Terungkap! Inilah Suara Wanita Dibalik Personal Assistant Milik Iphone

Bagi kamu pengguna Iphone pasti tidak asing lagi dengan suara Personal Assistant Iphone yang biasa disebut Siri ini. “What Can I Help You With ?” Begitu sapaan ramah dari Siri ketika kamu pertama kali membuka fitur Personal Assistant Siri tersebut.

Handphone Iphone yang mendukung fitur Siri ini lumayan cukup banyak, sejak dari kemunculan Iphone 4S fitur ini sudah dapat dinikmati oleh para pengguna setia Iphone. Dengan kehadiran fitur Siri ini, kamu seperti memiliki yang namanya asisten pribadi.

Kamu dapat memanfaatkan fitur Personal Assistant Siri ini untuk berbagai macam hal yaitu, mengatur jadwal dan membatalkan jadwal pertemuan kamu dihari itu juga.

Kamu cukup mengatakan “Apa janji saya hari ini ?” maka Siri pun akan menjawab seperti yang tertera pada jadwal pertemuan kamu, jika kamu ingin membatalkannya kamu hanya perlu mengatakan “Batalkan janji pertemuan saya hari ini di jam 09:00”. Maka Siri pun akan melakukan sesuatu yang kamu suruh.

Tidak hanya itu banyak lagi yang bisa dimanfaatkan dari fitur Siri. Dan Siri juga terbukti sudah bisa diajak berinteraksi diluar percakapan formal, contohnya yaitu ia sudah bisa diajak untuk bercakap-cakap dengan topik yang konyol untuk kamu bisa menghibur diri. Sangat efektif sekali, bukan ?

Tapi tahukah kamu wanita dibalik suara Siri yang terkesan sangat kaku dan terdengar seperti suara robot tersebut ? Atau beberapa dari kamu percaya bahwasanya suara yang dihasilkan oleh Siri tersebut merupakan hasil kecerdasan buatan ?

Susan Bennett

Image : Jacaranda FM

Suara Siri tersebut bukanlah suara yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan. Susan Bennett, wanita kelahiran tahun 1949 ini adalah merupakan wanita dibalik suara Siri tersebut.

Bennet terdaftar di Pembroke College pada tahun 1967 dan lulus pada tahun 1971 dari Brown University setelah dua sekolah tersebut bergabung. Dan di Brown University ia memfokuskan studinya pada bidang klasik dan berniat untuk menjadi guru. Bennett juga merupakan seorang penyanyi dengan grup acappella.

Bennett adalah seorang voice talent dari agensi GM Voices, ia mengisi suara di aplikasi Personal Assistant Siri original yang waktu itu pertama kali muncul pada Iphone 4S. Sejak saat itu pula ia telah menyapa jutaan pengguna setia gadget keluaran Apple tersebut di seluruh dunia.

Wanita yang sekarang ini berusia 69 tahun itu pernah bercerita mengenai bagaimana dirinya bisa menjadi menyuarakan Personal Assistant Siri. Pada saat itu tahun 2005 sebelum fitur Siri tersebut belum muncul, perusahaan software yang bernama ScanSoft sedang mencari seorang pengisi suara untuk sebuah proyek yang sedang mereka kerjakan.

Dan setelah mencari-cari, kemudian ScanSoft bertemu dengan Bennett yang waktu itu memang telah tergabung disebuah agensi yang bernama GM Voices.

Akhirnya Bennett bekerjasama dengan perusahaan ScanSoft tersebut untuk menjadi pengisi suara di beberapa program mereka. Tetapi, pada saat itu Bennett tidak mengetahui untuk software atau perangkat apa suaranya akan digunakan.

Iphone 4S Siri

Image : arabpress.au

Dan pada tahun 2011, Apple merilis Iphone 4S yang saat itu sangat booming sekali dengan teknologi terbarunya yakni, Siri. Dari teknologi tersebut akhirnya Bennett menyadari bahwa suara yang dikeluarkan oleh Siri tersebut adalah merupakan suaranya yang direkam pada tahun 2005 silam.

Bennett juga mengakui banyak teman-temannya yang mengiriminya email dengan pertanyaan apakah suara dibalik Siri tersebut adalah suaranya. Pada saat itu Bennett yang tidak menggunakan Iphone 4S pun mengecek di situs Apple,  dan ketika Bennett mendengarkan suara tersebut ia langsung sadar dan memberitahukan kepada teman-temannya bahwa suara tersebut memang suara dirinya.

Sebelumnya Bennett pun telah berkecimpung di dunia pengisi suara . Wanita pengisi suara ini tinggal di Atlanta, Amerika Serikat dan ia telah mendalami bidang ini selama 40 tahun lamanya.

Karir Bennett dimulai ketika pada tahun 1974 ia dicatat sebagai suara First National Bank of Atlanta “Tillie the All-Time Teller”. Ia juga mencatat pesan untuk sistem alamat publik di semua terminal Delta Air Lines yang ada di seluruh dunia, serta ia juga pernah menyuarakan perangkat lunak dari e-learning, navigasi pada GPS maupun sistem telepon.

Suara Bennett juga telah banyak digunakan untuk berbagai iklan-iklan yang ditayangkan di televisi local maupun televise nasional seperti iklan Fisher-Price, Coca-Cola, Ford, The Home Depot, McDonald’s, Macy’s, Club Med, Visa, Googyear, Hot Pockets  Cartoon Network, dan lain-lain.

Bennett recording

Image : valutrader

Setelah dua tahun sejak debut pertama kali teknologi Siri ini, Bennett memilih untuk menyembunyikan fakta kontribusinya di teknologi tersebut, karena memang biasa baginya tidak dikenal sebagai pengisi suara.

Tetapi sebuah video muncul di internet yang malah menimbulkan salah kaprah tentang ‘identitas sebenarnya’ dari teknologi Siri. Maka dari itu, Bennett memilih untuk memutuskan untuk mengklarifikasi semuanya.

Bennett juga pernah mengatakan bahwa ia harus menimbang-nimbang juga tak yakin dengan aspek legalitasnya. Tapi belakangan pada saat itu banyak orang yang seperti ingin mengetahui sosok siapa wanita dibalik suara Siri tersebut.

Maka dari itu ia berpikir sudah saatnya untuk berbicara bahwasanya ia merupakan wanita dibalik suara Siri.

Saat mendengar pengakuan Bennett, Apple menolak untuk berkomentar. Tetapi seorang pakar forensic audio yang bernama Ed Primeau menyatakan bahwasanya Bennett memang benar merupakan wanita dibalik suara Siri. Ed Primeau juga menambahkan bahwasanya suara Siri dan Bennett 100 persen cocok.

Sekarang, setelah sejumlah update dalam system operasi pada IOS, kiprah Bennet dilanjutkan oleh beberapa pengisi suara baru. Namun, tetaplah suara Bennet dalam teknologi Personal Assistant Siri itu menjadi ikonik dan tidak akan bisa dilupakan oleh para pengguna IOS.

 

Leave a Reply

Send this to a friend