Warna Layar BSOD di Windows 11 Kembali ke Warna Biru

Warna Layar BSOD di Windows 11 Kembali ke Warna Biru

Microsoft sepertinya melakukan ‘putar balik’ terkait keputusannya untuk mengubah warna dari layar error mereka yang fenomenal, dari warna biru ke hitam di Windows 11.

Layar error Blue Screen of Death (BSOD) ini adalah hal yang paling tidak diinginkan oleh pengguna Windows, sejak itu pertama kali diperkenalkan pada Windows 3.0 di tahun 1990 silam. Error ini hanya akan muncul, ketika perangkat mengalami masalah serius dan membutuhkan restart, sehingga pengguna sangat membenci hadirnya error ini. 

Meskipun Microsoft telah beberapa kali melakukan perubahan pada tampilan BSOD untuk menambahkan informasi mengenai masalah untuk membantu pengguna memahami apa yang terjadi, warna dari layarnya tetap berwarna biru, mulai dari Windows 3.0 sampai dengan Windows 10. 

Namun, kembali ke bulan Juli lalu, tampaknya Microsoft ingin mengubah warna dari layar error yang ikonik itu dari warna biru ke hitam dengan dirilisnya Windows 11. Mungkin Microsoft ingin melakukan ini untuk membuat Windows 11 berbeda dari para pendahulunya, dan memberikan sistem operasi versi baru itu gaya yang lebih elegan. 

Meskipun Microsoft tidak pernah memberikan penjelasan yang jelas mengenai keputusannya untuk mengubah warna pada tampilan BSOD ke warna hitam, tampaknya perusahaan asal Redmond itu mengubah kembali pemikirannya. 

Mereka kedapatan mengubah kembali warna layar BSOD di versi Build Pratinjau Windows 11 yang ada di kanal Beta dan Pratinjau Rilis. Di akhir kalimat yang diposting dalam sebuah blog Microsoft, menjelaskan bahwa semua peningkatan di Windows 11 Build Pratinjau 22000.346, ada sebuah poin yang berbunyi: “Kami mengubah warna layar ke biru ketika perangkat berhenti bekerja atau mengalami error seperti yang ada di versi Windows sebelumnya”.

Meskipun, semoga saja anda tidak akan mengalami error sampai muncul BSOD, setidaknya jika anda mengalaminya, anda akan tahu bahwa masalah serius sedang terjadi karena warnanya kembali ke warna biru. 

Sekali lagi, Microsoft juga tidak memberikan informasi mengenai alasan mereka mengubah kembali warna layar BSOD di Windows 11 ini.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend