Telegram Bakal Miliki Aplikasi Khusus Untuk Windows 11, Berbasis Unigram

Telegram Bakal Miliki Aplikasi Khusus Untuk Windows 11, Berbasis Unigram

NESABAMEDIA.COMTelegram nantinya berencana menawarkan dua aplikasi resmi kepada pengguna desktop PC, yakni Telegram Desktop dan Telegram macOS. Telegram Desktop adalah aplikasi yang dioptimasi untuk Windows dan Linux, sementara Telegram macOS yang dioptimalkan untuk perangkat dengan sistem operasi buatan Apple. 

Tampaknya, sekarang giliran Windows 11 yang lebih dulu mendapatkan aplikasi Telegram yang telah dioptimalkan tersebut, yang akan bisa beradaptasi dengan desain modern yang ada di sistem operasi tersebut. 

Berdasarkan pengumuman yang baru saja diterbitkan oleh perusahaan di saluran resmi Telegram Designer, mereka mengundang 30 pemenang kontes desain pada acara sebelumnya yang diselenggarakan oleh Telegram. Para undangan tersebut akan mengikuti tahap kedua dari kontes, yakni mendesain antarmuka untuk aplikasi asli Telegram di Windows 11. 

Kontes itu memiliki deadline sampai dengan tanggal 22 Januari nanti, di mana menjadi tanggal terakhir bagi para peserta untuk mengirimkan desain mockup, dan pemenangnya nanti akan mendapatkan hadiah sebesar $40 ribu. Namun yang paling menarik mengenai pengumuman tersebut adalah pada paragraf berikut:

“Misalnya adalah seperti apa tampilan Telegram asli di Windows 11 akan terlihat nantinya, anda bisa mencoba Unigram. Mungkin saja ide terbaik itu nantinya akan diterapkan pada aplikasi tersebut.”

Unigram sendiri merupakan satu dari sekian aplikasi pihak ketiga untuk Telegram, yang direkomendasikan oleh pihak Telegram. Itu adalah aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 10, yang telah terintegrasi dengan fitur “My People”. 

Kelebihan Unigram dibandingkan dengan aplikasi Telegram Desktop tidak hanya terletak pada desain yang estetik dengan tampilan keseluruhan sistem operasi. Ini adalah sesuatu yang tidak dimiliki oleh aplikasi resmi untuk multiplatform. Namun Unigram ini juga jauh lebih baik dalam penggunaan sumber daya, atau akselerasi grafis ketika menayangkan konten video maupun GIF. 

Dan kini, telah terungkap bahwa Telegram akan mempertimbangkan penggunaan Unigram sebagai dasar dari pengembangan aplikasi Telegram yang dioptimalkan untuk Windows 10 dan 11.

Sementara itu saat dimintai keterangannya, Fela Ameghino selaku pencipta Unigram mengaku sampai saat ini masih belum bisa membuat pernyataan apapun terkait hal ini. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend