, Privacy hingga Smart Storage Space yang secara otomatis akan membuang sampah seperti Cookie & Cache ketika kamu berselancar di internet dan mengumpulkan banyak sampah tidak terpakai.

EMIO 13.1
Comnined Widget

EMUI 13.1 juga menghadirkan konsep UI yang menurut saya pribadi tidak memiliki banyak perbedaan dari HarmonyOS, di mana masih mengusung tema yang sama dan juga peningkatan dari fitur Widget serta Theme di EMUI.

EMUI membawa beberapa peningkatan seperti misalnya Combined Widget yang bisa digunakan untuk menggabungkan hingga tiga jenis Widget berbeda menjadi satu. Jadi Anda hanya perlu menggeser Widget yang secara otomatis akan berubah menjadi Widget yang berbeda.

Harga Huawei Mate X3, Spesifikasi Huawei Mate X3, Nesaba Review Huawei Mate X3, Foldable Phone Terbaik 2023?

Kesimpulannya, meskipun tidak menggunakan layanan Google namun Huawei menjanjikan akses yang tidak kalah menarik dan mudah untuk pengalaman menggunakan produk Mate X3. Namun bagi Anda yang mungkin memiliki banyak akun yang terhubung dengan Google, maka saya sarankan untuk meninjau kembali ketika memutuskan untuk membeli Mate X3.

Performa Prosesor

Yes! Mate X3 membawa prosesor buatan Qualcomm terbaru yaitu Snapdragon 8 Gen 2 yang menjanjikan peningkatan performa paling ringan dan dukungan konektivitas yang lebih canggih. Mate X3 sendiri hadir dengan dukungan jaringan 4G, mereka juga merilis dukungan ini tidak hanya di China melainkan pasar internasional.

Sayangnya, menurut saya Huawei masih bisa memberikan dukungan Chipset 5G yang lebih baik ketimbang 4G. Huawei sendiri memutuskan untuk tidak merilis ponsel dengan konektivitas 5G, menurut saya 4G agak sedikit ketinggalan zaman, bagaimana menurutmu?

Berbicara mengenai performanya, Mate X3 datang dengan membawa 12GB RAM dan 256GB penyimpanan internal, namun bagi Anda yang ingin meningkatkan penyimpanan internalnya maka Mate X3 juga menyediakan varian 512GB dan 1TB.

Menggandeng Snapdragon 8 Gen 2, lantas apa saja sih kelebihan dan peningkatan performa yang diberikan oleh Mate X3? Apakah sesuai dengan label Snapdragon terbaru? Mari kita cek!

Huawei Mate X3 Geekbench

Snapdragon 8 Gen 2 berhasil membawa dukungan peningkatan performa untuk Multi-Core Score dari Mate X3, yang mana berhasil mendapatkan nilai hingga 4283, nilai ini membuat Mate X3 lebih unggul dari Galaxy Z Fold4 dan Honor Magic Vs. Namun masih lebih rendah dengan selisi tipis dari Xiaomi Mix Fold 2.

Huawei Mate X3 Geekbench

Sedangkan untuk perolehan nilai Single-Core Score membuat Mate X3 berhasil mendapatkan nilai hingga 1316, nilai ini membuat Mate X3 lebih unggul dari Galaxy Z Fold3 4G namun lebih rendah dari Galaxy Z Fold4. Mate X3 juga lebih unggul dari Oppo Find N2 Flip dan Tecno Phantom.

Result, harus diakui bahwa Mate X3 berhasil hadir dengan dukungan pengembangan sistem dan prosesor yang membantu mereka mencetak angka fantastis dengan perolehan Geekbench yang memuaskan. Dengan membawa peningkatan performa ini, maka Mate X3 juga bisa dengan mudah menjalankan aplikasi berat seperti Game yang cukup kompetitif dalam hal spesifikasi.

120Hz Display OLED

Huawei Mate X3 Geekbench

Spesifikasi layar adalah hal penting yang di Highlight oleh Huawei, di mana terbukti mereka memberikan Mate X3 dengan dukungan layar dengan spesifikasi super tinggi. Ponsel ini hadir dengan material OLED dengan ukuran 7.85” ketika dibuka lipatannya, resolusinya bahkan mampu menampilkan hingga 2224 x 2496px dan bekerja dengan 426 ppi.

Sedangkan untuk Cover Display Huawei menghadirkan hingga 6.4” dan 1080 x 2504px dengan dukungan 120Hz Refresh Rate dan normalnya bekerja dengan baik dengan 90Hz Refresh Rate. Mate X3 menjanjikan layar yang jernih dan kecerahan yang menurut saya sudah pas, Mate X3 bahkan sempurna digunakan di luar ruangan yang terpapa sinar matahari langsung.

Mate X3 mampu menampilkan standar kecerahan hingga 468 nits dan 478 nits untuk Cover Display yang lebih tinggi, sedangkan ketika mengaktifkan mode kecerahan otomatis maka Mate X3 mampu menampilkan hingga 926 nits di bawah sinar matahari. Sedangkan untuk Cover Display mampu menampilkan kecerahan hingga 1164 nits.

Layarnya bisa dikatakan hadir dengan fitur lengkap, mulai dari Dynamic Refresh hingga mengatur Refresh Rate yang sesuai dengan kenyamanan pengguna. Kamu juga bisa menurunkan Refresh Rate dari hingga 60Hz yang nyaman digunakan untuk Browsing dan Streaming.

Battery Life Mate X3

Mate X3 hadir dengan kapasitas baterai hingga 4,800 mAh untuk versi internasional, satu hal yang paling banyak mengonsumsi daya baterai dari Mate X3 sendiri ialah layarnya. Snapdragon 8 Gen 2 memberikan peningkatan daya tahan baterai dari Calls dan Standby.

Huawei Mate X3 Battery Life

Mate X3 mampu mendapatkan daya tahan hingga 81H untuk layar utamanya, ini memungkinkan layar mengonsumsi daya yang memang lebih banyak karena ukurannya yang lebih besar. Tetapi, 81H menurut saya pribadi cukup lama untuk daya tahan ponsel Fold.

Huawei Mate X3 Battery Life

Daya tahan baterai dari Cover Display yang dibawakan oleh Mate X3 lebih tinggi, mengingat mereka menggunakan resolusi dan Refresh Rate yang lebih rendah. Mate X3 mendapatkan 103H untuk Cover Display yang mana mendapatkan peningkatan waktu di Video Playback dan Web Browsing.

Dengan kapasitas baterai yang besar, Mate X3 juga hadir dengan kecepatan pengisian daya baterai yang tentunya juga tinggi. Kamu akan mendapatkan satu buah adaptor dengan kecepatan 66W Fast Charging dan Huawei menggunakan versi USB Type-A to Type-C 6A.

Mate X3 mampu mengisi daya hingga 70% dalam kurung waktu hanya 30 menit saja, untuk kelas ponsel Fold hal ini cukup kompetitif di mana kamu bisa menggunakan Mate X3 dengan performa penuh hanya dalam waktu 30 menit saja.

Sedangkan untuk pengisian penuh dari 0% ke 100% Anda hanya perlu menunggu selama kurang lebih 48 menit saja. Hmmm, cepat bukan?

Kisaran Harga

Harga Huawei Mate X3, Spesifikasi Huawei Mate X3, Nesaba Review Huawei Mate X3, Foldable Phone Terbaik 2023?

Mate X3 hadir dengan varian konfigurasi memori yang berbeda-beda, mulai dari 256GB, 512GB dan 1TB. Tentu hadir dengan varian harga yang berbeda-beda, 12/256GB dibanderol mulai dari Rp 43 Jutaan, 12/512GB dibanderol mulai dari Rp 46 Jutaan dan yang terakhir 12/1TB dibanderol mulai dari Rp 50 Jutaan.

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Hudalil Mustakim

Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments