• Our Partners:

Sony Playstation 5 PS5

Sony Akhirnya Ungkap PS5, Ini Spesifikasi, Desain Dan Estimasi Harganya

NESABAMEDIA.COMKemarin, Sony akhirnya mengungkap sosok konsol terbaru mereka, Playstation 5 (PS5) ke khalayak. Yang paling ditunggu-tunggu para pemerhati dan penikmat game yakni, desain dari konsol terbaru Sony tersebut juga akhirnya terungkap. Setelah pengumuman resmi tersebut, hampir lengkap sudah seluruh informasi mengenai PS5, kecuali harga yang masih menunggu kebijakan marketing dari pihak Sony. 

Desain PS5 

Dalam event pengumuman yang dilakukan secara livestream dengan tajuk “The Future of Gaming” itu, Sony juga secara eksklusif mengungkap desain yang sudah ditunggu-tunggu tersebut. PS5 hadir dengan dominan warna putih-hitam menyesuaikan dengan warna kontroler yang sudah dirilis terlebih dahulu.

Desain Playstation 5

Desain Playstation 5

Dari segi desain PS5 tersebut nampak panjang dan tipis, dengan warna dominan putih pada kedua panel yang mengapit warna hitam di tengahnya. Sementara ada tambahan aksen cahaya warna biru pada garis tepian panel hitam. Kesan futuristik terasa sangat kuat, sesuai dengan tema yang diangkat oleh pihak Sony. 

Namun, desain futuristik minimalis pada PS5 itu tidak dengan mudah diterima oleh publik. Beberapa orang menyebut desain PS5 malah nampak aneh dan konyol. Ada yang menyebut mirip Tower Sauron di Lord of The Ring, router internet, mulut bebek, hingga menyamakannya dengan bentuk Air Purifier. Meme-nya pun sudah banyak beredar di jejaring sosial.

Memang bentuk dari Playstation 5 itu dianggap asimetris, sehingga kemungkinan besar bisa memiliki masalah di kemudian hari dalam hal penyimpanannya. 

Spesifikasi Hardware SSD Playstation 5

Spesifikasi Hardware SSD Playstation 5

Spesifikasi PS5 

Sony mengatakan jika Playstation 5 akan menggunakan CPU 8 Core dengan basis AMD Zen 2 yang sudah dikustomisasi sedemikian rupa. Masing-masing Core memiliki kecepatan 3,5 GHz. Dari sisi GPU, PS5 menggunakan basis AMD RDNA 2 dengan 36 compute unit masing-masing berkecepatan 2,23 GHz. Kombinasi dari kedua CPU dan GPU ini diklaim mampu mendukung sistem komputasi hingga 10,28 teraflop. 

Dari sisi RAM, PS5 menggunakan 16GB GDDR6 dan kapasitas sebesar 825 GB. Sony menyebut jika bagian storage ini yang jadi hardware andalan dalam PS5. Sebab SSD pada storage yang dipakai itu mampu mencapai kecepatan 55 Gbps, dan dianggap SSD yang paling cepat yang ada saat ini. 

Kemampuan SSD ini pernah diuji coba dalam presentasi mereka memainkan game Spider-Man pada tahun 2019 lalu. Saat itu PS5 dengan epik mampu memuat game tersebut secara penuh hanya dengan waktu kurang dari 1 detik. Sementara PS4 yang dijadikan pembanding, memakan waktu sekitar 4 untuk memuat game Spider-Man dengan sempurna. 

Nantinya storage pada PS5 bisa ditambahkan dengan storage USB eksternal. Namun, jika menggunakan storage USB itu, hanya bisa support game-game yang ada di PS4, tidak untuk game di PS5 yang membutuhkan kemampuan storage read lebih cepat.

Sisi grafis juga tidak kalah jauh hasil kerjanya. Pada beberapa waktu lalu, Epic Game mendemonstrasikan engine game terbaru mereka yakni Unreal 5 dengan menggunakan konsol PS5. Dengan sangat mengesankan, PS5 mampu menampilkan kualitas gambar 8K dengan beragam efek grafis yang dimiliki oleh Unreal 5. 

Playstation 5 Livestream

Playstation 5 Livestream

Perkiraan Harga Playstation 5

Untuk masalah harga dari Playstation 5, bakal diungkap oleh pihak Sony secara menyusul. Hal ini merupakan bagian dari strategi marketing, di mana saat ini Playstation 5 sedang berkompetisi dengan Xbox Series X yang juga akan dirilis oleh Microsoft

Namun beberapa penikmat game memberikan prediksi, seberapa banyak uang yang akan dihabiskan untuk memboyong konsol ini ke rumah. Torico misalnya, menyebut jika harga PS5 berkisar antara 7 juta an. Pria yang gemar memainkan game Battlefield dan GTA V itu punya alasan tersendiri jika harga PS5 bakal berada di angka tersebut.

Menurutnya, harga Playstation 5 tidak akan berselisih jauh dengan PS4 Pro saat awal perilisan. Harganya kemungkinan kecil bakal menyentuh angka 10 juta, sebab berkaca dari banderol harga PS3 sebelumnya yang dianggap fail karena terlalu mahal. Mentok, harga terendah pada angka 7 juta, jika melihat dari biaya perkiraan produksi dan juga pajak masuk yang dikenakan di Indonesia. 

PS5 Aksesoris

PS5 Aksesoris

Aksesoris PS5

Sony juga menambahkan sejumlah aksesoris tambahan, yang bisa digunakan untuk mendukung keberadaan Playstation 5. Beberapa aksesoris itu diantaranya yakni, headset wireless Pulse 3D yang mendukung fitur Audio 3D. Serta juga mikrofon anti-noise, sesuatu yang selama ini ingin ditonjolkan sebagai fitur aksesoris tambahan dalam franchise Playstation mereka. 

Kemudian ada kamera HD dengan dual lensa 1080, yang kedepan bisa menggantikan kamera yang ada di PS4. Kamera ini memungkinkan pengguna untuk melakukan live stream video dengan mudah sembari memainkan game.   

Tambahan remote untuk file media juga dijadikan sebagai aksesoris penunjang PS5. Tak hanya sekedar memiliki fungsi seperti remote biasa kebanyakan, remote ini juga mendukung voice command, yang memungkinkan pengguna mengatur perintah menggunakan suara tanpa memencet tombol yang ada.

Terakhir ada terminal charger untuk kontroler Dual Sense PS5. Terminal charger ini mampu menampung 2 kontroler sekaligus untuk kemudian di-charge baterainya. Menariknya, charger tersebut tidak menggunakan port USB-C seperti pada umumnya, namun terhubung dengan Dock yang hadir secara terpisah. Sama dengan unitnya, aksesoris-aksesoris ini belum diketahui berapa harga resminya. [br/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend