Smartphone Lipat Xiaomi

Smartphone Lipat Xiaomi Akan Dirilis Sebelum Produk Tablet Terbaru

NESABAMEDIA.COMSepertinya keberadaan smartphone lipat akan memenangkan hati para konsumen nantinya. Semua produk yang dirilis dalam segmen pasar ini telah menjadi populer dan idaman banyak orang. Konsumen pun semakin menunggu kedatangan generasi berikutnya dari model smartphone lipat. Banyak pabrikan ternama seperti Xiaomi, VIVO, Oppo dan yang lainnya berencana merilis smartphone lipat di tahun depan.

Sebuah sumber menyebutkan bahwa smartphone lipat Xiaomi yang akan datang, diharapkan bisa dirilis ke pasaran sebelum mereka mengungkap keberadaan perangkat tablet terbaru mereka. Kemungkinan smartphone lipat Xiaomi itu akan menggunakan layar yang sangat besar dengan refresh rate tinggi, performa powerful dan pikel yang tinggi.

Beberapa waktu yang lalu, terungkap juga beberapa detail dari smartphone tersebut, khususnya di bagian detail mesin layar. Bisa dipastikan smartphone itu akan mengadopsi solusi folding internal dan akan hadir pada tahun depan. Penampilannya pun disebut lebih baik dari Samsung Galaxy Z Fold 2.

Pada bulan Maret yang lalu, Xiaomi juga diketahui mendaftarkan hak paten ke WIPO (World Intellectual Property Office) untuk desain dari layar smartphone lipat. Pengajuan hak paten ini pun baru disetujui pada bulan September kemarin. 

"<yoastmark

Jika merujuk pada desain render di atas, smartphone tersebut mengadopsi desain dari layar utama lipat internal dan layar eksternal sekunder seperti yang ada di Samsung Galaxy Fold. Keempat kamera belakangnya, disusun secara vertikal, dan flash-nya terdapat di bagian samping lensa kamera.

Setelah melakukan investigasi lebih dalam, diketahui bahwa layar smartphone lipat baru dari Xiaomi ini memiliki nama kode Cetus. Berjalan di sistem MIUI berbasis Android 11 dan dibekali dengan kamera utama 108MP. Refresh rate-nya sebesar 90Hz, namun bisa ditingkatkan menjadi 120Hz. Ditambah lagi, lapisan kacanya menggunakan teknologi milik Samsung yakni, ultra-thin flexible glass.

Sementara itu menurut laporan terbaru dari DSCC, pangsa pasar pengadaan panel pada kuartal ketiga dan keempat untuk tahun 2020 akan melebihi 90 persen, dan pangsa pasar tahunan menjadi 87 persen. Hal ini berarti bahwa Samsung masih memimpin pasar smartphone lipat. Namun dengan masuknya Xiaomi, Vivo hingga Apple pada tahun depan, mungkin dominasi Samsung itu akan tergeser. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend