Bocoran Windows 10 21H1 di Build 19043

Bocoran Baru Soal Pembaruan Windows 10 21H1 di Build 19043

NESABAMEDIA.COMSeperti yang sudah diberitakan sebelumnya bahwa pembaruan Windows 10 21H1 akan menjadi pembaruan minor, yang berarti pembaruan itu nantinya tidak akan menghadirkan fitur-fitur baru.

Seperti halnya pembaruan bulan Oktober 2020, pembaruan ‘fitur’ pertama tahun ini akan menjadi rilisan sederhana, karena pihak Microsoft sendiri juga disibukkan dengan pengembangan Windows 10X dan desain ulang Sun Valley

Berdasarkan referensi yang terungkap pada Preview Builds 19043, ada kemungkinan kuat bahwa pembaruan Windows 10 21H1 akan diluncurkan ke kanal Release Preview di program Windows Insider pada bulan Februari atau Maret, bersamaan dengan pembaruan keamanan yang biasanya dijadwalkan pada hari Selasa minggu kedua (Patch Tuesday). 

Dengan hadirnya Windows 10 KB4598291 untuk versi 20H2, Microsoft tampaknya membuat perubahan di sisi backend ke sistem operasi, yang berpotensi sebagai persiapan untuk pengujian publik Build 19043 atau versi 21H1. 

Lebih lanjut, Microsoft juga telah memulai pengujian dalam halaman About di Settings, yang dengan jelas menyebutkan versi 21H1 dan Build 19043.

Halaman About Windows 10 21H1 Insider

Halaman About Windows 10 21H1 Insider

Perlu dicatat bahwa keberadaan Windows 10 versi 21H1 sebenarnya masih belum dikonfirmasi secara resmi oleh Microsoft. Versi 21H1 tampaknya akan menjadi pembaruan Enablement Package, setelah ditemukannya tombol Enablement di pembaruan pratinjau tersebut.

Windows 10 21H1 diperkirakan akan memasuki tahap final pengujian di program Windows Insider dalam waktu dekat. Namun, meski pembaruan mulai diluncurkan pada bulan Februari, yang perlu diingat adalah pengguna publik yang tidak tergabung dalam program Windows Insider, tidak akan mendapatkannya setidaknya sampai dengan bulan April atau Mei nanti. Jadwal peluncuran pembaruan itu juga akan bergantung pada kompatibilitas hardware dan software. 

Pembaruan Windows 10 21H1 ini juga akan didistribusikan dalam bentuk yang mudah bagi semua pengguna, seperti halnya pembaruan bulan Oktober 2020 lalu, yang juga dikirimkan melalui Enablement Package. 

Pembaruan ini diperkirakan akan diluncurkan bersamaan dengan adanya peningkatan pada pengaturan penyimpanan, dukungan asli untuk DNS over HTTPS (DoH) dan lainnya. Selain itu, meski merupakan pembaruan minor, akan ada sejumlah peningkatan kualitas juga. 

Daftar perubahan yang dibawa oleh pembaruan tersebut juga masih belum tersedia hingga saat ini.

Leave a Reply

Send this to a friend