• Our Partners:

Samsung Diyakini Bakal Hentikan Produksi Panel LCD

Samsung Diyakini Bakal Hentikan Produksi Panel LCD

NESABAMEDIA.COMMenurut sumber yang diterima nesabamedia.com, Samsung telah mengambil keputusan untuk menutup lini produksi terakhir LCD mereka, yang akan mulai berlaku lebih cepat 6 bulan dari yang diperkirakan sebelumnya.

Sumber tersebut mengatakan bahwa penutupan produksi pada bulan Juni telah dipercepat karena jatuhnya harga LCD yang didorong oleh pesaing mereka yang berbasis di Cina dan Taiwan. Namun sejauh ini kabar tersebut masih berupa rumor dari orang dalam, dan belum ada pernyataan resmi dari pihak Samsung.

Produksi LCD oleh Samsung Display mampu lepas dari keterpurukan sepanjang tahun 2020 dan 2021, karena permintaan akan perangkat elektronik yang melonjak selama masa pandemi Covid-19. Dengan permintaan yang kembali normal dan persaingan mulai kembali keras, Samsung berencana untuk menutup lini produksi LCD mereka dan berfokus pada produksi layar OLED dan QD LED, pada akhir tahun ini. Namun sepertinya keputusan itu dipercepat. 

Perubahan keputusan yang mendadak oleh Samsung itu memang menimbulkan pertanyaan di berbagai pihak. Namun jika melihat pada data yang dimiliki Display Supply Chain Consultants (DSCC), menunjukkan indeks harga panel yang terus berubah dari tahun ke tahun mulai Januari 2015 sampai tahun ini. 

Penurunan tajam di akhir tahun 2021 cukup membuat para analis pun pusing. Mungkin saat ini menjadi titik terendah dari penurunan tersebut, dan penurunannya hampir mendekati angka minus 60% secara tahunan. 

Samsung Display merupakan pemain penting dalam bisnis pembuatan panel layar datar. Perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini membuat beberapa layar terbaik untuk perangkat yang mencakup perangkat wearable sampai TV modular berukuran besar. Beberapa layarnya juga masuk ke monitor PC yang memiliki brand sendiri, seperti Asus dan Alienware.

Diperkirakan juga bahwa para pekerja yang sebelumnya menjadi bagian dari bisnis LCD Samsung, akan dipindahkan ke divisi produksi Quantum Dot dan OLED. Semoga saja, dengan dihentikannya produksi LCD dan penyeimbangan ke QD dan OLED, akan memberikan dampak ekonomi yang signifikan kepada Samsung, sehingga pada akhirnya bisa membuat teknologi layar modern menjadi lebih mudah diakses.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend