TCL Pamerkan Smartphone Lipat Dengan Layar 360 Derajat

TCL Pamerkan Smartphone Lipat Dengan Layar 360 Derajat

Dalam event TCL Huaxing Technology Conference 2021, pabrikan TCL Huaxing memamerkan smartphone lipat pertama di dunia dengan layar 360°. Untuk mewujudkan efek yang diinginkan ini, TCL menggunakan teknologi layar lipat tingkat lanjut, yang lebih fleksibel dan memiliki engsel yang bisa menyesuaikan dengan sendirinya. Selain itu, TCL juga mengatakan bahwa layar tersebut telah lulus pengujian, yang mampu bertahan dari sekitar 2000 pengujian pembengkokan. 

Ketika terbuka, perangkat ini akan menjadi sebuah perangkat tablet yang ringkas, dan ketika dilipat, pengguna akan mendapatkan perangkat yang nyaman, terlihat mewah namun ringkas. Diantara kelebihan panel itu adalah adanya dukungan pena elektronik. 

Tidak ada informasi lebih lanjut tentang bagaimana produk ini akan menemukan pasarnya dalam waktu dekat. Ini adalah sebuah prospek yang hanya cocok untuk beberapa tahun mendatang, tidak sekarang. 

Menariknya, sebelumnya ada Xiaomi yang begitu berambisi untuk menghadirkan smartphone lipat dengan layar seperti ini. Meski demikian, rupanya antara Xiaomi dengan TCL memang memiliki kerjasama khusus selama beberapa tahun terakhir. Salah satu buah dari kerjasama itu adalah lahirnya Xiaomi Mi Mix 4 dan Mi Mix Fold 2. 

Berdasarkan laporan dari Counterpoint Research, diperkirakan pengiriman smartphone lipat global untuk tahun ini masih berada di angka 1 digit, sekitar 9 juta unit. Namun, jumlah ini telah meningkat sebanyak tiga kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2020 lalu, di mana Samsung adalah yang mendominasi dengan pangsa pasar lebih dari 88%. 

Pada tahun 2023, diyakini jumlahnya akan meningkat sampai dengan 10 kali lipat. Meskipun akan semakin banyak brand smartphone yang masuk dalam pasar smartphone lipat ini, Samsung masih akan menjadi yang dominan, dengan sekitar 75% pangsa pasar.

Apabila Apple benar-benar akan meluncurkan smartphone lipatnya pada tahun 2023, maka akan mengubah tidak hanya arus utama tetapi juga meningkatkan skala dan komponen untuk seluruh rantai pasokan.

Sementara itu, smartphone lipat seri Galaxy dari Samsung yang sangat dinantikan dan diharapkan akan membawa peningkatan besar dibandingkan pendahulunya. Dengan harga yang lebih murah, desain dan tampilan yang ditingkat, Samsung sepertinya mencoba menarget kalangan remaja untuk smartphone lipat Flip mereka berikutnya. 

Leave a Reply

Send this to a friend