• Our Partners:

Smartphone Android Dengan Tingkat Radiasi Paling Tinggi

Smartphone Android Dengan Tingkat Radiasi Paling Tinggi

NESABAMEDIA.COMSudah bukan rahasia lagi bahwa smartphone mampu memancarkan radiasi, dalam tingkat yang beragam tergantung jenis perangkat. Sebuah laporan terbaru menyoroti model smartphone mana yang merupakan pemancar radiasi terburuk. Hasilnya, mungkin akan membuat anda terkejut.

Menurut Bankless Times, beberapa model smartphone lama dari Google, Sony, Motorola, OnePlus, Oppo dan ZTE memancarkan radiasi paling banyak. Motorola Edge menempati urutan teratas, diikuti oleh Axon 11 5G dari ZTE dan OnePlus 6T. Menariknya, beberapa smartphone Google Pixel, OnePlus dan Sony Xperia adalah yang paling mendominasi di daftar ini. Termasuk Pixel 3, Pixel 3XL, Pixel 4a, Xperia XA2 Plus, Xperia XZ1 Compact dan OnePlus 6/6T. 

Perlu dicatat bahwa perangkat yang disebutkan itu pernah menjadi smartphone Android terbaik di zamannya, sekitar dua sampai lima tahun yang lalu, sehingga jumlah orang yang menggunakannya saat ini mungkin tinggal sedikit. 

Penelitian ini mengurutkan perangkat-perangkat smartphone itu berdasarkan pada Specific Absorption Ratios masing-masing, yang mengukur seberapa cepat tubuh menyerap energi dari frekuensi radio. 

Sejumlah pemerintahan negara di dunia telah mengatur tingkat SAR maksimal yakni di angka 1.6 watt per kilogram. Dalam daftar yang disampaikan, Motorola Edge menjadi smartphone dengan tingkat penyebaran radiasi paling buruk. 

Namun apapun itu, sampai sekarang tidak ada bukti yang scientific dan konsisten mengenai masalah kesehatan yang disebabkan oleh paparan frekuensi radio yang dipancarkan oleh smartphone. Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk kemudian membatasi paparan radiasi smartphone ke tingkat yang sehat. 

Sementara itu, dari sekian brand yang disebutkan, hanya Google yang memberikan penjelasan mengenai radiasi yang dipancarkan smartphone mereka. Pihak perwakilan Google mengatakan bahwa mereka selalu menerbitkan data Specific Absorption Ratios (SAR) untuk setiap produk smartphone yang mereka jual, termasuk Pixel 3, Pixel 3XL dan Pixel 4a.

“Smartphone-smartphone ini memenuhi aturan dan pedoman kepatuhan di negara-negara tempat kami menjual produk tersebut. Smartphone terbaru kami, yakni Pixel 6 dan Pixel 6 Pro memiliki nilai SAR yang bahkan lebih rendah dari perangkat smartphone kebanyakan,” ungkap juru bicara Google itu.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend