Wallpaper Android Crash

Terjawab, Ini Penyebab Wallpaper Yang Bikin Android Crash

NESABAMEDIA.COMSebuah gambar pemandangan sempat viral beberapa waktu yang lalu dan membuat heboh dunia maya, khususnya pemilik ponsel dengan sistem operasi Android versi 10. Sebab, gambar pemandangan itu bisa membuat ponsel mereka yang berbasis Android crash, ketika menjadikannya sebagai wallpaper. Adalah seorang fotografer bernama Gaurav Agrawal yang mengungkap alasan gambar itu bisa membuat ponsel Android crash. 

Gaurav adalah orang yang mengabadikan dan membuat gambar pemandangan yang bisa bikin Android crash itu. Awalnya, dia sedang berburu spot cantik untuk dijadikan koleksi foto terbarunya. Dia mengunjungi Taman Nasional Glacier yang ada di Montana, Amerika Serikat. Saat itu dia hendak berburu momen matahari terbit dengan pemandangan yang menarik. 

Berhasil mendapatkan spot dan mengabadikan momen matahari terbit yang dia tunggu-tunggu, dia pun pulang dan melakukan editing. Saat mengedit menggunakan aplikasi Lightroom, dia mengekspor hasil foto editing itu dengan ekstensi Extra-Wide HDR Color Space. Proses ekspor file gambar itu juga berjalan dengan lancar. 

Kemudian dia mengunggah hasil karyanya itu ke situs Flickr. Orang-orang yang tertarik dengan keindahan pemandangan dalam foto tersebut kemudian menjadikan foto sebagai wallpaper untuk ponsel mereka. Dari sini, masalah itu kemudian muncul. Sejumlah pengguna mengalami masalah dengan ponsel android mereka.

Tiba-tiba saja setelah memasang foto itu, ponsel Android mereka crash. Boot loop terjadi hingga membuat ponsel melakukan restart otomatis secara terus menerus. Factory reset pun sampai harus dilakukan agar permasalah itu hilang. Benar saja, ponsel pengguna bisa sembuh. Namun permasalahan datang lagi, ketika mereka mencoba menggunakan foto itu sebagai wallpaper. Dan mereka pun memastikan, foto itu menjadi penyebab ponsel Android mereka crash.

Setelah dilakukan sejumlah pengecekan, foto itu memiliki jangkauan warna yang sangat luas. Sehingga beberapa ponsel Android tidak mampu melakukan rendering, untuk menghandle color space yang jauh lebih besar dan luas yang dimiliki oleh foto tersebut. 

Gaurav Agrawal Wallpaper Android Bikin Error

Gaurav Agrawal Wallpaper Android Bikin Error

Gaurav sendiri mengaku tidak mengira jika foto hasil karyanya bisa membuat masalah seperti itu. Dalam sebuah wawancara, dia memang menginginkan hasil karya fotografinya menjadi viral, namun tidak dengan cara seperti ini. 

Di sisi lain Gaurav juga menjelaskan, bahwa proses pengambilan foto itu penuh dengan perjuangan. Dengan waktu yang sangat terbatas untuk mendapatkan momen matahari terbit, dia awalnya merasa pasrah karena kondisi cuaca mendung dan sangat tidak mendukung proses pengambilan foto. Namun kemudian alam menunjukkan keajaiban, sehingga dia pun berhasil mengabadikan momen tersebut. [br/tn]

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Tags:

Leave a Reply

Send this to a friend