Samsung Upayakan Perbaikan Cepat Masalah Refresh Rate di Galaxy S21 Dengan Android 12

Samsung Upayakan Perbaikan Cepat Masalah Refresh Rate di Galaxy S21

Produk smartphone buatan Samsung tidak diragukan lagi keandalannya, dengan layar keren yang mendukung refresh rate tinggi, kamera fantastis, dan perangkat lunak kelas atas One UI.

Namun sayangnya, versi One UI terbaru yang dibuat untuk Android 12 sepertinya memiliki masalah, yang memberikan dampak cukup besar ke perangkat. Masalah refresh rate ini dilaporkan terjadi pada Samsung Galaxy S21 dengan One UI yang baru.

Pada sebuah thread di Reddit, versi final Beta Build dari One UI untuk Android 12 tampaknya mengalami masalah yang berdampak pada refresh rate layar perangkat Samsung Galaxy S21. Ini membuat refresh rate terkunci pada 60Hz, padahal seharusnya bisa lebih tinggi lagi. Pada akhirnya, masalah ini membuat pengalaman penggunaan menjadi terasa lambat dan patah-patah, khususnya ketika melakukan pengguliran. 

Yang membuat penasaran adalah, bug ini sepertinya hanya muncul pada perangkat Samsung Galaxy S21 yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon, karena mereka yang menggunakan perangkat sama dengan chipset Exynos milik Samsung, belum melaporkan masalah tersebut. 

Akun moderator Samsung untuk forum Reddit pun turut berkomentar dalam thread tersebut. Pihaknya mengatakan bahwa saat ini masalah tersebut telah berada dalam penyelidikan perusahaan, dan Samsung berupaya untuk bisa segera menghadirkan solusi dan perbaikan dengan jangka waktu sesingkat mungkin. Meski demikian, mereka masih belum bisa memastikan kapan perbaikan bisa dikirimkan. 

“Kami meminta maaf mengenai masalah dengan refresh rate 120Hz yang terjadi di versi resmi One UI ini. Kami sebenarnya telah memperbaiki masalah semacam ini di perangkat lunak resmi BUK7, namun rupanya beberapa pengguna masih mengalami masalah tersebut. Kami telah meningkatkan tingkat kritis masalah ini secara internal, karena telah berdampak kepada pengguna yang lebih banyak,” jawab moderator Samsung di forum Reddit. 

Sementara itu, para pengguna Galaxy S21 yang menggunakan One UI 4 versi beta, bisa secara manual mengatur layar smartphone agar berjalan dengan kecepatan refresh yang dikehendaki, sehingga ini bisa menjadi solusi akan masalah yang tengah mengganggu ini. 

Meski memiliki masalah dengan refresh rate-nya, sejak smartphone Galaxy S21, S21 Plus dan S21 Ultra diluncurkan awal tahun ini, para peninjau dan pengguna memberikan pujian atas kualitas dan pengalaman rata-rata ketika menggunakan smartphone tersebut. 

Leave a Reply

Send this to a friend