Pindahkan Riwayat Percakapan Ke Telegram

Telegram Sediakan Fitur Memindahkan Percakapan Dari Whatsapp

NESABAMEDIA.COMTelegram mengumumkan dalam unggahan blog bahwa mereka telah menambahkan sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan riwayat percakapan dari aplikasi Whatsapp. Tak hanya Whatsapp, fitur itu juga bisa memindahkan percakapan individu ataupun grup dari aplikasi lainnya seperti Line hingga KakaoTalk. 

Pembaruan ini hadir setelah Telegram melihat besarnya peningkatan jumlah unduhan aplikasi mereka, karena para pengguna mulai berpindah ke platform percakapan itu. Kini, Telegram telah memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia. 

Lebih lanjut, Telegram mengatakan bahwa pada bulan Januari sendiri telah terjadi peningkatan jumlah pengguna baru sebanyak lebih dari 100 juta. Mereka mengklaim, para pengguna baru itu sedang mencari aplikasi yang lebih menghargai data pribadi dan kebebasan.

Seperti yang sudah diketahui, peningkatan pengguna baru Telegram sangat erat kaitannya dengan kebijakan kontroversial yang diterapkan oleh Whatsapp soal data pribadi pengguna. Whatsapp kemudian bahkan sampai menunda penerapan kebijakan baru itu dan menegaskan bahwa pihaknya tidak bisa mendengar atau membaca percakapan pengguna karena telah terenkripsi secara end-to-end. 

Bagi pengguna yang ingin melakukan pemindahan riwayat percakapan dari aplikasi Whatsapp ke Telegram, diharuskan telah terpasang aplikasi Telegram versi 7.4.1. Pemindahan ini bisa dilakukan baik di perangkat smartphone Android maupun iOS. 

Untuk perangkat iOS langkahnya adalah :

  • Buka Contact Info atau Group Info di aplikasi Whatsapp, ketuk Export Chat dan kemudian pilih Telegram di bagian menu berbagi. Tunggu prosesnya sampai selesai.

Untuk perangkat Android :

  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Ketuk tiga titik vertikal di bagian kanan atas
  • Pilih selanjutnya atau more
  • Pilih Export Chat
  • Pilih Telegram di menu berbagi yang tersedia
  • Tunggu hingga proses pemindahan selesai

Pengguna memiliki pilihan untuk memilih apakah mereka ingin memindahkan riwayat percakapan mereka dengan atau tanpa file media. Telegram menambahkan bahwa dengan memindahkan riwayat percakapan, hal tersebut tidak memakan kapasitas penyimpanan. 

“Aplikasi lama memungkinkan untuk menyimpan data pengguna di dalam perangkat, namun Telegram bisa membuatnya secara virtual sehingga tidak memakan ruang penyimpanan dan pengguna bisa mengakses semua pesan, foto dan video kapanpun mereka membutuhkannya,” kata pihak Telegram. 

Pesan yang telah dipindahkan dari aplikasi lain, akan mendapatkan label “imported” sesuai dengan aplikasi asalnya. Dengan hadirnya fitur utama ini, Telegram telah membuat pengguna semakin mudah untuk berpindah dari Whatsapp ke platformnya.  

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend