Aplikasi untuk Ibu Hamil Android Terbaik dan Gratis

10 Aplikasi untuk Ibu Hamil Android Terbaik dan Gratis, Pilih yang Mana?

Masa kehamilan adalah masa yang istimewa bagi para wanita. Pada masa ini para ibu hamil diharapkan untuk lebih memperhatikan dan menjaga kesehatannya dan janinnya sebaik mungkin. Anda dapat memantau perkembangan janin Anda lewat smartphone.

Saat ini tersedia beragam aplikasi untuk ibu hamil yang menawarkan berbagai fitur menarik untuk menemani Anda melalui masa kehamilan. Berikut ini beberapa aplikasi untuk ibu hamil berbasis Android.

1. Amila Pregnancy

Pregnancy Week by Week

Amila Pregnancy merupakan aplikasi untuk ibu hamil yang dapat Anda peroleh secara gratis. Aplikasi ini sangat populer digunakan oleh ratusan ribu pengguna Android. Amila Pregnancy menawarkan fitur yang dapat melacak kehamilan Anda dari minggu ke minggu.

Selain itu, Anda juga dapat mengetahui informasi tentang janin Anda, menghitung minggu kehamilan hingga melacak tendangan janin. Tak hanya itu, aplikasi ini menyediakan fitur untuk membuat cacatan tentang gejala kehamilan dan juga melacak berat badan Anda.

2. BabyCenter

Pregnancy Tracker + Countdown to Baby Due Date

Jika Anda ingin menghitung kehamilan Anda, melihat perkembangannya dari hari ke hari bahkan minggu ke minggu, aplikasi BabyCenter ini mungkin bisa jadi opsi Anda. BabyCenter akan memberikan Anda tips kehamilan dan video perkembangan janin untuk setiap tahap kehamilan.

Dari aplikasi ini Anda akan diberikan informasi terkait apa saja yang dibutuhkan selama kehamilan Anda pada waktu tertentu melalui kalender kehamilan. Anda tidak perlu khawatir, segala informasi kesehatan yang diberikan oleh BabyCenter sebelumnya telah ditinjau dan disetujui oleh penasihat medis mereka.  Anda juga akan menerima berita kehamilan harian, ide makanan dan nutrisi, dan berbagai saran latihan kesehatan dan olahraga yang dapat Anda lakukan. Aplikasi BabyCenter juga menyediakan fitur pengingat dan pemeriksaan mingguan hingga tips mengatasi mual dan gejala kehamilan lainnya.

Baca Juga : 10 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android

Anda mungkin akan terhibur dengan Bumpie Photo Diary yang merupakan fitur untuk membuat video kehamilan yang berisi kumpulan foto perkembangan perut hamil Anda dari minggu ke minggu. Terdapat fitur-fitur menarik lainnya seperti penghitung tendangan bati, pengatur waktu kontraksi, dan pencari nama bayi. Pada aplikasi BabyCenter pun tersedia fitur tahun pertama bayi yang dapat memudahkan dan memandu Anda untuk mengontrol pertumbuhan bayi di tahun pertamanya.

3. Pregnancy +

Pregnancy +

Pregnancy + merupakan aplikasi untuk ibu hamil berikutnya yang populer dengan suguhan model 3D interaktif yang menampilkan perkembangan dan pertumbuhan janin Anda. Aplikasi ini akan memperlihatkan visualisasi ukuran janin yang disertai dengan panduan kehamilan untuk minggu ke minggu. Pregnancy + ini juga menyediakan fitur pelacak kehamilan yang dipersonalisasi hingga orang-orang terdekat Anda juga dapat mengetahui perkembangan kehamilan Anda.

Melalui aplikasi ini Anda akan memperoleh informasi kehamilan harian baik itu olahraga, makanan , dan gaya hidup yang disarankan bagi calon ibu. Terdapat pula fitur penghitung tendangan dan kontraksi, serta kalender kehamilan. Anda pun dapat mengunggah foto perut hamil Anda di buku harian kehamilan yang disediakan oleh Pregnancy +.

4. Ovia Pregnancy

aplikasi untuk ibu hamil Android gratis

Seperti aplikasi untuk ibu hamil lainnya, Ovia Pregnancy juga menawarkan banyak fitur menarik. Di antaranya adalah visualisasi perkembangan janin secara realistis dari minggu ke minggu hingga perbandingan ukuran tangan dan kaki janin dengan perkiraan ukuran saat mereka lahir. Aplikasi ini juga menyediakan daftar nama bayi yang dapat menjadi referensi untuk nama bayi Anda nantinya.

Ovia Pregnancy juga menyediakan kalkulator kehamilan yang berguna untuk menghitung masa kelahiran bayi. Anda juga akan disuguhkan artikel harian dan alat pencarian untuk mencari lebh jauh tentang gejala, makanan dan perawatan saat hamil. Aplikasi ini menyediakan pelacak kesehatan terkait gejala, suasana hati, tidur, aktivitas, berat badan, tekanan darah, dan nutrisi. Tak kentinggalan fitur berupa alat penghitung kontraksi dan kalender kehamilan.

5. theAsianParent

theAsianParent: Baby Care & Pregnancy Development

theAsianParent menawarkan fitur pelacak dari masa kehamilan sampai kelahiran hingga anak Anda berusia 7 tahun.  Khusus ibu hamil, segala perkembangan kehamilan dapat Anda abadikan pada kalender kehamilan yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

theAsianParent menyediakan berbagai tips makanan yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Beberapa fitur lainnya tersedia untuk Anda yang telah melewati masa kehamilan. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam mengasuh bayi Anda dalam tumbuh kembangnya.

6. Pregnancy & Baby Tracker

Pregnancy & Baby Tracker

Pregnancy & Baby Tracker akan memanjakan Anda dengan ribuan artikel seputar kehamilan yang mereka miliki. Berbagai jenis artikel seperti kiat harian, berita kesehatan terkini hingga pengalaman dari para orang tua dapat membuat Anda kaya akan informasi. Anda juga akan diberikan informasi mengenai perkembangan kehamilan dari minggu ke minggu hingga mencari tau apa saja yang Anda butuhkan.

Rekomendasi beberapa produk terbaik untuk bayi dapat Anda peroleh dari Pregnancy & Baby Tracker. Aplikasi ini sangat memungkinkan Anda untuk menemukan jawaban yang akurat seputar pertanyaan kehamilan Anda.

Baca Juga : 10 Aplikasi Antivirus Android Terbaik Untuk Menangkal Virus

Tak hanya itu, Pregnancy & Baby Tracker juga dilengkapi dengan panduan pemeriksaan untuk memastikan kesehatan kehamilan Anda, di mana kontennta akan terus menerus ditinjau oleh Dewan Pemeriksaan Medis dan pakar kesehatan kehamilan dan anak.

7. Pregnancy Tracker: Baby Due Date Calculator

aplikasi untuk ibu hamil Android terbaik

Tidak jauh berbeda dari aplikasi untuk ibu hamil lainnya, Pragnancy Tracker juga menyediakan fitur pelacak kehamilan yang dapat menghitung minggu kehamilan Anda.

Anda akan memperoleh informasi setiap minggunya mengenai ukuran janin dan perubahan tubuh Anda. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menargetkan berat badan ideal Anda saat kehamilan yang tentunya berdasarkan panduan klinis. Anda dapat melacak tendangan bayi di perut Anda sekaligus kontraksi yang terjadi.

Tersedia fitur untuk mencatat gejala yang terjadi saat kehamilan untuk memudahkan Anda mengingatnsaat melakukan pemeriksaan. Dengan Pregnancy Tracker, Anda juga dapat berbagi informasi ke beberapa platform media sosial Anda.

8. 280days: Pregnancy Diary

280days Pregnancy Diary

Pregnancy Diary menawarkan Anda untuk mengabadikan momen kehamilan setiap harinya dalam bentuk catatan yang dapat Anda bagikan kepada pasangan Anda.

Tak hanya diary, aplikasi ini menyediakan visualisasi bayi saat masa kehamilan Anda dengan ilustrasi yang lucu. Ilustrasi tersebut pun dapat bergerak dan berubah sekaligus memberikan informasi tentang perkembangan kehamilan Anda. Melalui Pregnancy Diary, Anda juga dapat merekam kondisi fisik dan hasil pemeriksaan medis Anda dan menyimpan foto-foto kenangan kehamilan ataupun momen saat Anda bersalin.

Tersedia berbagai rekomendasi serta saran setiap minggunya yang membantu Anda dan pasangan untuk tahu dan belajar terkait perkembangan janin dan kondisi ibu hamil. Tak ketinggalan beberapa fungsi yang mendukung kehamilan seperti perhitungan waktu kehamilan dan grafik perkembangan berat badan.

9. Week by Week Pregnancy App. Contraction timer

Week by Week Pregnancy App. Contraction timer

Week by Week Pregnancy App. Contraction timer adalah aplikasi pelacak kehamilan yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Melalui aplikasi ini Anda akan memperoleh deskripsi perkembangan janin Anda setiap saat, hal-hal yang perlu diperhatikan setiap minggu perkembangan kehamilan Anda, tes pengetahuan persalinan untuk menguji seberapa siap Anda untuk menghadapainya, dan diet kehamilan.

Aplikasi ini juga menyediakan berbagai daftar tentang persiapan menjelang kelahiran dan apa yang harus dilakukan sebelumnya. Week by week Pregnancy akan mempermudah Anda untuk menghitung usia kehamilan Anda.

10. Teman Bumil

aplikasi untuk ibu hamil Android

Bagi Anda yang terkendala menggunakan beberapa aplikasi sebelumnya yang berbasis bahasa Inggris, aplikasi Teman Bumil hadir memberi solusinya. Aplikasi ini dikembangkan sesuai dengan budaya dan kondisi di Indonesia.

Fitur-fitur yang disediakan di aplikasi ini juga tak kalah dengan aplikasi lainnya. Teman Bumil memiliki beragam fitur andalan yang menarik sekaligus bermanfaat.

Di antaranya fitur checklist (yang akan memberikan daftar apa saja yang harus Anda lakukan selama kehamilan), fitur agenda (yang bertugas menyimpan catatan dan mengingatkan Anda tentang agenda kegiatan tertentu), fitur janin 360 (visualisasi janin di kandungan Anda beserta dengan perkembangan organnya), dan fitur record mum&janin (yang dapat menerima data hasil konsultasi ke dokter setiap bulannya).

Lebih menarik lagi, Teman Bumil akan membuatkan album dari semua foto yang Anda kumpulkan semasa kehamilan. Tak ketinggalan beberapa artikel dan informasi lainnya berbahasa Indonesia yang menarik dan terpercaya. Aplikasi ini akan menjadi asisten Anda untuk mengingatkan makan, menjaga kondisi tubuh Anda, dan memantau kesehatan Anda dan janin Anda secara rutin.

Bagaimana, Mom? Apakah Anda telah menemukan aplikasi pilihan Anda? Semoga dengan fitur-fitur aplikasi di atas membantu dan bermanfaat bagi masa kehamilan Anda, ya.

Leave a Reply

Send this to a friend