Tata Cara Sholat Hajat : Niat, Doa, Waktu Sholat dan Keutamaan Sholat Hajat

Sholat hajat merupakan suatu sholat sunnah yang dapat dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai suatu keinginan ataupun hajat. Orang yang melakukan sholat hajat ini pasti memiliki harapan akan suatu keinginan ataupun hajatnya agar dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

Tetapi sangat perlu untuk dingat bahwasanya hajat ataupun keinginan tersebut bukanlah yang bertolak belakang dari syariat agama atau hal-hal yang sudah dilarang di dalam agama islam.

Umumnya sholat hajat ini dilakukan untuk meminta suatu perlindungan, ingin sukses di dunia karir, untuk mencari jodoh, maupun keinginan-keinginan yang baik lainnya.

Tata cara dari sholat hajat pun sangat mudah untuk dilakukan karena dapat dilakukan pada waktu siang ataupun malam hari. Berikut tata cara sholat hajat yang dapat Anda lakukan.

Tata Cara Sholat Hajat

Tata Cara Sholat Hajat

Tata cara dari sholat hajat juga persis seperti sholat sunnah yang lainnya. Maka dari itu, untuk melakukan sholat hajat ini juga perlu untuk menyucikan diri sebelum melakukan ibadah sholat.

Seperti suci akan hadats kecil maupun besar, suci akan tubuh, pakaian yang dikaenakan dan juga suci dari tempat yang bernajis, harus menutup aurat, dan yang paling penting haruslah menghadap ke arah kiblat.

Seperti pada sebuah hadits yang mengatakan disarankan untuk menyempurnakan wudhu dan juga sholat hajat dalam jumlah dua rakaat dengan sempurna. Dan berikut merupakan tata cara sholat hajat yang dapat kamu kerjakan :

  1. Membaca Niat
  2. Melakukan takbiratul ihram diiringi dengan doa iftitah
  3. Setelah itu disambung dengan membaca surah Al Fatihah
  4. Selanjutnya yaitu membaca ayat Al Qur’an. Bisa membaca ayat yang pendek maupun panjang
  5. Melakukan ruku’ diiringi dengan tuma’ninah
  6. Melakukan I’tidal, dan tidak lupa dengan melakukan tuma’ninah
  7. Melakukan Sujud, dan tidak lupa dengan melakukan tuma’ninah
  8. Melakukan duduk diantara dua sujud dan tidak lupa dengan melakukan tuma’ninah
  9. Melakukan Sujud yang kedua kali beserta dengan tuma’ninah
  10. Lalu berdiri untuk melakukan rakaat yang kedua
  11. Membaca surah Al Fatihah
  12. Selanjutnya yaitu membaca ayat Al Qur’an. Bisa membaca surah Al Qur’an yang panjang maupun pendek
  13. Melakukan ruku’ dengan melakukan tuma’ninah
  14. Melakukan I’tidal, dan tidak lupa dengan melakukan tuma’ninah
  15. Melakukan Sujud, dan tidak lupa dengan melakukan tuma’ninah
  16. Melakukan duduk diantara dua sujud dan tidak lupa dengan melakukan tuma’ninah
  17. Melakukan Sujud yang kedua kali beserta dengan tuma’ninah
  18. Tasyahud akhir dan tidak lupa dengan melakukan tuma’ninah
  19. Dan diakhiri dengan Salam

Catatan : Tuma’ninah bermakna diam setelah gerakan sebelumnya, sekira-kiranya semua anggota badan tetap / tidak bergerak dengan kurun waktu seperti membaca bacaan tasbih (subhanallah).

Bacaan dari setiap gerakan sholat hajat sama seperti bacaan dari sholat yang lainnya. Dan apabila Anda telah menyelesaikan sholat hajat tersebut, Anda dapat membaca dzikir seperti yang telah dijelaskan di dalam Al Adzkar oleh Imam Nawawi.

Dan selanjutnya Anda dapat membaca doa kepada Allah agar hajar maupun keinginan Anda dapat dikabulkan oleh-Nya.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Dhuha

Lafadz Niat Sholat Hajat

Sama seperti niat yang lainnya, Anda harus menempatkannya pada hati Anda, karena seluruh ulama telah menyetujui tempat dari niat adalah hati.

Niat yang cuma diucapkan dengan lisan tidaklah cukup. Karena dengan melafalkansebuah niat bukan sebuah syarat yang penting. Hal tersebut berarti, Anda tidak diharuskan untuk melafalkan suatu niat.

Tetapi mayoritas dari ulama yang selain madzhab Maliki, menetapkan membaca sebuah niat memiliki hukum yang sunnah karena membaca niat dapat membantu hati untuk dapat menghadirkan sebuah niat.

Dan madzhab Maliki memiliki pendapat bahwa lebih baik yaitu tidak melafalkan suatu niat, karena hal tersebut tidak memiliki contoh dari Rasulullah SAW.

Dan berikut adalah lafadz niat dari sholat hajat yang dapat Anda bacakan :

Lafadz Niat Sholat Hajat

Bacaan Doa Sholat Hajat

Berdoa setelah menunaikan ibadah sholat memang sangat dianjurkan, karena di dalam doa tersebut kita dapat meminta ampun maupun pertolongan dari Allah SWT. Yang mana kita sebagai manusia sangat membutuhkan suatu petunjuk dan sangat membutuhkan pertolongan dari Allah SWT.

Begitu juga didalam sholat hajat. Pada kitab Al Adzkar yang dituliskan oleh Imam Nawawi rahimahullah menuliskan ada dua buah hadits mengenai dzikir dan doa dari sholat hajat.

Yang pertama yaitu dzikir sholat hajat. Anda dapat membacanya ketika sudah menyelesaikan sholat hajat. Berikut bacaan doanya.

Bacaan Doa Sholat HajatArti dari doa diatas yaitu :

“Tiada Ilah Tidak kecuali Allah, Yang Maha Santun lagi Maha Mulia. Maha Suci Allah, Rabb Arsy yang agung. Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang menyebabkan memperoleh rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh kebaikan dan selamat dari segala dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu keperluan melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang” (HR. Tirmidzi).

Baca Juga : Tata Cara Sholat Istikharah

Imam Nawawi juga beranggapan bahwa sandaran dari hadits tersebut masih dibicarakan sebagai kata Imam Tirmidzi sendiri. Dan doa dari sholat hajat yang shahih yang selanjutnya juga sudah dituliskan oleh Imam Nawawi di dalam Al Adzkar yaitu seperti di bawah ini :

Bacaan Sholat Hajat

Waktu Sholat Hajat

Pada sholat hajat tidak memiliki suatu panduan khusus yang mengungkapkan kapan waktu dari sholat hajat yang pasti untuk umat beragama Islam. Tetapi Anda bisa melaksanakan sholat ini pada saat Anda mempunyai waktu, baik itu pada siang hari maupun pada malam hari.

Tetapi, dari para ilmuan memiliki anggapat bahwasanya bisa lebih baik apabila sholat hajat ini dilaksanakan pada waktu sepertiga malam, yaitu berkisar pada waktu 01:00 sampai dengan subuh pada waktu 05:00.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasanya pada saat terakhir dari pelaksanaan sholat di sepertiga malam terakhir tersebut adalah berdoa. Dan melakukan doa pada jam tersebut juga mempunyai suatu prioritasnya sendiri dibandingkan dengan waktu yang lainnya. Maka dari itu, apabila niat kita ingin dipenuhi, disarankan untuk melaksanakan sholat pada waktu tersebut.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Tahajud

Apabila kita ingin hajat kita dapat dikabulkan, maka tidak cukup apabila kita hanya melaksanakan sholat hajat dalam satu waktu saja. Maka dari itu, para ulama telah menganjutkan untuk kita dapat melakukan sholat hajat ini selama 3 sampai dengan 7 malam berturut-turut.

Jumlah dari hari sholat sunnah ini dapat kita sesuaikan dengan seberapa pentingnya tujuan yang sangat kita inginkan tersebut. Pada saat melaksanakan sholat hajat, kita dapat melaksanakan sholat tersebut dalam jumlah 2 rakaat, 4 rakaat, 6 rakaat hingga 12 rakaat. Waktu dari pelaksanaanya pun juga dapat diselesaikan pada setiap 2 rakaat. Maka dari itu berarti setiap 2 rakaat tersebut, kita harus melakukan salam.

Dan selanjutnya dapat bangkit kembali untuk dapat melaksanakan sholat hajat lagi, hal tersebut dapat Anda lakukan berulang kali sesuai dengan jumlah rakaat yang telah Anda niatkan sebelumnya.

Keutamaan Sholat Hajat

Waktu Sholat Hajat dan Keutamaan Sholat Hajat

Didalam sholat hajat memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna bagi kita, apabila kita menjalankannya dengan baik dan benar. Berikut adalah beberapa keutamaan dari sholat hajat yang perlu Anda ketahui :

1. Derajatnya ditinggikan

Apabila kita rajin mengerjakan ibadah sholat hajat ini, maka Allah akan meninggikan derajat dari seseorang tersebut. Maka dari itu, kita disarankan untuk memperbanyak melakukan ibadah sholat, baik wajib maupun sunnahnya.

2. Keinginannya dikabulkan

Salah satu keutamaan yang di dapat dari sholat hajat yaitu hajat atau keinginan kita akan dikabulkan oleh Allah SWT.

3. Dicintai oleh Allah

Kita dianjurkan untuk melakukan sholat hajat, hal itu dikarenakan ibadah sholat sunnah ini akan mendatangkan kecintaan dari Allah.

4. Dosanya dapat diampuni

Apabila kita melakukan ibadah sholat dan memperbanyaknya maka dosa kita dapat diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Jenazah

Demikianlah pembahasan mengenai tata cara sholat hajat, niat sholat hajat, doa sholat hajat beserta dengan keutamaan sholat hajat. Semoga dengan artikel ini Anda dapat lebih paham mengenai sholat hajat.

Leave a Reply

Send this to a friend