Xiaomi Daftarkan Paten Teknologi Kamera Smartphone Yang Bisa Dilepas

Xiaomi Patenkan Desain Kamera Smartphone Yang Bisa Dilepas

NESABAMEDIA.COMXiaomi selama ini memang dikenal dengan paten-paten teknologi dan desainnya yang aneh untuk perangkat smartphone. Kali ini, Xiaomi kembali mencoba menghadirkan desain yang berbeda untuk menerapkan kamera baru di smartphone mereka. Sebelumnya, Xiaomi telah menguji coba teknologi kamera yang bisa muncul dengan kaca reflektifnya. Kini, Xiaomi akan menghadirkan kamera smartphone yang bisa dilepas. 

Berdasarkan laporan dari World Intellectual Property Organization (WIPO), paten Xiaomi itu menampilkan sebuah smartphone dengan layar penuh di bagian depan, tanpa terlihat adanya modul kamera. Rupanya, kamera itu dijadikan dalam modul kamera yang bisa dilepas. 

Teknologi Kamera Lepas Xiaomi

Teknologi Kamera Lepas Xiaomi

Lebih tepatnya, layout yang ada itu kemungkinan memiliki beberapa sensor kamera di dalamnya. Sebuah potongan gambar juga menunjukkan bagaimana smartphone itu nantinya jika kamera telah dilepas. Terlihat sepasang attachment di bagian atas smartphone menunjukkan bagaimana mungkin kamera itu dilepas-pasangkan, dan kameranya bisa diubah dari kamera belakang menjadi kamera selfie. 

Teknologi Kamera Lepas Xiaomi 2

Teknologi Kamera Lepas Xiaomi 2

Meski belum diketahui bukti yang lebih tepat bagaimana modul kamera itu bekerja, namun ada kemungkinan jika Xiaomi akan memanfaatkan magnet. 

Layout dari kamera itu terdiri dari dua buah modul. Modul pertama berbentuk seperti pil yang menampung dua kamera, sementara satunya berbentuk melingkar yang berisi empat sensor kamera. Namun gambar penuh dari modul melingkar itu masih belum tersedia. 

Sayangnya, seperti kebanyakan paten yang telah diajukan dan dikembangkan, hanya sebagian kecil yang kemudian berhasil diwujudkan dan diterapkan smartphone untuk dijual ke pasaran. Kebanyakan hanya menjadi gambaran dan rencana, dan tidak benar-benar berakhir ke proses produksi massal. 

Sejauh ini, teknologi baru dari Xiaomi yang mendekati kehadirannya adalah smartphone lipat Xiaomi yang rencananya akan dirilis pada tahun 2021 ini. Sudah banyak bocoran gambar dari smartphone lipat itu yang muncul di internet. 

Teknologi kamera yang bisa dilepas yang dipatenkan oleh Xiaomi ini, bukanlah teknologi pertama yang pernah dikembangkan. Pada bulan Desember yang lalu, OPPO juga mengungkap bahwa mereka tengah mengembangkan sebuah teknologi kamera smartphone yang juga bisa dilepas dan dipasang kembali.

Leave a Reply

Send this to a friend