• Our Partners:

Windows 10 Versi Arm Surface Pro X

Windows 10 Versi Arm Hadirkan Peningkatan Performa Tanpa Emulasi

NESABAMEDIA.COMDengan hadirnya kolaborasi Windows 10 dengan Arm Surface Pro X, Microsoft juga merilis versi native Arm64 untuk sejumlah aplikasi kolaborasi team mereka. Microsoft Teams menjadi salah satu aplikasi native Arm64 yang diumumkan dalam perilisan Surface Pro X bulan ini, bersamaan dengan versi Arm64 dari browser Edge dan Visual Studio Code (VS Code). Aplikasi yang telah dioptimasi tersebut diklaim menjadi jauh lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit baterai daripada aplikasi yang diemulasikan.

Aplikasi Teams versi Arm64 itu sendiri telah diumumkan peluncurannya oleh Senior Product Manager Microsoft Bill Weidenborner dalam sebuah postingan di LinkedIn. Sebelumnya pada gelaran Ignite 2020 Conference, statusnya masih coming soon. 

Karena telah dijadikan versi Arm64, maka aplikasi Teams versi baru ini akan berjalan di Surface Pro X tanpa adanya emulasi seperti yang dilakukan aplikasi x86 lainnya. Sejumlah pengguna pun menyebut bahwa performa yang dihasilkan jauh lebih lancar dan stabil dari versi sebelumnya. 

Tak lama setelah mengumumkan perilisan Surface Pro X, Microsoft kemudian mengumumkan juga bahwa Windows di Arm akan mampu menjalankan aplikasi x64 tanpa memerlukan emulator, yang dikabarkan akan hadir program Windows Insider pada bulan November mendatang. Namun masih belum jelas apakah Microsoft akan membuat emulator x64 secara umum tersedia di Windows 10 Arm.

Windows 10 versi Arm tentu saja akan secara native mendukung aplikasi Arm, termasuk aplikasi seperti Teams versi Arm64. Namun untuk saat ini hanya mendukung untuk aplikasi 32-bit Intel melalui emulasi. Sementara untuk versi 64 masih belum mendukung, karena tidak adanya emulasi x64.

Saat ini Microsoft juga tengah fokus untuk memastikan aplikasi yang sudah ada bisa berjalan di Windows 10 dan Microsoft 365 di Arm64 melalui program App Assure. Lebih lanjut,mereka pun bekerja sama dengan sejumlah nama besar seperti Samsung, HP, Acer, Lenovo dan Surface untuk menghadirkan Windows 10 di Arm dalam bentuk produk dan inovasi kepada para pelanggannya.

Sebagai informasi tambahan, Surface Pro X telah hadir dengan prosesor SQ2 yang didesain oleh Microsoft dan Qualcomm dengan harga sekitar Rp20 jutaan untuk Windows on Arm Home Edition.

Leave a Reply

Send this to a friend