Windows 10 Arm Tidak Lagi Bisa Gunakan Emulasi x64

Windows 10 Arm Tidak Lagi Bisa Gunakan Emulasi x64

Microsoft sebelumnya telah mengumumkan bahwa perangkat PC Windows 10 yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon Arm akan mendapatkan dukungan emulasi x64 pada bulan Oktober 2020 lalu, dan kemudian build di Windows Insider pun hadir tidak lama setelahnya. Namun kemarin, Microsoft memberikan kabar yang membuat mereka yang sebelumnya antusias akan hadirnya dukungan emulasi x64 itu, kecewa berat. 

Microsoft mengkonfirmasi bahwa dukungan emulasi tersebut tidak akan lagi ditawarkan di Windows 10 Insider Build Pratinjau di masa mendatang. 

“Emulasi x64 untuk Windows secara umum kini sudah tersedia di Windows 11. Bagi mereka yang tertarik untuk mendapatkan pengalaman ini, sebuah PC dengan Windows 11 Arm dibutuhkan,” kata Microsoft dalam sebuah unggahan postingan blog resminya. 

Sebagai informasi, emulasi x64 memungkinkan perangkat Arm Windows 10 untuk menjalankan aplikasi yang didesain sedemikian rupa untuk prosesor buatan Intel dan AMD dengan versi x86-64. Ada peningkatan kinerja dengan emulasi ini, tetapi hal ini sangat berharga bagi mereka yang memiliki akses ke daftar pustaka aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi populer seperti Adobe Creative Cloud Suite yang membutuhkan prosesor x86-64 agar bisa digunakan.

Kabar dari Microsoft ini benar-benar membuat pengguna yang selama ini menggunakan emulasi x64 dengan perangkat Windows 10 Arm. Dan ini semakin buruk lagi bagi mereka yang tidak tertarik untuk meningkatkan ke Windows 11. Namun, Microsoft tampak acuh dengan hal ini dan tetap meminta para pengguna dan pengembang untuk meningkatkan ke Windows 11 jika ingin menggunakan emulasi x64 tersebut. 

Sampai saat ini tidak diketahui alasan teknis mengapa Windows 10 tidak lagi bisa menggunakan emulasi x64 itu. Namun Microsoft memang tengah berfokus untuk menghadirkan Windows 11 ke lebih banyak pengguna secepat mungkin, dan ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengakselerasi strategi tersebut. 

Meski demikian, emulasi standar 32-bit x86 masih bisa digunakan di Windows 10 Arm, dan akan terus didukung hingga beberapa tahun ke depan. 

“Microsoft berkomitmen penuh untuk mendukung pelanggan di Windows 10 Arm sampai dengan tanggal 14 Oktober 2025,” pernyataan Microsoft dalam kesempatan yang berbeda.

Leave a Reply

Send this to a friend