7 Cara Menghemat Baterai HP yang Paling Ampuh, Yuk Coba Sekarang Juga!

Teknologi yang terus berkembang mengakibatkan banyaknya jenis peralatan elektronik yang dapat menunjang aktifitas atau kegiatan sehari-hari setiap individu.

Teknologi yang selalu menghadirkan beragam inovasi terkini dan terus mengikuti perkembangan zaman ini terus mengalami peningkatan jumlah pengguna. Hal ini dikarenakan pengguna akan terus membutuhkan berbagai teknologi yang dapat mempermudah aktifitas sehari-harinya.

Oleh karena itu, keberadaan teknologi saat ini dapat mempengaruhi pola kehidupan manusia. Hampir semua dari teknologi yang dikembangkan dan telah dipasarkan saat ini, selalu menggunakan baterai untuk cadangan energinya. Dengan adanya baterai, peralatan elektronik dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Tidak terbatas tempat dan waktu, hanya terbatas pada kapasitas baterai yang tersimpan.

Cara Menghemat Baterai HP

Kapasitas baterai yang digunakan pada masing-masing benda elektronik memiliki keterbatasan sumber daya. Tidak semua baterai yang digunakan dapat dimanfaatkan untuk menggunakan elektronik selamanya.

Karena masing-masing baterai memiliki ketahanan yang berbeda, sehingga penggunaannya memiliki ketetuan tersendiri. Berikut merupakan cara menghemat baterai agar anda dapat mengoptimalkan penggunaan peralatan elektronik.

#1 Mode power saving

Menghemat baterai menjadi salah satu cara yang tepat ketika anda menginginkan smartphone anda tetap bertahan lama agar dapat melakukan banyak aktifitas lainnya. Baterai smartphone memiliki kapasitas yang berbeda pada setiap merk smartphone.

Namun, anda tidak perlu bingung, ketika anda sedang bepergian, dan tidak membawa powerbank untuk mengisi kembali baterai anda, anda dapat melakukan penghematan baterai dengan salah satu caranya yaitu mode power saving. Mode power saving ini cukup efektif anda gunakan untuk menghemat baterai.

Caranya juga cukup mudah, anda bisa mengatur pada settingan smartphone anda. dengan mengaktifkan mode power saving, smartphone anda tetap bisa menjalankan berbagai aplikasi namun dengan konsumsi baterai yang lebih rendah daripada kondisi normal. Sehingga hal ini cocok dilakukan ketika anda ingin menghemat baterai anda.

#2 Matikan aplikasi yang sedang tidak digunakan (setelah mengakses)

Aplikasi pada smartphone memang diperlukan untuk diakses. Namun, pernahkah kita berpikir berapa banyak aplikasi yang telah kita akses? Memang bukan masalah besar yang harus diperhatikan. Namun, hal ini akan menjadi masalah ketika kapasitas baterai anda sedikit.

Nah, cara menghemat baterai ketika seperti ini adalah dengan mematikan aplikasi yang sedang tidak digunakan. Maksudnya adalah ketika anda selesai mengakses aplikasi, anda harus membersihkan pengelola aplikasi, agar aplikasi tersebut benar-benar tidak berjalan di smartphone anda. Hal ini dapat membuat baterai anda menjadi lebih hemat.

#3 Brightness Layar

Kebutuhan pengguna smartphone setiap individu tentu akan berbeda dengan yang lainnya. Salah satunya dengan pengaturan brightness layar smartphone. Terkadang seseorang suka jika layar smartphone dalam kondisi yang terang, ada juga yang sebaliknya.

Nah, ketika anda sedang ingin menghemat baterai smartphone anda karena berbagai macam hal, seperti anda sedang dalam perjalanan, travelling, dan hal-hal penting lainnya. Anda dapat menurunkan brightness atau tingkat kecerahan layar smartphone anda. Ketika tingkat brightness smartphone sangat rendah, maka konsumsi baterai juga akan menurun. Sehingga anda dapat menghemat baterai lebih banyak.

#4 No live Wallpaper

Konsumsi baterai smartphone tergantung berbagai hal yang terdapat pada smartphone itu sendiri. Kebiasaan setiap individu tentu akan berbeda dengan individu lainnya. Salah satunya dalam penggunaan wallpaper. Ada orang yang suka menggunakan wallpaper biasa, tetapi ada juga yang lebih suka menggunakan live wallpaper atau wallpaper yang bisa bergerak-gerak.

Jenis wallpaper yang anda gunakan tentu akan berpengaruh ke konsumsi baterai smartphone. Nah, penggunaan live wallpaper juga begitu. Konsumsi baterai akan meningkat jika anda menggunakan live wallpaper. Oleh karena itu, jika anda sedang menghemat baterai, maka sebaiknya anda tidak menggunakan live wallpaper.

#5 Gunakan Charger yang Asli

Penggunaan jenis charger akan berpengaruh ke kondisi pengisian baterai. Hal ini juga akan berdampak ke smartphone anda. Agar kapasitas baterai anda hemat, anda bisa menggunakan charger yang asli dari smartphone. Dimana dengan menggunakan charger asli dari smartphone, baterai anda akan berada pada kondisi normal.

Hal ini dapat membuat kondisi baterai anda lebih hemat jika dibandingkan anda menggunakan charger yang lainnya. Selain itu, menggunakan charger yang tidak asli, akan berdampak ke smartphone anda secara tidak langsung. Kondisi baterai anda dapat terpengaruh sehingga membuat baterai cepat habis.

#6 Turn Off GPS

GPS atau yang lebih dikenal dengan sebutan maps pada smartphone bisa menjadi aplikasi yang penting ketika anda tidak tahu dimana lokasi yang akan anda tuju. Nah, dengan menggunakan GPS tentu baterai smartphone anda akan dikonsumsi lebih banyak.

Untuk itu, ketika anda tidak membutuhkan GPS, sebaiknya anda matikan lokasi anda agar baterai anda dapat bertahan lebih lama. Dengan mematikan GPS, konsumsi baterai anda dapat sedikit lebih berkurang dibandingkan jika anda terus menerus menyalakan GPS.

#7 Turn Off Tethering/Hospot

Hospot merupakan salah satu fungsi yang penting jika kita ingin berbagi koneksi internet dengan perangkat lainnya. Namun, ketika anda sedang dalam kondisi menghemat baterai, sebaiknya anda tidak menyalakan hospot. Mengapa? Karena dengan menyalakan hospot, baterai yang dibutuhkan akan lebih banyak dibandingkan kondisi normal.

Sehingga ketika anda tidak benar-benar butuh untuk menyalakan hospot, sebaiknya anda tidak menyalakan hospot untuk menjaga baterai agar tetap hemat.

Dengan adanya berbagai cara yang dapat anda gunakan untuk menghemat baterai dapat mempermudah aktifitas anda dalam memanfaatkan peralatan elektronik yang menggunakan baterai. Penghematan baterai juga dapat membantu kita untuk turut serta dalam penghematan energi, khususnya energi baterai.

Cara menghemat baterai ini juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena sangat bermanfauat untuk keberlangsungan energi yang ada. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend