Tata Cara Sholat Tahajud : Niat, Doa, Bacaan dan Waktu Sholat Tahajud

Sholat Tahajud merupakan suatu sholat yang sangat luar biasa, karena merupakan salah satu sholat yang sangat istimewa. Hal tersebut juga dibuktikan dengan tidak adanya sholat sunnah lainnya yang dapat menandingi sholat tahajud.

Sholat tahajud juga termasuk dalam bagian sholat sunnah yang dilakukan ketika dimalam hari, atau bisa dikatakan dalam waktu sepertiga malam setelah terbangun dari tidur. Sholat sunnah yang satu ini juga masuk ke dalam sholat sunnah mu’akad atau biasa disebut dengan sholat yang dikuatkan oleh syara’.

Jumlah rakaat dalam sholat yaitu mulai dari dua rakaat dan dapat dilakukan sebanyak-banyaknya sampai tidak terbatas. Berikut merupakan tata cara sholat tahajud beserta dengan lafadz niat, bacaan doa, waktu sholat, dan keutamaan sholat tahajud.

Tata Cara Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud

Tata cara dari sholat tahajud juga sama dengan tata cara sholat sunnah pada biasanya. Yaitu ketika ingin memulai sholat tahajud harus diwajibkan untuk bersui terlebih dahulu dari hadats kecil maupun hadats besar, menyucikan badan, pakaian dan juga tempat dari najis, harus menutup aurat, dan juga harus menghadap ke arah kiblat.

Pada Fiqih Sunnah yang dijelaskan oleh Sayyid Sabiq menyatakan bahwa, ketika ingin tidur, sebaiknya sebelumnya harus berniat untuk bangun dengan tujuan ingin sholat tahajud. Karena dengan begitu apabila kita tidak terbangun ataupun tertinggal, kita tetap mendapatkan pahala.

Dan pada Fiqih Islam wa Adilatuhu yang dijelaskan Syaikh Wahbah Az Zuhaili menyatakan bahwa, ketika hendak melakukan sholat tahajud, disunnahkan untuk menggunakan siwak. Tidak hanya itu, tetapi juga disunnakkan untuk memulainya dengan dua rakaat.

Rasulullah melakukan sholat tahajud dengan 11 rakaat dan dilamnya termasuk juga witir, dan terkadang Rasulullah juga melakukan shalat tahajud dengan 13 rakaat yang didalamnya termasuk witir.

Dan berikut dibawah ini adalah tata cara dari sholat tahajud :

Tata Cara Sholat Tahajud

  1. Membaca Niat
  2. Melakukan takbiratul ihram diiringi dengan doa iftitah
  3. Setelah itu disambung dengan membaca surah Al Fatihah
  4. Selanjutnya yaitu membaca ayat Al Qur’an. Bisa membaca ayat yang pendek maupun panjang
  5. Melakukan ruku’ diiringi dengan membaca tasbih sebanyak 3 kali
  6. Melakukan I’tidal, dan tidak lupa dengan melakukan tuma’ninah
  7. Melakukan Sujud, dan tidak lupa dengan melakukan tuma’ninah serta membaca tasbih sebanyak 3 kali
  8. Melakukan duduk diantara dua sujud dan tidak lupa dengan melakukan tuma’ninah
  9. Melakukan Sujud yang kedua kali beserta dengan tuma’ninah
  10. Tasyahud akhir dan tidak lupa dengan melakukan tuma’ninah
  11. Dan diakhiri dengan Salam

Tata cara diatas dapat Anda dilakukan berulang kali sesuai dengan jumlah rakaat sholat tahajud yang sudah Anda niatkan untuk melakukannya.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Dhuha

Lafadz Niat Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud : NIat Sholat Tahajud

Seluruh ulama sudah menyetujui dan telah menyepakati bahwa tempatnya niat adalah hati. Maka dari itu melafadzkan suatu niat tidaklah menjadi sebuah syarat ketika melakukan sesuatu. Ha tersebut juga berarti bahwa tidak mengharuskan kita untuk melafalkan suatu niat.

Tetapi Syaikh Wahbah Az Zuhaili menyatakan bahwa mayoritas sejumlah ulama selain dari madzhab Maliki memiliki pendapat bahwa niat hukumnya adalah sunnah ketika kita ingin membantu hati untuk menghadirkan suatu niat.

Dan madzhab Maliki memiliki pendapat bahwa lebih baik yaitu tidak melafalkan suatu niat, karena hal tersebut tidak memiliki contoh dari Rasulullah SAW.

Dan berikut adalah lafadz niat dari sholat tahajud yang dapat Anda bacakan :
Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaannya

Bacaan Doa Sholat Tahajud

Berdoa ketika sudah menyelesaikan sholat tahajud Insha Allah akan dikabulkan juga oleh Allah SWT. Apalagi ketika dikerjakan dalam waktu sepertiga malam terakhir. Dimana pada waktu sepertiga malam adalah waktu yang paling istijabah apabila berdoa.

Hal tersebut juga telah dibuktikan pada HR. Bukhari nomor 1145 dan Muslim nomor 1808. Dengan begitu, apapun dari permintaan seorang umat, mohonkan segala doanya kepada Allah SWT. Doa tersebut juga dapat berupa kebutuhan dunia maupun akhirat. Terlebih lagi ketika ingin meminta mohon ampunan pada Allah SWT, karena dia yang paling terpenting dari sepertiga malam terakhit yaitu istighfar.

Dan Rasullah SAW juga telah mengajarkan kepada umatnya bahwa doa yang dikhususkan untuk dilakukan dalam sholat tahajud yaitu sebagai berikut, dan doa ini dibaca sebagai doa iftitah :
Doa Sholat Tahajud

Allahahumma lakal hamdu angta qayyimus samaawaati wal ardhi wamangfiihinna walakal hamdu angta malikussamaawaati wal ardhi wamangfiihinna, walakal hamdu angta nuurus samaawaati wal ardhi wamang fiihinna, walakalhamdu angta haqqu, wa wadukal haqqu, waliqaa uka haqqun, wa qauluka haqqun, waljannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu alaihi wasallama haqqun, wassaa’atu haqqun, Allaahumma laka asalamtu, wabika aamangtu, wa alaika tawakkaltu, wa alaika anabtu, wabika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maaqaddamtu, wamaa akh khartu, wamaa asrartu, wamaa a’langtu, wamaa angta  a’lamu bihi minnii, angtal muqaddimu, wa angtal mu’akh khiru, laa ilaaha illaa angta, walaa haula walaa quwwata illaabillaah.Arti dari doa diatas yaitu :

“Wahai allah, milikmulah segala puji, engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikmulah segala puji, engkaulah penguasa raja langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikmulah segala puji, engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk  yang ada di dalamnya, milikmulah segala puji, engkaulah yang hak benar janjimulah yang benar, pertemuan denganmu adalah benar, perkataanmu benar, surga itu benar ada, neraka itu benar ada, para nabi itu benar, nabi muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar ada.

Wahai allah hanya kepadamulah aku berserah diri, hanya kepadamulah aku beriman, hanya kepadamulah aku bertawakkal, hanya kepadamulah aku kembali, hanya denganmulah kuhadapi musuhku, dan hanya kepadamulah aku berhukum, oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang mungkin akan ku lakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang terangan, dan dosa dosa lainnya yang engkau lebih mengetahuinya, dari pada aku, engkaulah yang maha terdahulu dan engkaulah yang maha terakhir, tak ada tuhan selain engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah”

Baca Juga : Tata Cara Sholat Hajat

Waktu Sholat Tahajud

Waktu Sholat Tahajud

Tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang dapat dilakukan setelah tidur. Untuk melakukan sholat tahajud juga dimulai dari waktu setelah isya’ sampai dengan sebelum waktu Subuh, dan bisa didahului dengan tidur terlebih dahulu. Waktu paling utama untuk melakukannya yaitu pada waktu 1/3 malam terakhir.

Sholat tahajung juga sering dikenal dengan qiyamul lait. Tetapi tidak seluruh dari qiyamul lail merupakan sholat tahajud. Apabila seseorang melaksanakan sholat sunnah pada waktu malam hari dan sebelum tidur, sholat tersebut juga termasuk pada kategori qiyamul lail.

Mengapa disebut dengan sholat tahajud ? Karena sholat tersebut dilakukan apabila sudah didahulukan dengan tidur terlebih dahulu. Seorang ustadz yang bernama Adi Hidayat menyatakan bahwa, tidur dengan posisi berbaring didalam bahasa Arab yaitu hajada. Dan Apabila Anda mau bangun ketika setelah selesai berbaring, maka dapat menambahkan ta’ tepat didepan kata tersebut, sehingga menjadi tahajada.

Apabila Anda memiliki keseriusan untuk bangun setelah dalam posisi berbating, bisa menambahkan tasydid, sehingga menjadi tahajjada, Apabila hal tersebut telah menjadi suatu kebiasaan, maka kata tersebut dapat berubah menjadi kata tahajjud. Tahajjud merupakan suatu bentuk dari perintahnya menjadi tahajjad, yang sudah dijelaskan pada Surah Al Isra’ ayat 79.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Istikharah

Keutamaan Sholat Tahajud

Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang memiliki banyak sekali keutamaan, contohnya yaitu seperti pada di bawah ini :

  • Sholat tahajud dapat menjadi suatu kunci untuk masuk surga
  • Ketika kita melakukan sholat tahajud maka di akhirat nanti kita akan mendapatkan kemuliaan dan juga kewibawaan
  • Sholat tahajud merupakan suatu sholat yang sering dikerjakan oleh orang shalih
  • Sholat tahajud dapat menolak suatu penyakit yang datang pada diri kita
  • Sholat tahajud merupakan suatu sholat yang memiliki kedudukan yang terpuji
  • Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang paling pertama dan utama
  • Ketika kita melakukan sholat tahajud, Insha Allah nantinya doa kita bisa dikabulkan oleh-Nya
  • Sholat thaajud dapat menghapus dan mencegah dosa

Baca Juga : Tata Cara Sholat Jenazah

Demikianlah penjelasan mengenai tata cara sholat tahajud beserta dengan bacaan doa dan juga keutamaannya yang dapat bermanfaat untuk kita.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend