HarmonyOS 2,0 Buatan Huawei

Versi Beta HarmonyOS 2.0 Buatan Huawei Akan Dirilis 18 Desember

NESABAMEDIA.COMDalam gelaran Huawei Developers Conference (HDC2020) yang digelar pada September lalu, perusahaan teknologi asal Cina itu mengumumkan sistem operasi buatan mereka yang baru. HarmonyOS 2.0 ditujukan sebagai sistem operasi untuk segala kondisi dan disebutkan akan dirilis dalam versi beta sekitar akhir tahun ini. 

Dr. Wang Chenglu, selaku Presiden Huawei menjelaskan bahwa progress pengembangan sistem operasi HarmonyOS 2.0 itu sangat lancar, penelitian dan pengembangan telah siap, dan jadwal perilisan diharapkan bisa terwujud pada bulan Desember, seperti yang telah direncanakan. 

Kemarin, salah satu staf dari Huawei melalui akun sosial medianya, @Chang’an kembali mengutip perkataan Wang Chenglu, dan memastikan bahwa tanggal perilisan itu adalah tanggal 18 Desember. Namun pengguna smartphone Huawei baru bisa melakukan pembaruan sistem operasi ke versi baru itu pada bulan Januari atau setidaknya bulan Februari tahun depan. 

Setelah selama beberapa bulan dihabiskan untuk masalah verifikasi, pembaruan secara menyeluruh itu akan dirilis. Namun, Wang Chenglu menjelaskan jika hampir 90 persen perangkat Huawei yang ada di pasaran saat ini, bisa mendapatkan pembaruan sistem operasi HarmonyOS 2.0 tersebut.

Dalam Huawei Developers Conference itu pihak perusahaan juga menginformasikan roadmap atau langkah perencanaan yang akan dilakukan dengan sistem operasi HarmonyOS 2.0. Pada tanggal 10 September akan melakukan open-source untuk memori internal perangkat dengan ukuran sekitar 128KB-128MB. 

Kemudian untuk tahun depan akan dilanjutkan kembali pada bulan April 2021, dengan melakukan open-source memori internal perangkat berukuran 128MB-4GB. Kemudian pada bulan Oktober 2021 tahun depan, akan melakukan open-source untuk seluruh perangkat dengan ukuran 4G ke atas.

Adapun perangkat Huawei yang akan bisa mendapatkan sistem operasi untuk pertama kali adalah smartphone yang menggunakan chipset Kirin 9000. Berikut model-model smartphone yang dimaksud :

  • Huawei Mate 40 Series
  • Huawei Mate 30 / Mate 30 Pro
  • Huawei Mate 20 / Mate 20 Pro
  • Huawei P30 / P30 Pro
  • Huawei P40 / P40 Pro / P40 Plus
  • Honor 20 / 20 Pro / View 20
  • Honor View 30 / 30 Pro

Sebenarnya pengembangan soal sistem operasi buatan sendiri yang dilakukan Huawei, telah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Pemblokiran dan sanksi dagang yang dilakukan Amerika dan negara lain, membuat perusahaan semakin memicu proses pengembangan. Dengan demikian, Huawei akan mengganti Android dan EMU 11 dengan sistem operasi buatan sendiri.

Leave a Reply

Send this to a friend