Samsung Siapkan Exynos 1280 5NM Untuk Smartphone Kelas Entry

Samsung Siapkan Exynos 1280 5NM Untuk Smartphone Kelas Entry

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Samsung telah memulai kolaborasi dengan AMD dan mengupayakan banyak hal untuk membuat chip Exynos menjadi monster yang nyata, terutama dalam hal kinerja game.

Seberapa sukses aliansi ini dan membawa hasil positifnya dapat dinilai lewat Exynos 2200, yang akan menjadi dasar dari flagships seri Galaxy S22.

Namun Samsung tidak bekerja pada prosesor ini saja, akan ada chipset lain di jajarannya. Jadi, sebuah pesan datang bahwa Exynos 1280 sedang dalam persiapan untuk rilis, yang akan menjadi dasar dari solusi perangkat murah perusahaan. Sebuah sumber terpercaya memberikan bocoran mengenai perilisan chipset tersebut. Sumber ini bisa dipercaya, karena beberapa kali informasi bocorannya sangat akurat terkait perangkat yang belum hadir di pasaran.

Menurut dia, Exynos 1280 akan menjadi chip dengan teknologi proses 5-nanometer dan karakteristiknya akan “cukup aneh” berada di bawah Exynos 1080. Platform baru ini akan bisa ditemukan pada smartphone “model entry-level”. Sumber tersebut juga tidak membantah bahwa kemungkinan besar prosesor ini akan hadir juga di produk perusahaan pihak ketiga. Contohnya Vivo yang sudah lebih dulu memproduksi smartphone dengan chip Samsung.

Samsung Konfirmasi Exynos Dengan Grafis AMD Akan Dapatkan Dukungan Ray Tracing

Sebelumnya juga Samsung telah secara resmi mengkonfirmasi melalui halaman Weibo-nya bahwa SoC mobile Exynos yang akan datang, yang ditenagai oleh arsitektur RDNA 2 AMD, akan mendukung teknologi ray tracing.

Meski sejauh ini, perusahaan tidak merinci tentang chip baru. Menurut rumor, SoC seluler baru bernama Exynos 2200 akan menerima enam GPU AMD RDNA 2, yang akan menggunakan 384 stream processor, serta enam ray tracing accelerators.

Exynos 2200, dengan nama kode Pamir akan memiliki delapan inti komputasi fisik. Satu berkinerja tinggi, tiga dengan kinerja lebih rendah, dan empat hemat energi. Grafik RDNA 2 sebagai bagian dari prosesor dengan nama kode Voyager.

Sebelumnya, di benchmark Geekbench 5 yang terkenal, muncul informasi tentang platform seluler unggulan Samsung generasi baru, yang dilengkapi dengan prosesor grafis AMD berbasis arsitektur RDNA 2.

Selain itu, chipset di balik kode nama SM-S906B akan menjadi ponsel Exynos 2200 mendatang, didukung oleh GPU seluler tercanggih AMD.

Data Geekbench secara tidak langsung mengkonfirmasi asumsi ini, data pengujian menyebutkan driver AMD dengan Vulkan API, dan juga menyebutkan Samsung Voyager EVTA1, di mana sumber sebelumnya melaporkan bahwa Exynos 2200 akan menjadi buah kerjasama antara Samsung dan AMD, dan kode nama Voyager menyembunyikan GPU terbaru yang dikembangkan.

Leave a Reply

Send this to a friend