Apple iPhone 13 Wi-Fi 6E

iPhone 13 Mungkin Akan Gunakan Teknologi Wi-Fi 6E

NESABAMEDIA.COMiPhone 13 Wi-Fi 6E – Meski kehadiran Apple iPhone 13 masih cukup lama, sejumlah analis memberikan gambaran mengenai apa yang bisa ditawarkan smartphone tersebut, setelah berdiskusi dengan beberapa supplier Apple. 

Hal pertama dan yang mungkin paling menonjol adalah para analis itu menyebutkan iPhone 13 mungkin akan mendukung teknologi Wi-Fi 6E, yang memberikan kesempatan bagi produsen chip Skyworks untuk terlibat di dalamnya. 

Wi-Fi 6E menawarkan sejumlah fitur dan kemampuan dari Wi-Fi 6, termasuk performa yang lebih baik, latensi lebih rendah, dan pengiriman data yang lebih cepat, serta bisa ditingkatkan ke frekuensi 6GHz band. Spektrum tambahannya akan memberikan lebih banyak ruang di atas frekuensi Wi-Fi 2.4GHz dan 5Gz. Hasilnya, akan dapat memberikan bandwith yang lebih besar dan lebih sedikit gangguan pada perangkat yang mendukung Wi-Fi 6E. 

“Pertumbuhan dari Wi-Fi 6 ke spektrum 6GHz merupakan game changer dengan dua alasan. Pertama adalah ketersediaan kanal tambahan dan kemampuan untuk menggunakan frekuensi 160MHz untuk aplikasi yang membutuhkan bandwith besar seperti AR dan VR,” kata pejabat Cisco, Jayanthi Srinivasan.

Pada awal tahun ini, FCC mengeluarkan kebijakan yang menjadikan spektrum 1,200MHz yang ada di frekuensi 6GHz band tersedia untuk penggunaan tanpa lisensi di Amerika Serikat. Menjadi jalan pembuka hadirnya perangkat yang mendukung teknologi Wi-Fi 6E.

Baik iPhone 11 dan iPhone 12 telah mendukung versi standar dari 6GHz Wi-Fi 6, seperti yang juga dilakukan oleh generasi kedua iPhone SE. 

Para analis juga mengindikasikan bahwa pabrikan chip audio Cirrus Logic juga akan menjadi supplier chip konversi tenaga yang baru setidaknya untuk beberapa model dari iPhone 13. Namun meski masih belum jelas apakah langkah ini nantinya akan memberikan manfaat yang berarti kepada para konsumen.

Untuk iPhone SE, para analis percaya bahwa Apple tidak akan melakukan perubahan pada perangkat itu di masa mendatang. Mereka mengatakan, meski sudah banyak rumor yang menyebut akan adanya iPhone SE dengan layar yang lebih besar. Rumornya ukuran layarnya bisa saja sebesar 5.5inci atau 6.1inci. 

Para analis ini adalah mereka yang dulu juga mengungkap bahwa Apple saat itu berencana tidak memasukkan charger di dalam paket iPhone. Jauh sebelum itu mereka juga secara akurat mengungkapkan teknologi True Tone yang hadir di iPhone 8 dan iPhone X, kemudian soal colokan headphone yang dihilangkan di iPhone XS dan XR, serta fitur 3D Touch yang dihapuskan dari semua model iPhone 11.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend