• Our Partners:

Twitter Blue Verified

Twitter, Kemungkinan akan Kehilangan Kredibilitasnya?

Twitter tahun ini memang mendapatkan banyak ujian melalui perseteruan mereka dengan Elon Musk, kemudian berlanjut dengan tetap merilis fitur baru yang cukup menarik. Namun tidak lama, Elon datang dan membawa banyak perubahan yang kontroversial, Kamis (10/11).

Baru-baru ini, Elon Musk kembali lagi dengan membawa pengumuman penting bagi pengguna Twitter, di mana mereka sedang mempersiapkan perilisan dari pembaruan terbaru yang akan mulai memberikan layanan berbayar.

Layanan berbayar ini akan pertama kali dirilis untuk mereka pengguna iOS, minggu lalu ada beberapa pengguna yang membagikan pengalaman mereka yang mana telah mendapatkan uji coba dari Twitter. Twitter dengan jelas menuliskan bahwa mereka akan mulai memberlakukan layanan berbayar.

Layanan berbayar Twitter ini nantinya akan termasuk ke dalam fitur Twitter Blue (Twitter Premium), yang mana memungkinkan pengguna untuk membayar dan berlangganan yang akan berlaku sebulan penuh.

Ada pun fitur unggulan lainnya yang didapatkan oleh pengguna Twitter Blue ialah menuliskan karakter atau cuitan di Twitter dengan tanpa batasan karakter, kemudian yang paling menarik ialah mendapatkan centang biru di akun mereka.

Centang biru merupakan sebuah verifikasi, bahkan seseorang yang menggunakan akun tersebut ialah seorang aktivis, tokoh politik, selebriti, perusahaan hingga akun pemerintahan. Ini akan memberikan nilai lebih bahwa kredibilitas seseorang diakui oleh platform.

Namun, bagaimana jika kredibilitas ini bisa dibeli? Pasalnya, dengan hanya perlu berlangganan senilai $7,99 USD atau setara dengan Rp 124.000,00 saja pengguna Twitter Blue di luar dari kategori di atas tadi bisa mendapatkan centang biru, terlepas dari mereka hanya orang biasa.

Mengenai hal ini, sebenarnya Twitter sendiri telah memberikan keterangan lebih lanjut untuk pengguna dalam membedakan mana akun centang biru berbayar dan mana yang memang diberikan oleh Twitter.

Tom Warren membagikan tangkapan layar miliknya, yang mengatakan bahwa pengguna Twitter dapat membedakan mana centang biru karena berbayar dan mana centang biru karena diberikan dan diakui langsung oleh Twitter (selebriti, tokoh politik, perusahaan).

Twitter akan menuliskan bahwa pengguna yang mendapatkan centang biru karena berbayar ialah orang yang berlangganan Twitter Blue. Sedangkan pengguna yang mendapatkan centang biru di kategori lainnya ialah seorang yang telah memiliki kontribusi dan dikenal oleh banyak orang.

Mengenai masa depan Twitter, tentu publik tidak begitu peduli dengan rincian kecil ini, kemungkinan besar centang biru di Twitter sudah tidak terlalu penting di masa depan.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend