Valve Terbuka Jika Microsoft Bawa PC Game Pass ke Steam

Valve Terbuka Jika Microsoft Bawa PC Game Pass ke Steam

NESABAMEDIA.COMCEO Valve Gabe Newell mengaku pihaknya sangat terbuka apabila Microsoft merilis layanan PC Game Pass mereka ke Steam. Dalam sebuah wawancara, Newell mengatakan Valve tidak memiliki rencana untuk membuat tandingan dari Xbox Game Pass, namun dirinya akan senang bekerja bareng Microsoft untuk membawa PC Game Pass ke Steam. 

“Saya ini bukanlah sesuatu yang akan kami lakukan sendiri, membangun sebuah layanan berlangganan saat ini. Namun pelanggan mereka jelas-jelas adalah opsi yang populer, dan kami akan sangat senang untuk bekerja dengan mereka di Steam,” kata Gabe Newell. 

Microsoft dan Valve memang pernah melakukan diskusi untuk membawa layanan tersebut ke Steam, namun ini masih sangat awal dan mungkin saja tidak akan pernah terjadi. 

“Kami telah berbicara dengan orang-orang di Microsoft mengenai topik ini. Jika pelanggan kalian menginginkannya, maka sebaiknya kalian berpikir bagaimana cara untuk mewujudkannya. Di situlah kami akan ada,” tambah Newell.

Salah satu hambatan dalam hal ini kemungkinan besar salah satunya adalah potongan 30% yang dikenakan Valve untuk setiap penjualan produk melalui Steam. Valve menguranginya menjadi 20% untuk penjualan setelah nominal $50 juta, tetapi tidak jelas bagaimana memperlakukan layanan berlangganan seperti PC Game Pass.

EA Play juga telah diluncurkan di Steam sejak tahun 2020 lalu, namun ini hanyalah layanan dasar yang tersedia, sementara EA Play Pro masih eksklusif untuk launcher EA Origin. 

Microsoft sejauh ini tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka bersedia membawa PC Game Pass ke Steam. Mereka memang telah mulai mendistribusikan lebih banyak judul Xbox Game melalui Steam pada tahun 2019, namun layanan itu tetap eksklusif untuk Microsoft Store dan PC Windows 10 atau 11. Itu berarti jika anda membeli Steam Deck baru, anda tidak dapat mengakses PC Game Pass di Linux yang sudah terpasang sebelumnya. 

Microsoft juga berupaya untuk mendongkrak kinerja layanan gaming mereka pada tahun lalu, dengan mengurangi pemotongan Microsoft Store menjadi hanya 12%. Steam masih mendominasi game PC, dan Microsoft mengatakan terbuka untuk Steam agar bisa menjadi bagian dari toko aplikasi Windows 11 yang baru. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend