Pembaruan Windows 10 di Masa Mendatang

Sejumlah Pembaruan Besar Windows 10 Yang Direncanakan Hadir Tahun 2021 Mendatang

NESABAMEDIA.COMDi bawah pimpinan Satya Nadella, Microsoft lebih berorientasi ke sisi bisnis daripada sebelumnya. Namun pihaknya memastikan, juga akan lebih berkomitmen pada pengembangan Windows 10.

Selama beberapa tahun terakhir, Windows 10 memang lebih difokuskan pada sisi bisnis dan Microsoft tak lagi merilis fitur-fitur baru dalam jumlah besar. Bahkan terakhir pembaruan Windows 10 dengan banyak fitur terjadi pada 2018 silam, yakni ketika pembaruan Creator Update dan Fall Creator Update. 

Windows 10 kini menjelma menjadi “sebuah layanan” yang terus berkembang dan di sisi lain Microsoft juga belum berencana soal Windows 11 kedepannya. Namun pihaknya saat ini diyakini tengah mendesain pembaruan besar untuk sistem operasi tersebut.

Terakhir, pada bulan Oktober ini Microsoft merilis pembaruan pamungkas untuk tahun tahun ini yang mereka namakan Oktober 20H2, di mana pembaruan ini merupakan peningkatan dari versi Windows 2004 (Mei 2020). Dengan kata lain, pembaruan ini hanya memberikan sedikit peningkatan dan yang paling diutamakan adalah pembaruan pada Start Menu.

Rumor yang berkembang, sebuah pembaruan besar disebut-sebut akan hadir pada Windows Store (Microsoft Store) namun hal ini masih beberapa bulan kedepan. Lebih lanjut, dari sejumlah pemberitaan yang ada, tersebut nama pembaruan 21H1, Windows 10X dan Windows 10 21H2 “Sun Valley”.

Windows 10 21H1

Versi pembaruan 21H1 ini juga mendapat julukan ‘Iron Update’, yang diperkirakan akan dirilis pada musim semi 2021 mendatang. Namun jadwal tersebut rupanya mengalami perubahan, karena Microsoft memutuskan untuk memfokuskan pada pengembangan Windows 10X untuk perangkat layar tunggal.

Sehingga kemungkinan besar Microsoft pada akhirnya hanya akan merilis sebuah pembaruan fitur pada tahun 2021 yang tak lain juga membuka ruang bagi Windows 10X, versi modular dari Windows 10. Jika rumor ini benar, maka jadwal perilisannya kemungkinan akan hadir pada pertengahan tahun 2021, dan selanjutnya giliran Windows 10 21H1 dan 21H2.

Namun ada kemungkinan juga Microsoft tidak akan merilis 21H1 dan 21H2, namun merilis sebuah pembaruan besar yang berfokus pada peningkatan tampilan antarmuka. 

Pada akhir Oktober beberapa hari yang lalu, Microsoft kedapatan melakukan uji coba dengan proyek baru dengan kode Iron(Fe). Namun pihaknya tidak mau mengkonfirmasi apakah proyek tersebut merupakan bagian dari 21H1 atau bukan. 

21H2 Sun Valley

Dengan Windows 10 21H2 Sun Valley, Microsoft berencana mempermak tampilan dari Windows 10 dengan perubahan substansial pada antarmuka-nya. Termasuk pada bagian Action Center, File Explorer, Taskbar dan Start Menu.

Microsoft menjelaskan jika tampilan antarmuka itu merupakan langkah penyegaran dan ditujukan untuk meningkatkan pengalaman baik di perangkat desktop dan tablet dengan fitur opsional. 

Lebih lanjut, Microsoft mengatakan bahwa pembaruan 21H2 Sun Valley telah direncanakan untuk dirilis pada liburan tahun 2021 mendatang, jadi masih sekitar satu tahun lagi. Pihaknya juga mengatakan bahwa proses finalisasi pembaruan itu ditargetkan selesai pada semester kedua tahun depan.

Leave a Reply

Send this to a friend