• Our Partners:

Situs Lowongan Kerja

Situs Lowongan Kerja Justru Sepi Di Tengah Banyaknya PHK Massal

NESABAMEDIA.COMPerforma sejumlah situs lowongan kerja yang ada di internet, mendapatkan perhatian khusus dari sebuah perusahaan yang bergerak di bidang marketplace asuransi bernama Lifepal. Pihaknya menggelar sebuah penelitian atau riset mengenai kinerja beberapa situs lowongan kerja dalam kondisi pandemi ini. 

Wabah pandemi telah memukul berbagai sektor industri dan perekonomian global yang berujung pada Pemutusan Hubungan Kerja massal oleh sejumlah perusahaan. Oleh karena itu, Lifepal berinisiatif untuk melihat seberapa jauh traffic yang dihasilkan oleh situs pencari kerja, karena tentu bakal banyak pengguna jobless yang bakal berburu pekerjaan baru.

Melihat dari laporan yang dirilis pihak Kementerian Tenaga Kerja, tercatat hingga periode Mei, setidaknya ada 1.722.958 orang yang mengalami PHK. Secara mendetail dari jumlah itu sebanyak 316.000 tenaga kerja berasal dari sektor formal dan 375.165 dari sektor informal. Sementara sisa dari total jumlah tersebut diketahui merupakan para pekerja yang dirumahkan oleh perusahaan.

Tentunya jika ditelaah secara logis, maka jumlah orang sebanyak itu akan berusaha mencari pekerjaan baru. Salah satunya yakni dengan mencari pekerjaan baru melalui situs lowongan kerja. Sehingga diperkirakan sejumlah situs lowongan kerja bakal mengalami kenaikan pengunjung.

Akan tetapi fakta di lapangan justru menjelaskan hal yang sebaliknya. Sejumlah situs job finder yang diriset oleh pihak Lifepal malah melaporkan penurunan pengguna selama masa pandemi dan PHK massal itu. Pihak Lifepal menyebut setidaknya 5 situs lowongan kerja yang termasuk dalam lingkup penelitian mereka. Di antaranya yakni, urbanhire.com, Jobstreet.co.id, Karir.com, Indeed,com dan juga JobsDB.co.id. 

Tercatat kelima situs job finder itu diketahui mengalami penurunan pengunjung secara signifikan sejak bulan Februari 2020. Tren merosotnya pengunjung situs tersebut terus berlangsung hingga bulan April 2020. 

Dari data dan fakta yang ditemukan dengan sampel dan kenyataan di lapangan, Lifepal memberikan analisanya. Mereka menilai kondisi ekonomi global yang dalam keadaan tidak stabil, menjadi penyebab masyarakat yang jobless enggan mencari pekerjaan baru. Hal ini juga disebabkan dari kebijakan pemerintah yang membatasi kegiatan dan aktivitas masyarakat untuk memutus penyebaran wabah pandemi. [br/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend