Smartphone Samsung Galaxy S21 Ultra Wi-Fi 6E

Samsung Galaxy S21 Ultra, Smartphone Pertama Yang Mendukung Wi-Fi 6E

NESABAMEDIA.COMSamsung Galaxy S10 yang dirilis dua tahun yang lalu, menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan teknologi Wi-Fi 6. Pekan kemarin, Samsung kembali merilis smartphone pertama di dunia yang menggunakan teknologi Wi-Fi 6 E, yakni pada Galaxy S21 Ultra. Ini menjadi satu-satunya model di seri S21 yang mendukung teknologi tersebut.

Wi-Fi 6E standar menggunakan spektrum 6GHz, untuk melipat gandakan transmisi data dari yang sebelumnya sebesar 1.2Gbps menjadi 2.4Gbps. Chip Broadcom diketahui telah mendukung standar ini. Samsung Galaxy S21 Ultra sendiri dibekali dengan chip Broadcom BCM4389 dan juga mendukung teknologi Bluetooth 5.0, yang memiliki kecepatan setara dengan Wi-Fi. 

Jika Bluetooth 5.0 ini dipasangkan dengan router yang tersertifikasi Wi-Fi 6E, maka proses unduhan dan unggahan yang lebih cepat bisa didapatkan. Wi-Fi 6E akan membantu pengguna untuk mentransfer video 4K atau 8K, dan mengunduh file dengan ukuran sangat besar, atau game online menjadi lebih lancar. 

Untuk saat ini, hanya Korea Selatan dan Amerika Serikat yang diizinkan untuk menggunakan spektrum 6GHz. Namun, Brazil, Chile, Eropa, UEA dan Inggris diperkirakan akan menggunakan spektrum ini mulai tahun ini. 

Smartphone Samsung Galaxy S21 Ultra baik yang menggunakan chipset Exynos 2100 ataupun Snapdragon 888, memiliki kemampuan Wi-Fi 6E, termasuk juga 5G, Bluetooth 5.0, GPS, NFC dan USB 3.2 Type-C. 

Smartphone ini hadir dengan layar AMOLED Dinamis 2X berukuran 6.80 inci. Perangkat ini juga mendukung refresh rate adaptif dari 10 ke 120 Hz. S21 Ultra juga menjadi smartphone Galaxy Seri S yang mendukung S Pen stylus. Pengguna juga bisa mendapatkan versi standar dari pen elektronik dan S Pen Pro dengan dukungan gestur Bluetooth yang bisa dibeli secara terpisah. 

Layarnya dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus. Samsung juga menerapkan sensor sidik jari ultrasonik terbaru untuk fitur pengenalan pengguna yang memiliki waktu respon lebih cepat 1.7 kali. Masalah perlindungan, juga mendapatkan tambahan dukungan teknologi anti air IP68.

Sebelumnya, dikabarkan juga bahwa smartphone Apple iPhone 13 yang akan datang juga akan menggunakan teknologi Wi-Fi 6E. Namun karena sejauh ini masih belum bisa dipastikan kapan tanggal perilisan iPhone 13, maka Galaxy S21 Ultra memiliki kesempatan lebih besar untuk menjadi yang pertama.

Leave a Reply

Send this to a friend