Shortcut Keyboard Baru di Windows 11 Yang Perlu Dipelajari

Shortcut Keyboard Baru di Windows 11 Yang Perlu Dipelajari

Windows 11 telah tiba, dan sistem operasi itu hadir dengan sejumlah perubahan pada tampilan dan fungsi. Selain Start Menu yang sekarang menjadi terpusat, Windows 11 memperkenalkan sejumlah fitur baru yang ditujukan untuk membantu anda mengatur dan memanfaatkan perangkat PC dengan lebih baik, meskipun pada akhirnya ini bukan sebuah revolusi dan lebih merupakan penyempurnaan.

Microsoft juga menambahkan beberapa pintasan keyboard atau shortcut baru untuk membantu anda menavigasi Windows 11 dengan lebih efisien, dan menggunakannya secara efektif, sehingga memungkinkan anda menyelesaikan lebih banyak tugas, tapi dengan lebih sedikit waktu yang terbuang untuk mengarahkan mouse dan mengklik.

Mengingat hal tersebut, nesabamedia.com telah menyusun daftar shortcut atau pintasan keyboard paling berguna berikut yang perlu anda ketahui di Windows 11. Beberapa menggantikan pintasan lama, seperti tombol Windows + C yang sekarang meluncurkan Teams ketimbang Cortana, sementara yang lain sebagian besar adalah shortcut baru di Windows 11, tetapi semuanya layak untuk digunakan dalam alur kerja anda sehari-hari.

  • Windows + A = Membuka Quick Settings
  • Windows + Ctrl + C = Menjadikan filter warna on/off (sebelumnya harus diaktifkan di pengaturan Color Filter)
  • Windows + K = Membuka Cast di Quick Settings
  • Windows + N = Membuka pusat notifikasi dan kalender
  • Windows + W = Membuka Widget atau panel News & Interest

Ini adalah beberapa pintasan dasar yang paling berguna untuk mengakses aspek inti Windows 11 dengan cepat. Tombol Windows + K merupakan pintasan baru untuk langsung membuka menu Quick Settings (di mana alat seperti kontrol kecerahan dan volume) dan mengakses opsi Cast secara khusus yang berguna jika anda ingin menampilkan ke layar eksternal. 

Cast adalah salah satu dari banyak alat opsional yang dapat anda tambahkan ke Quick Settings (yang dapat diedit dengan menekan ikon pensil di sudut kanan bawah menu), tetapi tidak ditambahkan secara default sehingga banyak pengguna baru mungkin melewatkannya.

Tombol Windows + Ctrl + C adalah pintasan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan filter warna dengan cepat, yang juga bisa sangat berguna bagi mereka yang buta warna atau mengalami gangguan penglihatan, meskipun anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. 

Untuk melakukannya, buka menu Settings dan navigasikan ke Aksesibilitas → Filter warna, lalu aktifkan pintasan Keyboard untuk filter warna. Setelah melakukannya, anda dapat memilih filter warna alternatif (termasuk filter skala abu-abu, terbalik, dan merah-hijau atau biru-kuning) dan beralih sesuka hati menggunakan pintasan keyboard.

  • Windows + Z = Membuka Snap Layouts
  • Windows + Alt + Arah Panah = Menempatkan jendela terpilih sesuai arah

Snap Layouts adalah salah satu fitur baru Windows 11 yang paling membantu karena memberi anda kontrol lebih besar atas cara anda mendistribusikan jendela yang terbuka di desktop.

Biasanya anda akan melihatnya saat mengarahkan mouse ke tombol maksimalkan di sudut kanan atas jendela, di mana menu Snap Layouts akan muncul menampilkan empat kemungkinan cara mengatur jendela. Klik bagian tata letak yang anda pilih di mana anda ingin jendela ditempatkan.

Anda dapat menghemat waktu mencarinya hanya dengan menekan tombol Windows + Z untuk membuka menu Snap Layout secara instan. Jika anda tahu anda menginginkan pemisahan 50/50 sederhana dengan satu jendela di bagian atas layar dan yang lainnya di bagian bawah, anda dapat melakukannya lebih cepat dengan tombol Windows baru + pintasan tombol panah Atas dan Bawah. Ini melengkapi tombol Windows yang ada + pintasan tombol panah Kiri dan Kanan untuk menempatkan jendela ke bagian kiri dan kanan layar, sehingga anda dapat dengan cepat mengatur ulang pekerjaan hanya dengan beberapa penekanan tombol.

  • Windows + Tab = Membuka Task View dari desktop virtual
  • Windows + Ctrl + D = Menambahkan sebuah desktop virtual
  • Windows + Ctrl + Arah Kiri dan Kanan = Beralih di antara desktop virtual yang terbuka
  • Windows + Ctrl + F4 = Menutup desktop virtual yang sedang digunakan

Untuk Task View, desktop virtual dan pintasan keyboard yang sesuai telah tersedia di Windows 10 sebelumnya, di Windows 11 Microsoft menjadikan fitur ini sebagai bagian depan dan tengah dari sistem operasi. Ini adalah keputusan yang tepat, karena sekarang ada tombol Task View yang tertanam di Start Menu yang ada di tengah secara default, meskipun anda dapat menghapusnya di menu pengaturan Taskbar.

Tetapi meskipun tidak ada salahnya menghapus ikon jika anda merasa kurang nyaman melihatnya, membiasakan diri menggunakan beberapa desktop virtual (dan menavigasinya dengan cepat melalui pintasan keyboard), dapat menjadi cara yang bagus untuk menjaga pekerjaan anda tetap teratur. 

Di Windows 11, setiap desktop virtual dapat memiliki sentuhan kosmetik kustomnya sendiri, termasuk wallpaper dan tema yang berbeda, dan aplikasi yang terbuka di satu desktop tidak terbuka di desktop lainnya. Ini dapat mempermudah melakukan hal-hal seperti mengelompokkan semua aplikasi terkait pekerjaan anda di satu desktop dan semua aplikasi game anda di desktop lain, sehingga anda dapat dengan cepat bertukar bolak-balik. Dan begitu anda menguasai pintasan keyboard ini, anda seharusnya dapat melakukannya lebih cepat daripada jika anda harus mencari dan mengklik ikon yang relevan setiap saat.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend