Smartphone Nokia Quicksilver

Smartphone Baru Nokia Dengan Kode Quicksilver Muncul di Geekbench

NESABAMEDIA.COMSebuah perangkat baru dari HMD Global yang memiliki kode nama Quicksilver telah muncul di database platform benchmark Geekbench. Daftar tersebut hanya mengungkapkan sistem operasi dan kapasitas RAM yang digunakan oleh smartphone Nokia berkode Quicksilver itu.

Kemungkinan itu bisa saja adalah Nokia 6.4 5G atau smartphone terbaru Nokia yang akan dirilis saat gelaran Mobile World Congress 2021 di bulan depan. 

Daftar itu juga mengungkap bahwa perangkat Nokia Quicksilver itu ditenagai oleh sebuah chipset Qualcomm dengan frekuensi dasar 1.80GHz. Namun masih belum diketahui seri chipset Qualcomm tersebut. Dari kode sumbernya, bisa terlihat bahwa smartphone tersebut memiliki GPU Adreno 619 yang merupakan bagian dari Qualcomm Snapdragon 690G. 

Dilaporkan juga bahwa Nokia Quicksilver itu berjalan di sistem operasi Android 11. Kapasitas RAM yang digunakan sebesar 6GB. Pada pengujian single-core Geekbench, perangkat itu meraih skor 471 poin, dan untuk multi-core sebesar 1500 poin. 

HMD Global sendiri masih belum mengkonfirmasi apakah mereka akan merilis smartphone tersebut pada MWC 2021. Namun, perusahaan telah memanfaatkan gelaran MWC sejak 2017 silam untuk mengumumkan smartphone baru mereka. Pada tahun 2020 lalu misalnya, mereka mengenalkan sebuah smartphone baru pada bulan Maret yang mengalami keterlambatan akibat muncul wabah pandemi. 

Oleh karena itu, sepertinya Quicksilver bisa menjadi salah satu ponsel Nokia yang akan datang berikutnya. Dari daftar Geekbench tersebut juga menunjukkan bahwa perusahaan akan melakukan pengujian secara internal terlebih dahulu, sebelum menjadikannya resmi dalam waktu dekat.

Dalam pemberitaan terkait, HMD Global juga disebutkan akan mengumumkan empat smartphone baru yang mendukung teknologi 5G di tahun 2021 ini. Dua di antaranya disebutkan akan diluncurkan pada awal semester tahun ini, dan sisanya akan diluncurkan pada semester kedua. 

Semester pertama tahun ini kemungkinan akan dihadirkan Nokia 7.3 5G dan sebuah smartphone yang masih belum terungkap yang ditenagai oleh Snapdragon 480. Kemudian Nokia juga kemungkinan akan merilis suksesor dari Nokia 8.3 5G dan Nokia 5.4 5G pada semester kedua tahun 2021. Selain itu, Nokia juga dirumorkan sedang mengembangkan sebuah smartphone 5G sebagai flagship berikutnya. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend