Samsung Pamerkan Fitur Baru di One UI 3.0

Samsung Pamerkan Fitur dan Peningkatan Baru di One UI 3.0

NESABAMEDIA.COMDalam beberapa minggu belakangan, Samsung nampak disibukkan dengan uji coba One UI 3.0 yang berbasis Android 11. One UI 3.0 telah dirilis dalam versi Beta untuk Galaxy S20 pada bulan September lalu. Kini dalam website Malaysia-nya, pabrikan asal Korea Selatan itu memamerkan sejumlah fitur yang akan hadir di One UI 3.0, yang disebut-sebut bakal dirilis bulan depan.

Banyak fitur yang dipamerkan oleh Samsung pada halaman website Malaysia-nya itu lebih ke penyederhanaan, dan optimasi tampilan One UI 3.0. 

“Memberikan pengguna inovasi yang berarti dan meningkatkan kehidupan pengguna sehari-hari, dan memastikan pengguna bisa beradaptasi dengan perubahan teknologi yang cepat,” tulis Samsung dalam halaman situs tersebut.

Fokus utama dalam pembaruan tersebut adalah masalah kenyamanan pengguna. Samsung secara khusus menyorot peningkatan pada Quick Panel, yang memudahkan pengguna untuk berpindah dari pemutar lagu ke video dan sebaliknya. Panel notifikasi juga mendapatkan peningkatan, memberikan pengguna informasi yang lebih menawan, meski smartphone dalam kondisi terkunci. 

One UI 3.0 juga telah dioptimasi dengan layar yang digunakan. Hal ini berarti, One UI 3.0 akan menyesuaikan ukuran dari perangkat Galaxy yang digunakan pengguna, berapapun besarnya. Termasuk pada smartphone lipat Galaxy Z Fold 2, yang ketika ditutup pengguna akan ditampilkan antarmuka default. Namun ketika dibuka, One UI 3.0 akan menyesuaikan layar utama, sehingga nampak seperti menggunakan perangkat tablet.

Berbicara mengenai smartphone lipat Samsung, perusahaan mengatakan bahwa fitur Dual Preview dan Rear Cam Selfie akan tersedia di Galaxy Fold begitu One UI 3.0 dirilis. Sementara pemilik Galaxy Z Fold 2 sudah bisa mengakses kedua fitur tersebut. 

Panggilan Video Full Screen Perangkat Samsung

Panggilan Video Full Screen Perangkat Samsung

Samsung juga menyoroti peningkatan pada fitur Dynamic Lock Screen. Di mana pada One UI 2.5 hanya terdapat 5 kategori, pada One UI 3.0 menjadi 10 kategori. Dan pada akhirnya Samsung juga mengatakan bahwa panggilan video full-screen-nya juga dimasukkan dalam pembaruan kali ini. 

Pembaruan dan peningkatan pada One UI 3.0 di atas hanyalah sebagian dari apa yang akan dihadirkan Samsung kedepannya. Sebagai informasi, pembaruan ini baru tersedia untuk publik pada awal November. Namun jika ingin mencobanya sekarang, Samsung membuka pendaftaran untuk pengguna yang ingin bergabung di program Beta Tester.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend