Fitur Apple iPhone 12

Sejumlah Fitur Yang Hilang Dari Apple iPhone 12

NESABAMEDIA.COMAda banyak sekali fitur yang hilang pada Apple iPhone 12. Namun apakah fitur-fitur bisa mengurangi popularitas smartphone tersebut?

iPhone 12 telah mendapatkan banyak review positif dari para pengguna dan pengamat. Hal ini didukung oleh sejumlah fitur menarik seperti dukungan 5G, desain yang fresh, hingga dukungan MagSafe Charger terbaru terobosan dari Apple. Namun, ada beberapa hal yang hilang yang sebelumnya menjadi identik pada smartphone buatan Apple. 

Meski demikian, fitur-fitur yang hilang ini tidak akan terlalu banyak memberikan pengaruh secara keseluruhan. Namun bagi para pengguna yang baru beralih dari perangkat Android, akan cukup berpengaruh.

Peningkatan Kapasitas Penyimpanan

Apple tidak pernah menawarkan fitur peningkatan kapasitas penyimpanan dengan MicroSD pada generasi terbaru smartphone buatan mereka, termasuk pada iPhone 12. Oleh karena itu pengguna diharapkan untuk bisa sangat bijak, mengenai kebutuhan kapasitas penyimpanan ke depannya, jika ingin membeli smartphone ini. 

Apple menerapkan biaya tambahan untuk kapasitas penyimpanan yang lebih besar di mana iPhone12 64GB harganya sekitar Rp11 jutaan dan 256GB sekitar Rp13 jutaan. Bagi para pengguna yang sebelumnya memakai smartphone Android untuk kegiatan fotografi, maka masalah kapasitas penyimpanan bisa dijadikan hal yang utama, mengingat file foto dan video yang biasanya berukuran sangat besar.

Pemindai Sidik Jari

Apple mengganti tombol Home yang lama dan pemindai sidik jari dengan FaceID, yang menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk mengamankan smartphone. Sebelumnya hal ini tidak menjadi masalah, namun semenjak pandemi dan orang-orang diwajibkan menggunakan masker, hal ini menimbulkan masalah baru. 

Pasalnya FaceID tidak bisa bekerja dengan baik ketika pengguna masih mengenakan masker, sehingga pengguna harus kembali menggunakan kode PIN untuk mengakses smartphone mereka. 

Refresh Rate 120Hz

Semua varian iPhone 12 menggunakan refresh rate 60Hz, yang merupakan hal yang mengecewakan bagi pengguna yang berharap refresh rate 120Hz. Tentunya refresh rate yang besar akan memberikan tampilan yang lebih halus. Fitur ini saat ini tengah populer di kalangan smartphone Android, termasuk Samsung Galaxy S20 dan OnePlus Nord.

Sepertinya, Apple masih tetap teguh menggunakan refresh rate 60Hz. Alasannya mereka ingin lebih menghemat baterai karena penerapan teknologi 5G yang menjadikan smartphone semakin boros daya. 

Lensa Tele

iPhone 12 mampu menghasilkan gambar dengan hasil fantastis menggunakan lensa wide view dan superwide yang dimiliki. Namun yang tidak bisa dilakukan adalah melakukan zoom atau pembesaran karena tidak memiliki lensa tele seperti yang ada di iPhone 12 Pro, Max atau di seri terdahulu.

Bagi para pengguna yang ingin menangkap gambar dengan objek dengan jarak jauh, tentu akan merepotkan jika harus mendatangi objek tersebut. 

ProRaw

ProRaw merupakan format gambar terbaru dari Apple yang menggunakan sejumlah teknologi komputasi fotografi yang memungkinkan proses editing yang lebih dalam, seperti gambar mentah yang diambil menggunakan kamera DSLR profesional. Ada perbedaan yang sangat besar antara gambar versi mentah dan gambar dengan JPEG standar. Sayangnya teknologi ini hanya ada pada iPhone 12 Pro dan Max. 

Tak bisa dipungkiri, fitur ini adalah fitur yang sangat menarik bagi para pengguna fotografi kamera.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend