Review Oppo 6 Pro 5G, Desain Cantik dan Kamera Yang Mumpuni

Review Oppo Reno 6 Pro 5G, Desain Cantik dan Kamera Yang Mumpuni

Oppo Reno 6 Pro 5G telah diluncurkan beberapa bulan yang lalu. Perangkat ini ditujukan untuk menjadi pesaing dari OnePlus 9R, atau Mi 11X Pro 5G. Yang menarik dari smartphone Oppo ini adalah bahwa ini pertama kalinya Oppo terlihat banyak mencoba untuk fokus pada pengalaman pengguna. 

Perangkat ini memiliki desain yang indah, kinerja kamera yang kuat, OS yang ditingkatkan, dan nuansa premium. 

Desain

Beberapa pihak sepakat bahwa Oppo Reno 6 memiliki desain yang tercantik dari smartphone lain yang ada di pasaran sekarang ini. Smartphone ini mengusung desain Oppo Reno Glow yang hadir dengan kaca AG di bagian belakang yang tidak hanya terlihat cantik tetapi juga memberikan kesan elegan. Dengan warnanya yang mencolok dan mewah, Oppo telah melakukan pekerjaan yang baik untuk tidak membuatnya terlihat murahan.

Layarnya melengkung. Meski tidak memberikan kesan negatif, penggunaan layar melengkung itu terlalu berlebihan. Speaker, wadah SIM, port USB Type-C ada di bawah, sedangkan tombol daya ada di kanan dan pengatur volume berada di sisi kiri bodi.

Benjolan kamera begitu solid dan terlihat sangat mirip dengan apa yang ada di seri OnePlus 9. Jika anda sangat ingin memiliki perangkat smartphone yang sangat cantik, Reno 6 Pro 5G bisa menjadi perangkat yang bagus.

Performa, Layar, dan Baterai

Oppo Reno 6 Pro 5G hadir dengan layar melengkung FHD Plus OLED 6,5 inci. Satu-satunya hal yang membuat kecewa adalah kurangnya dukungan untuk kecepatan refresh 120Hz. Tentu, perangkat ini hadir dengan dukungan kecepatan refresh 90Hz, dan itu tidak buruk, tetapi dengan harga yang dijual Reno 6 Pro 5G, seharusnya bisa menampilkan kecepatan refresh 120Hz. Semua kompetitornya memiliki itu. Kemudian dengan embel-embel Pro, cukup aneh juga jika Oppo tidak memberikan dukungan kecepatan refresh 120Hz.

Layarnya cukup mulus. Responsif sesuai dengan ekspektasi. Animasi dan gerakannya juga bekerja dengan sangat lancar. Oppo Reno 6 Pro 5G mendukung mode gelap dan terang. Ada juga mode ‘Eye Comfort’ untuk orang-orang yang ingin menjaga mata mereka dari paparan cahaya biru.

Ada sejumlah fitur yang tidak ada di smartphone lain, termasuk perangkat OnePlus. ‘Mode Layar Hitam’ dan ’01 Ultra Vision Engine’ adalah beberapa di antaranya yang dapat diakses langsung melalui menu drop-down.

Oppo Reno 6 Pro 5G adalah perangkat yang kuat. Tapi itu tidak sekuat perangkat ‘Pro’ yang seharusnya. Skor Geekbench dari Reno 6 Pro 5G adalah 806 untuk single-core dan 2631 untuk multi-core. 806 untuk satu inti bukanlah skor yang diharapkan banyak orang. Pesaingnya, OnePlus 9R, menghasilkan skor single-core 938 dan skor multi-core 2961.

Terlepas dari itu, anda dapat memainkan game berat di perangkat ini. Smartphone ini juga didukung oleh MediaTek Dimensity 1200 SoC. 

Reno 6 Pro 5G berjalan pada Color OS V11.3 berbasis Android 11. Pengguna dapat meningkatkan RAM hingga 3GB jika mereka memiliki penyimpanan yang tersedia di perangkat untuk hal yang sama.

Multi-tasking tidak akan menjadi masalah dengan perangkat, namun, tampaknya baterai akan menjadi masalah. Baterai Oppo Reno 6 Pro 5G terkuras lebih cepat daripada perangkat lain di kelas yang sama. Tetapi hal baiknya adalah, ia hadir dengan dukungan pengisian cepat 65W dan mengemas baterai 4500mAh. Anda akan dapat mengisi daya perangkat dalam waktu singkat.

Perangkat tidak terlalu panas saat memainkan game berat. Jangan lupa bahwa Reno 6 Pro adalah smartphone 5G. Hadir dengan dukungan untuk sebelas band 5G. Ini akan memastikan bahwa perangkat tersebut akan bisa diandalkan untuk jangka waktu yang lama.

Sebelas pita 5G yang dapat didukung oleh ponsel cerdas ini adalah n1/n3/n5/n7/n8/n28/n38/n40/n41/n77/n78. Tetapi dukungan untuk 5G hanya terbatas pada slot kartu SIM 1. Jadi anda tidak akan dapat menggunakan dua SIM 5G di perangkat ini.

Kamera

Sekarang bagian kamera adalah tempat Oppo menunjukkan bahwa mereka telah merilis perangkat yang benar-benar ‘Pro’. Oppo Reno 6 Pro menghasilkan gambar yang tajam dengan warna yang akurat dan bekerja dengan sangat baik, bahkan dengan bidikan close up. Anda dapat merekam video hingga 4K 60fps. Aplikasi kamera sangat mudah dinavigasi. Baik anda pengguna OnePlus atau Oppo, anda tidak akan melihat perbedaan di aplikasi kamera. Sensor selfie memang menambah keindahan secara otomatis, namun bisa dimatikan jika ingin mendapatkan hasil natural.

Harga

Perangkat smartphone ini terlihat sangat bagus di tangan, tetapi akan lebih keren saat digunakan. Layarnya yang melengkung akan memberikan kekhawatiran tersendiri akan daya tahan bantingnya, namun rupanya selama pengujian yang dilakukan 2 minggu, apa yang dikhawatirkan itu tidak terjadi.

Oppo Reno 6 Pro 5G saat ini tersedia dalam varian tunggal RAM 12GB dan penyimpanan 256GB seharga Rp7,5 jutaan.

Leave a Reply

Send this to a friend