Kenali Rumus Massa Jenis Beserta Contoh Soal dan Pembahasannya

Dalam dunia ini terdiri dari berbagai macam benda. Dimana benda yang sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Sehingga benda yang terdapat dalam dunia ini memiliki beragam ukuran dan berat benda.

Sehingga pengukuran masing-masing benda dapat diketahui dengan caranya masing-masing. Massa jenis setiap benda akan mengalami perbedaan sesuai dengan benda apakah itu.

Sehingga setiap benda akan berbeda besar massa jenisnya tergantung dengan ukuran dan volume dari benda tersebut. untuk memudahkan pemahaman, berikut merupakan ulasan mengenai rumus massa jenis yang perlu anda ketahui.

Rumus Massa Jenis

Rumus Massa Jenis

Massa jenis merupakan pengukuran massa yang dilakukan pada suatu benda. Dimana masing-masing benda di dunia ini akan memiliki massa jenisnya sendiri-sendiri.

Dengan adanya massa jenis ini akan lebih mempermudah kita dalam mengetahui seberapa besar massa jenis yang dimiliki oleh setiap benda. Hal ini dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan kita jika pekerjaan yang kita lakukan terkait dengan perhitungan massa jenis benda-benda.

Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka akan semakin besar pula massa tiap volume benda tersebut. Sehingga massa jenis benda dapat menggambarkan massa volume benda yang dimaksudkan.

Dengan adanya hal ini akan mempermudah kita dalam mempelajari massa jenis sebuah benda. Untuk mengetahui berapa besar massa jenis yang dimiliki suatu benda dapat dipergunakan rumus perhitungan massa jenis. Berikut merupakan rumus massa jenis yang perlu anda ketahui:

Massa jenis (P) =  m / v

Keterangan:

P: massa jenis pada sebuah benda

M: massa yang dimiliki oleh benda tersebut

V: volume yang dimiliki oleh benda tersebut

Dengan menghitung massa jenis, kita memerlukan pengetahuan terkait perhitungan volume dari masing-masing benda. Sehingga jika benda tidak didefinisikan secara jelas mengenai volumenya, maka kita harus mencari tahu terlebih dahulu seberapa besar volume yang dimiliki oleh benda tersebut.

Hal ini akan lebih mudah jika kita sudah mendapatkan pengetahuan mengenai rumus-rumus dalam mencari volume benda. Sehingga massa jenis benda dapat dihitung dengan mudah dan dengan cara yang tidak membuat bingung.

Contoh Soal dan Pembahasannya

Rumus Massa Jenis dan Contoh Soal Massa Jenis

Untuk memudahkan pemahaman mengenai rumus massa jenis yang sudah dibahas, akan lebih mudahnya jika anda memahami soal-soal yang menjelaskan mengenai massa jenis. Hal ini akan lebih mempermudah anda dalam belajar mengenai massa jenis. Berikut merupakan beberapa contoh soal dan pembahasan dari rumus massa jenis.

  1. Pada hari minggu, ika memutuskan untuk mengunjungi toko perhiasan di wilayah Ragunan. Ika bermaksud untuk membelikan kado ulang tahun untuk orang tuanya. Ika memilih sebuah kalung emas yang memiliki massa jenis 0.058 gr/cm3, ika memutuskan untuk membeli emas sebesar 5 gram. Maka berapa besar volume yang dimiliki oleh barang yang dibeli oleh ika?

Jawaban:

Jika massa jenisnya adalah 19.3 gr/cm3, massa benda sebesar 5 gr, maka besar volumenya adalah …

Massa jenis = m / v

0.058 = 5 / v

V = 5 / 0.058

V = 86 cm3

Jadi, besar volume barang yang dibeli oleh ika adalah 86 cm3

  1. Teguh memiliki benda yang bervolume sebesar 100 cm3, benda tersebut akan digunakan untuk menunjang pekerjaan rumah (PR) yang diberikan Ibu Guru waktu pelajaran fisika. Teguh langsung mencari massa benda dengan menimbang benda tersebut, dan ternyata massa benda yang dimiliki oleh teguh adalah sebesar 78 gram. Kemudian, teguh membutuhkan perhitungan untuk mengetahui berapa besar massa jenis yang dimiliki benda tersebut?

Jawaban:

Jika volume benda adalah sebesar 100 cm3, dan massa yang dimiliki benda tersebut adalah 78 gram, maka massa jenis benda adalah …

Massa jenis = m /v = 78 / 100 = 0,78 gr/cm3

Sehingga, massa jenis benda yang dimiliki teguh adalah sebesar 0,78 gr/cm3

  1. Satria mencari sebuah barang yang memiliki volume sebesar 156 cm3, dengan berat benda sebesar 99 gram. Maka, berapakah massa jenis yang dimiliki oleh barang yang dicari oleh satria?

Jawaban:

Jika volume benda adalah sebesar 156 cm3, dan massa yang dimiliki benda tersebut adalah 99 gram, maka massa jenis benda adalah …

Massa jenis = m /v = 99 / 156 = 0,634 gr/cm3

Sehingga, massa jenis benda yang dicari satria adalah sebesar 0,634 gr/cm3

  1. Pekerjaan rumah (PR) Fisika yang diberikan oleh Ibu Guru segera dikerjakan oleh Bima. Namun, ditengah-tengah mengerjakan, bima merasa bingung karena tidak dapat menemukan jawabannya. Soal yang dikerjakan bima adalah soal fisika dengan mencari massa jenis benda yang memiliki berat sebesar 154 gram, dan memiliki volume sebesar 190 cm3. Hitung berapakah massa jenis benda yang terdapat pada soal fisika satria!

Jawaban:

Jika volume benda adalah sebesar 190 cm3, dan massa yang dimiliki benda tersebut adalah 154 gram, maka massa jenis benda adalah …

Massa jenis = m /v = 154 / 190 = 0,81 gr/cm3

Sehingga, massa jenis bendanya adalah sebesar 0,81 gr/cm3

  1. Vina membutuhkan benda yang bervolume sebesar 200 cm3, benda tersebut akan digunakan untuk menunjang pekerjaan rumah (PR) yang diberikan Ibu Guru Les di tempat bimbingan. Ternyata massa benda yang dibutuhkan oleh vina adalah sebesar 50 gram. Kemudian, vina membutuhkan perhitungan untuk mengetahui berapa besar massa jenis yang dimiliki benda tersebut?

Jawaban:

Jika volume benda adalah sebesar 200 cm3, dan massa yang dimiliki benda tersebut adalah 50 gram, maka massa jenis benda adalah …

Massa jenis = m /v = 50 / 200 = 0,25 gr/cm3

Sehingga, massa jenis bendanya adalah sebesar 0,25 gr/cm3

Dengan adanya pengertian dari rumus massa jenis dan beberapa penjelasan mengenai contoh soal dan pembahasan, anda akan lebih mudah dalam memahami pengetahuan terkait rumus massa jenis.

Dengan adanya hal tersebut, informasi yang disediakan dalam artikel ini dapat menjadi salah satu dari referensi anda dalam belajar mengenai rumus massa jenis. Hal ini akan bermanfaat dan mempermudah anda dalam memahami rumus massa jenis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend