Widget Cuaca Dihadirkan Kembali di Windows 11

Widget Cuaca Dihadirkan Kembali di Windows 11

NESABAMEDIA.COMWidget News and Interest yang ada di Taskbar Windows 10 dan juga sistem Widget yang ada di Windows 11 memang mirip, namun memiliki perbedaan dalam hal pengaksesan.

Di Windows 10 terdapat sebuah widget di Taskbar yang akan menampilkan beberapa item seperti cuaca, harga saham, dan berita yang sedang hangat, dan ini cukup berguna karena anda tidak harus membuka widget masing-masing. Namun di Windows 11, Taskbar-nya memiliki ikon widget, namun ini statis dan kurang menarik, sehingga jarang disadari keberadaannya oleh pengguna.

Microsoft sepertinya menyadari bahwa penggunaan widget di Windows 11 sangat sedikit ketimbang widget News and Interest yang ada di Windows 10, dan mereka pun kini mencoba mengembalikan widget yang ada di Windows 10 ke Windows 11. Dalam Build Insider Windows 11 terbaru 22518, mereka menuliskan sebagai berikut:

“Kami sedang mencoba memunculkan titik masuk Widgets di sebelah kiri Taskbar anda dengan konten cuaca real-time. Anda juga bisa membuka papan Widget ini dengan hanya mengarahkan mouse ke titik masuk tersebut.”

Ketimbang ditempatkan di tengah layar Taskbar, widget baru ini akan ditempatkan di tempat yang dulu menjadi lokasi Start Menu, yakni di pojok kiri bawah, yang bisa dipastikan nantinya akan menyebabkan banyak klik yang tidak disengaja. Sebab, pengguna akan mengira itu adalah Start Menu. 

Widget itu juga akan muncul ketika pengguna mengarahkan mouse, yang menjadi gangguan baru lagi seperti yang ada di Windows 10. Meski tentu saja, ada cara untuk mematikan fitur ini.

Meskipun banyak pengguna yang tidak setuju dengan adanya fitur semacam ini, namun tidak sedikit juga pengguna yang kini mulai menyukai widget News and Interest. Pasalnya, berita atau informasi yang ditampilkan di sana juga cukup berguna. Tentu, ini akan membantu situs berita MSN yang dimiliki Microsoft untuk bisa berkembang, menjadi salah satu situs distributor berita terbesar di dunia. 

Bagaimana dengan pendapat anda mengenai fitur News and Interest di Windows 10 dan membandingkannya dengan Widget yang ada di Windows 11?

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments