WhatsApp Bakal Kebanjiran Fitur Baru

NESABAMEDIA.COM – Penambahan fitur pada aplikasi WhatsApp adalah salah satu strategi untuk memikat lebih banyak pengguna. Berdasarkan kabar terbaru, WhatsApp akan menambahkan fitur in-chat search (pencarian pesan di dalam chat) berdasarkan tanggal yang disertai dengan beberapa fitur baru lain.

Bocoran fitur WhatsApp tersebut berasal dari WABetaInfo yang sudah menjadi pengamat setia WhatsApp sejak lama. Apa saja fitur-fitur yang akan datang tersebut?

Pencarian pesan chat berdasarkan tanggal

Dari gambar yang dibagikan oleh WABetaInfo, saat pengguna mengakses opsi pencarian di dalam chat, muncul sebuah icon kalendar yang letaknya tepat di atas keyboard. Begitu kalendar tersebut diklik, pengguna bisa memilih tanggal, bulan dan tahun untuk mencari chat yang berlangsung selama periode tersebut.

Perubahan desain pada bagian Storage Usage

Untuk memudahkan pengguna dalam membersihkan ruang penyimpanan, Storage Usage diberi opsi baru berupa Large Files dan Forwarded Files.

Large Files berfungsi untuk menampilkan semua file yang berukuran besar, sedangkan Forwarded Files untuk menampilkan semua file yang sudah pernah di-forward oleh pengguna.

Opsi baru dalam menghapus pesan

Pengguna akan lebih mudah dalam menghapus banyak pesan sekaligus. Salah satu fitur baru yang saat ini tengah diuji coba adalah fitur untuk menghapus semua pesan kecuali yang sudah ditandai oleh pengguna. Opsi baru ini ditempatkan bersama dengan opsi Delete All Messages yang juga akan muncul di dalam bagian Storage Usage.

Video player khusus untuk ShareChat

WhatsApp berencana untuk mendukung ShareChat dengan menyediakan video player dan PIP (picture in picture) sehingga video-video yang berasal dari platform tersebut bisa langsung ditonton di dalam WhatsApp. ShareChat itu sendiri merupakan platform sosial dari India untuk berbagi konten seperti video dan gambar.

Perubahan warna pada balon percakapan

Bubble chat (balon pesan atau balon percakapan) akan sedikit berubah warnanya pada saat pengguna mengaktifkan dark mode. Tidak diketahui pasti apa tujuannya. Hanya ada dugaan bahwa perubahan warna tersebut ditujukan agar teks di dalam balon percakapan bisa lebih jelas terbaca, tapi dari screenshot yang beredar justru kontras warna antara teks dengan balon relatif tidak sebagus sebelumnya.

Satu Akun WhatsApp Untuk Beberapa Perangkat

Selama ini, WhatsApp hanya memperbolehkan pengguna untuk login ke satu perangkat, tapi kondisi ini akan berubah karena kedepannya satu akun bisa digunakan untuk login di empat perangkat sekaligus.

Kedatangan fitur baru ini membantu pengguna yang punya lebih dari satu smartphone, dan untuk pengguna yang sering berpindah antara tablet dan smartphone. Sayangnya masih belum diketahui apakah fitur ini akan lintas platform atau tidak, jadi pengguna yang memiliki perangkat beda OS seperti iOS dan Android harus menunggu informasi lebih lanjut. [az/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend