Windows 10 Akan Dapatkan Dukungan AAC Audio Bluetooth Di Pembaruan Utama Berikutnya

Windows 10 Akan Dapatkan Dukungan AAC Audio Bluetooth Di Pembaruan Utama Berikutnya

NESABAMEDIA.COMMicrosoft sedang berupaya menjadikan penggunaan teknologi Bluetooth bisa lebih mudah di perangkat Windows. Pembaruan utama Windows 10 berikutnya pada akhir tahun ini akan berisi sejumlah peningkatan pada audio.

Windows 10 akhirnya akan mendapatkan dukungan untuk Advanced Audio Coding (AAC) lewat Bluetooth, yang akan memberikan para pengguna Windows pilihan lebih banyak untuk perangkat headphone dan speaker Bluetooth. Para pengguna yang sudah bergabung dalam program Windows Insider, bisa mulai mengujinya saat ini.

Windows 10 selama ini hanya mendukung SBC dan AptX melalui Bluetooth, namun dukungan AAC yang akan dihadirkan itu akan membuka potensi kualitas audio yang lebih baik untuk sejumlah perangkat headphone buatan Apple melalui layanan iTunes atau Apple Music di Windows. 

Sebelumnya, pihak Apple juga telah secara khusus merekrut sejumlah teknisi untuk bisa membuat ‘generasi berikutnya dari aplikasi media untuk Windows’, dan dukungan AAC akan menjadi peningkatan yang cukup solid pada setiap aplikasi Apple Music atau streaming melalui browser.

Pihak Microsoft juga meningkatkan cara pengguna dalam memilih input perangkat Bluetooth di Windows 10, jadi tidak lagi akan dibingungkan dengan harus memilih jenis perangkat tertentu agar bisa digunakan. Windows selama bertahun-tahun telah mengekspos beberapa profil Bluetooth untuk headphone dan speaker, yang pada akhirnya justru membingungkan aplikasi yang mengira ada banyak perangkat yang terhubung. 

Tampilan Pengaturan Audio Bluetooth

Tampilan Pengaturan Audio Bluetooth

Windows dalam waktu dekat hanya akan menggunakan satu endpoint audio saja yang secara otomatis akan mengubah atau beralih ke profil Bluetooth yang benar, tergantung pada apakah pengguna medengarkan musik atau menerima panggilan.

Ini adalah perubahan yang ditunggu-tunggu dalam pengaturan audio di perangkat Windows, namun sebenarnya masih banyak yang bisa dilakukan Microsoft dalam sisi ini. 

Apapun itu, pembaruan utama Windows 10 berikutnya sepertinya memang akan menjadi pembaruan yang sangat penting yang akan membentuk Windows 10 ke depan. Beberapa waktu lalu, Microsoft mengungkap bahwa mereka telah menambahkan peningkatan dalam hal pengalaman menggunakan media, seperti adanya fitur auto HDR untuk game PC, ikon File Explorer yang baru dan bahkan aplikasi GUI Linux untuk pengembang.

Leave a Reply

Send this to a friend