• Our Partners:

Fitur Verifikasi Twitter

Fitur Verifikasi Twitter Tanda Centang Biru Bakal Dihidupkan Kembali

NESABAMEDIA.COMSetelah sempat dimatikan pada tahun 2017 silam, kini fitur verifikasi Twitter bakal dihidupkan oleh sosial media dengan simbol burung biru tersebut. Lebih lanjut, fitur verifikasi itu nantinya bisa diajukan oleh siapapun sebagai bukti bahwa akun tersebut merupakan akun otentik dan bukan akun anonim. 

Sebelumnya, memang fitur verifikasi Twitter itu memang terbatas bisa disematkan pada akun publik figur, perusahaan atau tokoh terkenal lainnya. Adalah salah seorang pengguna bernama Jane Manchun Wong yang mempublikasikan fitur ini melalui akun Twitternya. Pihak Twitter pun tidak menampik jika fitur tersebut akan dihidupkan kembali. Namun mereka tidak menjelaskan lebih jauh karena saat ini masih fokus dalam pembuatan pedoman penggunaan fitur yang ada di sosial media mereka dan salah satunya adalah fitur verifikasi ini.

Karena status fitur tersebut masih dalam kondisi “On Hold” maka pihaknya tidak akan menerima permintaan untuk penerapan tanda centang biru itu untuk saat ini. Jadi dengan demikian maka kapan waktu fitur tersebut bisa dibangkitkan dari kubur masih belum jelas.

Pada 2017 lalu terjadi sejumlah kebingungan di antara pengguna dan juga isu sensitif yang membuat fitur verifikasi itu akhirnya harus dikubur. Pemberian tanda centang biru di samping nama pengguna memang sempat menimbulkan kebingungan atas tujuan diberikannya tanda tersebut. 

Pro kontra atas tanda terverifikasi itu akhirnya mendapatkan puncaknya, setelah pihak Twitter memberikan tanda centang biru pada akun seorang aktivis White Supremacy. Apalagi, saat itu akun tersebut memberikan cuitan rasis kepada seorang korban pembunuhan kasus Charlottesville.

Sementara itu, pada tahun 2018 Twitter juga pernah dimintai penjelasan mengenai masa depan fitur verifikasinya. Saat itu pihaknya mengaku tidak mengalokasikan bandwidth khusus untuk fitur tersebut. Mereka lebih memilih memfokuskan kinerja pada isu pemilihan umum yang saat itu sedang terjadi. 

Lalu kabar mengenai perkembangan tanda centang biru kembali menjadi topik hangat belakangan ini, saat Twitter memberikan badge verified user itu kepada akun para pejabat medis yang selama ini memberikan informasi yang valid mengenai kasus wabah pandemi Covid19. [br/tn]

Tags:

Leave a Reply

Send this to a friend