• Our Partners:

Google-Manifest-V3

Google akan Tunda Perilisan Manifest V3 di Chrome

Google telah memberikan kabar mereka terkait dengan perencanaan perusahaan untuk mengembangkan Manifest V3, yang mana akan mengubah Manifest V2 menjadi V3 di tahun 2022 ini. Kabarnya, Google akan menunda perilisan Manifest V3 dalam waktu yang lebih lama, Selasa (04/10).

Bulan lalu, Google telah mengumumkan bahwa mereka akan mengubah Manifest V2 yang saat ini digunakan oleh Chrome dan Chromium. Jika memang benar, maka sebagian besar fitur yang ada di dalamnya juga akan kehilangan kemampuan besar mereka.

Sebut saja layanan Chrome dan Chromium yang memiliki banyak eksistensi, di mana kebanyakan pengguna mengunduh dan menerapkan layanan blokir iklan dan unduhan video. Jika Manifest V2 te;ah digantikan, maka berbagai macam layanan ini juga terancam tidak dapat berjalan dengan baik.

AdGuard sebagai pengembang dari AdBlock juga mulai kehilangan kekuatan mereka ketika Google telah merilis Manifest V3 nantinya, hal ini juga diperkuat oleh AdGuard itu sendiri yang menyatakan bahwa mereka akan mengembangkan layanan AdBlock agar mendukung Manifest 3.

Google telah menyatakan bahwa layanan mereka dengan menghadirkan Manifest V3 akan hadir di Januari 2023 nanti. Tetapi, agaknya para pengembang AdBlock bisa bernafas lega karena Google telah mengubah perencanaan perilisan Manifest V3.

Google mengatakan bahwa mereka akan mengundur perilisan dari Manifest V3, hingga pada tahun 2024 mendatang. Meskipun begitu, Google tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai tanggal dan bulan perilisan Manifest V3.

Mengenai perilisan Manifest V3, Google sendiri telah memiliki jadwal untuk bersiapan perilisan Manifest V3 di layanan Chrome dan Chromium. Diantaranya pada bulan Januari 2023 mereka akan merilis versi Chrome 112 dengan menghadirkan Flag Experimental untuk mematikan dukungan Manifest V2.

Bulan Juni 2023 Google akan merilis Chrome 115 untuk mematikan dukungan dari Manifest V2 secara penuh, nantinya akan tersedia dalam versi Stable untuk semua pengguna Chrome. Pada versi ini, eksistensi yang masih menggunakan Manifest V2 secara otomatis akan terhapus.

Untuk saat ini, bagi Anda yang masih menggunakan berbagai macam eksistensi seperti AdBlock, maka masih dapat menggunakannya dengan baik pada versi Chrome saat ini. Jadi, kita bisa menggunakannya dengan kapasitas penuh.

Sementara itu, AdGuard sebagai salah satu pengembang AdBlock juga menyatakan bahwa mereka akan mengembangkan layanan agar bisa mendukung berjalan di Manifest V3 nanti.

Editor: Hudalil Mustakim

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend