10+ Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android yang Wajib Anda Ketahui

Di era millenial ini, salah satu aspek yang perlu diperhatikan ketika membeli sebuah smartphone adalah fitur kamera yang dimilikinya. Tak cukup hanya dengan fitur yang sudah tertanam dalam sistem operasi smartphone, terkadang banyak juga pengguna yang akhirnya memerlukan sebuah aplikasi demi mendapatkan foto yang lebih sempurna dan terlihat instagrammable.

Pernah merasa kebingungan untuk memilih aplikasi kamera terbaik untuk smartphone yang Anda miliki? Di bawah ini akan disajikan 10 aplikasi kamera terbaik yang bisa diunduh secara gratis melalui smartphone Anda.

10 Aplikasi Kamera Terbaik

Logo YouCam Perfect1. YouCam Perfect

DOWNLOAD APLIKASI

Aplikasi yang satu ini merupakan rancangan dari Cyber Link yang kemudian didistribusikan oleh Perfect Corp. YouCam Perfect memiliki beberapa fitur yang cocok bagi Anda yang suka mengambil foto sekaligus mengeditnya langsung. Fitur-fitur tersebut adalah :

  • Real-time beautifying: fitur yang dapat menyesuaikan efek yang dipakai setiap kali sebuah foto diambil, sehingga dalam sekali klik foto bisa terlihat sempurna.
  • Multi-face editor: jika ada lebih dari satu orang dalam sebuah foto, YouCam Perfect dapat mengedit keseluruhan wajah yang ada secara simultan.
  • Eye Enhancer: mata akan terlihat lebih besar dan kantung mata pun bisa disamarkan.
Aplikasi Kamera Terbaik

Tampilan aplikasi YouCam Perfect

Logo Retrica2. Retrica

DOWNLOAD APLIKASI

Retrica sendiri sebetulnya diambil dari kata ‘retro’, yang memang sengaja dipakai, sebab filter yang dimiliki aplikasi ini akan membuat pengguna merasa foto yang diambilnya seperti layaknya foto-foto retro zaman dahulu di tahun 1970an. Aplikasi yang satu ini cocok juga untuk Anda yang memiliki tema retro untuk akun instagram pribadi.

Baca juga: 10+ Aplikasi Edit Foto Terbaik

Beberapa kelebihan Retrica antara lain dipenuhi dengan banyak pilihan filter, juga kemampuannya untuk mengambil beberapa gambar sekaligus (multi-shot), dan bisa mengambil sekaligus mengedit file video. Walau begitu, beberapa pengguna mengalami masalah adanya noise ketika video diambil dari iPhone.

Aplikasi Kamera Terbaik

Tampilan aplikasi Retrica

logo Camera FV-53. Camera FV-5

DOWNLOAD APLIKASI

Bisa dibilang, Camera FV-5 adalah aplikasi untuk merasakan cara memakai kamera manual melalui smartphone. Sebab dengan aplikasi ini, secara manual Anda dapat mengatur aspek-aspek fotografi, dari mulai exposure, white balance, ISO, hingga kecepatan shutter. Bagi Anda yang merasa aspek-aspek tersebut lebih baik diatur secara manual daripada otomatis, maka Camera FV-5 adalah pilihan aplikasi yang sangat tepat bagi Anda.

Tampilan Camera FV-5

Tampilan aplikasi Camera FV-5

Logo Candy Camera4. Candy Camera

DOWNLOAD APLIKASI

Candy Camera merupakan satu aplikasi gratis yang memiliki rating mencapai 4,3 pada Google Play. Dengan total pengunduh mencapai 50 juta pengguna, tentu aplikasi kamera yang satu ini cukup menjanjikan. Candy Camera dilengkapi dengan 30 jenis efek filter, juga memfasilitasi siapapun untuk mempercantik fotonya dengan cara memutihkan gigi, menambahkan editing makeup, penghilangan jerawat, dan efek penirus pipi.

Tampilan Candy Camera

Tampilan aplikasi Candy Camera

Logo Camera Zoom FX5. Camera Zoom FX

DOWNLOAD APLIKASI

Camera Zoom FX menyediakan berbagai macam efek yang otomatis langsung bisa diaplikasikan di waktu yang sama saat Anda memencet tombol shutter. Bahkan, jika dirasa filter yang ada kurang memuaskan, Anda pun masih bisa menambah filter tambahan dari Google Play.

Untuk mendukung hasil foto dengan proporsi yang lebih baik, aplikasi ini juga menyediakan gridline demi membantu pengguna mendapatkan foto yang lebih kreatif dan profesional. Gridline yang tersedia adalah 3×3 persegi. Walau cukup menarik, namun satu kelemahan yang dimilikinya yakni ada sedikit jeda sebelum Anda bisa mengambil banyak foto, sehingga kurang cocok untuk Anda yang menyukai kecepatan dan aplikasi yang sederhana.

Aplikasi Kamera Terbaik

Tampilan aplikasi Camera Zoom FX

Logo Cymera6. Cymera

DOWNLOAD APLIKASI

Seperti halnya Candy Camera, Cymera merupakan sebuah aplikasi beauty camera untuk Anda yang senang mengambil gambar foto. Cymera memiliki banyak filter yang membuat sebuah foto lebih terlihat profesional, seperti misalnya filter Beauty, Moment, Vintage, Ice Cream, dan Selfie. Tak hanya itu, terdapat juga filter warna yang memungkinkan pengguna menghasilkan satu foto dengan sebagian tempat bernuansa hitam putih dan sebagian lainnya berwarna.

Baca juga: 10+ Aplikasi Keyboard Terbaik

Bagi Anda pecinta instagram dan ingin merapikan timeline, Cymera juga cocok Anda gunakan sebab memiliki fitur InstaFit untuk keperluan pengaturan foto di akun instagram.

Tampilan Cymera

Tampilan aplikasi Cymera

Logo B6127. B612

DOWNLOAD APLIKASI

Pecinta filter foto pasti pernah mencoba aplikasi kamera yang satu ini. Sebab tak tanggung-tanggung, ada sekitar 50 filter foto yang bisa dipilih dalam aplikasi B612. Cukup dengan beberapa swipe saja, Anda dapat melihat perubahan foto sebelum dan sesudah melalui proses filter.

Selain itu, aplikasi B612 sangat cocok bagi Anda yang sering merasa bimbang memilih foto mana yang bisa disebarkan melalui media sosial. Sebab terdapat fitur kolase (collage) yang memfasilitasi beberapa foto dijadikan satu. Anda dapat menggabungkan hingga 9 foto sekaligus dalam satu frame.

Tampilan B612

Tampilan aplikasi B612

Logo Camera MX8. Camera MX

DOWNLOAD APLIKASI

Sesuai dengan tagline-nya, Camera MX ditujukan bagi pengguna yang menginginkan gambar dengan resolusi tinggi, berbagai macam rasio, dan terlihat lebih tajam serta hidup. Kualitas gambar yang didapat nantinya setara dengan jenis file JPEG yang biasanya memang beresolusi tinggi. Selain itu, terdapat pula fitur pemotongan video tanpa menurunkan kualitas sebuah video. Bagi Anda yang suka membuat gambar bergerak (GIF), Camera MX juga bisa dimanfaatkan untuk hal ini.

Tampilan Camera MX

Tampilan aplikasi Camera MX

Logo Camera3609. Camera360

DOWNLOAD APLIKASI

Siapa yang tak kenal dengan Camera360? Pasalnya, aplikasi kamera ini sempat booming beberapa waktu silam sebab dapat secara ajaib mebuat foto pribadi menjadi lebih menarik dan kekinian. Dengan pengguna yang sudah mencapai 800 juta, Camera360 sempat dinobatkan sebagai aplikasi terbaik Google Play pada tahun 2016 di beberapa negara. Fitur-fiturnya mencakup:

  • Kamera foto dan beauty camera
  • Editor Foto Pro
  • Filter dan Efek kartun, Anime, dan sebagainya
  • Photo Collage & Grid
Aplikasi Kamera Terbaik

Tampilan aplikasi Camera360

Logo BeautyPlus10. BeautyPlus

DOWNLOAD APLIKASI

Menawarkan sebuah pengalaman mengedit foto yang sederhana, namun sangat mutakhir sebab dilengkapi dengan tools editing terbaru, efek artistik, bahkan filter augmented reality (AR). Pengambilan foto akan lebih menyenangkan dengan menggunakan BeautyPlus. Seperti namanya, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menghapus jerawat, membuat kulit terlihat halus, memutihkan gigi, mengedit warna mata, dan sebagainya.

Tampilan BeautyPlus

Tampilan aplikasi BeautyPlus

Demikianlah 10 macam aplikasi kamera terbaik untuk smartphone Anda. Memang saat ini rasanya foto tanpa filter kurang begitu menarik, sehingga muncullah beragam aplikasi yang menawarkan puluhan filter untuk membuat sebuah foto terlihat lebih baik. Dari 10 aplikasi tersebut, kalau Anda sendiri, sudah pernah coba yang mana?

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

2 Comments

Leave a Reply

Send this to a friend