• Our Partners:

Windows-11-Search-Bar

Tahukah Kamu? Kamu Bisa Hapus Recent Search di Windows 11

Windows 11 melalui fitur Search memang akan sangat membantu pengguna dalam mencari berkas, namun fitur ini masih sering salah digunakan karena dianggap menampilkan hal pribadi pada Recent Search. Windows 11 kini memberikan akses untuk menghapus Recent Search agar tidak muncul, Selasa (04/10).

Search di Windows 11 merupakan salah satu fitur yang memang telah cukup lama dikembangkan, sejak pertama kali dirilis di Windows 10 perusahaan selalu menghadirkan dan meningkatkan fitur dari Search. Kemudian kembali digunakan di Windows 11, hingga pada pembaruan terkini.

Saat ini, Windows 11 telah masuk ke dalam versi terakhir yang diberi nama Windows 11 2022. Perilisan Windows 11 2022 tentu telah banyak ditunggu khususnya oleh mereka yang menggunakan sistem operasi Windows 11, ada banyak fitur dan peningkatan sistem yang diberikan oleh Microsoft sejauh ini.

Salah satu akses yang diberikan agar pengguna dapat mengatur UI/UX dari Windows 11 2022 ialah Recent Search. Fitur ini merupakan salah satu fitur dari Search di Windows 11, di mana akan langsung menampilkan hasil pencarian terakhir dari PC.

Ketika kita menggunakan fitur Search, secara otomatis Recent Search akan menampilkan sejumlah berkas dan folder yang terakhir kali diakses oleh pengguna. Tetapi, fitur ini justru sedikit mengganggu karena menampilkan informasi yang bersifat pribadi, seperti dokumen, gambar, video, dan folder khusus yang bersifat privasi.

Karena mendapatkan cukup banyak permintaan mengenai fitur Recent Search, Microsoft melalui Windows 11 2022 kini menghadirkan fitur untuk mengatur agar Recent Search tidak menampilkan hal-hal yang bersifat privasi.

Anda sebagai pengguna Windows 11 2022 hanya perlu mengakses Settings, kemudian Privasi & Security, pilih Search Permissions yang kemudian geser ke bawah hingga menemukan pilihan History.

Cara-Menghapus-Recent-Search-di-Search-Windows-11

Toggle ON

Jika Anda ingin menghapus Recent Search agar tidak menampilkan riwayat pencarian, maka bisa langsung menghapusnya melalui pilihan “Clear Device Search History”. Tetapi, jika Anda ingin agar Recent Search tidak aktif maka bisa langsung mengubah Toggle ON menjadi OFF.

Mudah bukan? Jika Anda tertarik dan memiliki hal privasi dan tidak nyaman ketika pengguna mengakses PC, maka bisa langsung menggunakan cara yang satu ini ya.

Editor: Hudalil Mustakim

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend