6 Cara Meningkatkan Kinerja RAM pada HP Android yang Terbukti Ampuh

Smartphone merupakan benda kecil yang sangat multifungsi. Dibutuhkan dalam kondisi apapun, dengan adanya smartphone dapat membantu anda ketika mendapat kebingungan terhadap suatu hal.

Smartphone menjadi hal yang wajib anda miliki dalam kehidupan saat ini, karena saat ini hampir semua hal dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone. Kehidupan menjadi semakin mudah bukan? Hanya dengan menggunakan smartphone, anda dapat mengetahui berbagai macam hal dan pengetahuan baru.

Saat ini, smartphone terus mengalami perkembangan. Salah satu jenis smartphone yang sering digunakan oleh kebanyakan pengguna adalah dengan jenis android. Smartphone android memiliki kapasitas RAM atau penyimpanan yang sangat beragam.

Tidak terbatas pada penyimpanan saja, beragam spesifikasi smartphone android juga sangat beragam. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jenis dan versi smartphone android yang dirilis oleh berbagai produsen elektronik di dunia.

Cara Meningkatkan Kinerja RAM pada HP Android

Nah, terkait dengan penyimpanan atau RAM pada smartphone android, ternyata bisa saja anda mengalami permasalahan atau keluhan. Salah satunya adalah dengan kinerja RAM yang terkadang kurang optimal.

Untuk itu anda perlu mengetahui cara meningkatkan kinerja RAM pada HP android agar smartphone anda tetap lancar ketika digunakan. Yuk, simak cara lengkapnya berikut ini:

#1 Gunakan aplikasi Booster RAM

Cara Meningkatkan Kinerja RAM pada HP Android

RAM memang menjadi hal yang penting bagi smartphone. Untuk itu, anda perlu menggunakan aplikasi booster RAM sebagai salah satu cara meningkatkan kinerja RAM pada android. Sehingga dengan adanya aplikasi booster ini, kinerja RAM anda dapat terkontrol dan stabil sehingga tidak mengakibatkan hang pada smartphone khususnya android karena kapasitas RAM yang kecil.

Anda bisa menemukan berbagai aplikasi booster RAM yang beragam di Playstore. Sehingga anda dapat menyesuaikan kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas RAM anda, sehingga performa android anda dapat meningkat.

#2 Uninstall Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Cara Meningkatkan Kinerja RAM pada HP Android

Aplikasi adalah hal yang wajib diakses ketika menggunakan smartphone bukan? Ya, karena dengan berbagai aplikasi kita bisa mengakses hal apapun. Melakukan aktifitas sehari-hari dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan berbagai aplikasi yang terinstall di smartphone.

Namun, terkadang terdapat beberapa aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan karena berbagai alasan penggunanya. Sehingga aplikasi tersebut jika dibiarkan akan memakai kapasitas RAM yang seharusnya bisa digunakan untuk aplikasi yang lebih sering anda gunakan.

Nah, hal ini biasanya bisa menjadi alasan menurunnya kinerja RAM. Karena di smartphone anda masih terdapat aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Untuk itu, ada baiknya jika anda uninstall aplikasi yang jarang anda gunakan untuk meningkatkan kinerja RAM pada smartphone anda.

#3 Matikan Aplikasi yang sedang tidak digunakan

Cara Meningkatkan Kinerja RAM pada HP Android

Banyak aplikasi yang anda akses dengan menggunakan smartphone. Karena terlalu banyak aplikasi yang anda akses, biasanya anda tidak membersihkan pengelola aplikasi anda. Untuk itu, hal ini dapat menjadi salah satu penyebab menurunnya kinerja RAM anda karena tetap terpakai untuk aplikasi yang baru saja anda akses.

Oleh karena itu, anda harus membersihkan pengelola aplikasi anda, setelah anda selesai mengakses aplikasi tersebut. Dengan begitu, kinerja RAM pada android anda dapat meningkat karena anda tidak memiliki banyak aplikasi yang masih berjalan.

#4 Nonaktifkan Widget

Nonaktifkan Widget

Widget pada smartphone memang hal yang penting. Karena dengan adanya widget, kita bisa mengetahui banyak agenda, aktifitas yang harus dilakukan dan banyak hal lainnya yang bisa dilihat dengan adanya widget. Namun, terlalu banyak menggunakan widget pada layar utama juga tidak baik untuk kinerja RAM.

Karena dengan banyaknya widget, kinerja RAM anda juga bisa mengalami penurunan. Sehingga untuk meningkatkan kinerja RAM anda, sebaiknya anda menonaktifkan widget pada smartphone android anda. Hal ini bertujuan agar kinerja RAM anda dapat meningkat.

#5 Nonaktifkan Live Wallpaper

Nonaktifkan Live Wallpaper

Wallpaper smartphone menjadi saya tarik tersendiri bagi setiap penggunanya. Adanya wallpaper yang menarik dapat meningkatkan mood penggunanya. Namun, tidak semua wallpaper adalah wallpaper yang hanya berupa gambar. Ada juga wallpaper yag bisa bergerak yang biasa disebut live wallpaper.

Nah, kebanyakan dengan menggunakan live wallpaper dapat mempengaruhi kinerja RAM android. Mengapa demikian? Karena live wallpaper membutuhkan kapasitas memori dan RAM yang lebih besar dibandingkan wallpaper biasa. Untuk itu, salah satu cara meningkatkan kinerja RAM pada android adalah dengan menonaktifkan live wallpaper pada smartphone anda. Dengan begitu, kapasitas RAM anda dapat sedikit meningkat dengan menonaktifkan live wallpaper.

#6 Nonaktifkan Animasi

Nonaktifkan Animasi

Animasi menjadi bagian hiburan yang dapat diatur sesuai dengan keinginan penggunanya. Adanya animasi dapat memperindah tampilan dan penggunaan smartphone. Namun, jika anda terpaku dengan kinerja RAM smartphone anda, menggunakan animasi juga bisa menjadi salah satu penyebab menurunnya kinerja RAM anda.

Karena, adanya animasi membutuhkan kapasitas RAM yang cukup lebih besar dibandingkan lainnya. Untuk itu, ketika anda ingin menjaga dan meningkatkan kinerja RAM anda, maka sebaiknya anda tidak menggunakan fitur animasi pada smartphone atau android anda.

Nah, sudah pada tahu caranya kan? Kinerja RAM pada smartphone android sangat bergantung pada hal apa saja yang tersimpan dan pengaturan dalam smartphone android anda. Memang benar jika anda memiliki kebebasan untuk mengatur apapun yang ada dalam smartphone anda.

Namun, ketika anda fokus dengan kapasitas RAM yang anda miliki, hal seperti ini juga harus anda perhatikan. Selain itu, kapasitas penyimpanan smartphone juga harus anda perhatikan. Karena hal ini juga dapat mempengaruhi kinerja RAM pada smartphone android anda.

Nah, begitulah cara meningkatkan kinerja RAM pada HP android yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan kinerja smartphone android anda. Karena dengan kinerja RAM yang meningkat, anda dapat melakukan dan mengakses aplikasi di smartphone anda menjadi lebih mudah dan tidak hang. Semoga artikel ini bermanfaat.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend