• Our Partners:

Aplikasi Emulator Android di PC dan Laptop

10 Aplikasi Emulator Android di PC / Laptop Terbaik untuk Windows

Jika Anda seorang gamers khususnya game mobile, Anda pasti menginginkan performa yang sangat baik pada handphone Anda kan.

Jika Anda merasa handphone Anda sudah lemot saat bermain game pasti perasaan Anda akan kacau balau apalagi games yang Anda mainkan termasuk game – game Android terbaik seperti PUBG atau Mobile Legends.

Jenis game yang seperti itu pasti membutuhkan spesifikasi handphone yang sangat tinggi, tapi bagaimana jika handphone yang Anda miliki hanya mempunyai spesifikasi yang pas – pasan? Tenang saja, Anda tetap bisa memainkannya melalui PC / laptop.

10 Aplikasi Emulator Android di PC / Laptop

Anda bisa memainkan game mobile di PC / laptop menggunakan emulator Android. Anda tidak perlu khawatir dengan ukurannya yang besar, saat ini aplikasi emulator Android sudah banyak yang berukuran ringan dan spesifikasi RAM PC / laptop minimum hanya 1 GB saja.

Berikut ini 10 daftar aplikasi emulator Android di PC / laptop yang bisa Anda gunakan untuk memainkan game Android andalan Anda. Langsung saja, silahkan simak pembahasannya berikut ini.

1. Droid4X

Droid4X

Droid4X merupakan aplikasi emulator Android di PC / laptop yang sangat ringan dan sangat mudah digunakan. Aplikasi Droid4X ini dapat menjadi pilihan yang menarik bagi Anda yang membutuhkan emulator Android di PC / laptop.

Anda dapat menikmati berbagai macam aplikasi ataupun game Android kesukaan Anda, mulai dari kustomisasi hingga mapping tombol untuk memudahkan Anda bermain game.

Aplikasi Droid4X mempunyai kelebihan yang menjadikannya menarik yaitu dukungan add-ons. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk mengontrol game di PC / laptop dengan menggunakan smartphone Anda. Aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat ringat dan sudah diklaim dapat dijalankan pada spesifikasi PC / laptop yang tidak terlalu tinggi dengan pengaturan yang disesuaikan pastinya agar dapat berjalan secara maksimal.

2. Android-x86

Aplikasi Emulator Android di PC

Android-x86 merupakan aplikasi emulator Android yang berjalan sangat baik di PC / laptop. Sistem akan berjalan dengan sangat stabil mengingat resource dari hardware PC / laptop akan bekerja sepenuhnya untuk menjalankan sistem operasi Android tanpa mengganggu sistem lainnya yang berjalan.

Jika Anda ingin menginstal aplikasi game mobile kesayangan akan terasa sangat ringan jika menggunakan aplikasi Android-x86. Dan sang developer masih terus mengembangkan aplikasi Android-x86 dengan meningkatkan versi Android nya ke Pie sehingga masih sangta layak untuk digunakan pada tahun 2020 ini.

3. Genymotion

Genymotion

Genymotion merupakan aplikasi emulator Android yang cukup ringan sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin mulai mengembangkan sebuah aplikasi. Aplikasi Genymotion ini memberikan penawaran fitur – fitur yang cukup premium.

Aplikasi Genymotion ini masih jarang digunakan oleh pengguna yang hanya untuk menginstal sebuah aplikasi atau bermain game, tapi sangat sering digunakan untuk para pengembang game atau aplikasi yang bisa dikatakan sudah menjadi sobat mereka.

Fitur – fitur yang ditawarkan ada yang gratis sampai premium dengan layanan cloud based emulator. Aplikasi ini menjadi emulator favorit pengembang game dan aplikasi ini tidak membutuhkan resource yang sangat besar dari hardware PC / laptop sehingga emulator ini masih sangat lancar untuk dijalankan hingga saat ini.

4. Memu

Memu

Memu merupakan aplikasi emulator Android di PC / laptop yang menjadi pilihan bagi para gamers mobile yang selalu ingin bermain game berlama – lama. Memasuki tahun 2020 ini, aplikasi Memu mengambangkan versi terbarunya dengan versi Android 7.1 dengan beberapa peningkatan dari performa yang dimilikinya.

Mungkin sama seperti aplikasi emulator Android lainnya, aplikasi Memu juga memiliki fitur mapping yang dapat dikustomisasi atau dapat diatur sesuai dengan game yang akan dimainkan sehingga Anda tidak perlu ribet untuk mengaturnya kembali. Hingga saat ini developer aplikasi Memu ini masih aktif mengembangkannya sampai tahun 2020 ini.

5. LD Player

Aplikasi Emulator Android di Laptop

LD Player merupakan aplikasi emulator Android yang ditujukan untuk Anda yang sangat suka bermain game Android. Aplikasi ini menjadi salah satu pilihan emulator Android yang menarik di tahun 2020 ini. Developer aplikasi ini masih aktif untuk meningkatkan performanya sehingga memberikan pengalaman yang semakin smooth saat Anda bermain game.

Hal itulah yang membuat aplikasi LD Player ini menjadi pilihan para gamer sebagai aplikasi emulator Android di PC / laptop. Aplikasi ini menyediakan dua versi Android yaitu versi 5.1 dan 7.1 yang bisa Anda sesuaikan dengan spesifikasi PC / laptop yang Anda gunakan. Salah satu kelebihan yang dimiliki LD Player ini adalah stabilitas, kecepatan, serta fitur multitasking untuk dapat bermain dua game berbeda sekaligus pada jendela yang sama.

6. Bluestack

Bluestack

Bluestack merupakan aplikasi emulator Andorid yang cukup ringan dan sangat populer. Aplikasi ini sudah dirulis sejak tahun 2014 yang bisa dikatakan sebagai emulator “Serba bisa”. Serba bisa disini maksudnya adalah aplikasi ini terus berjalan dengan stabil sejak prilisannya pertama kali.

Hingga saat ini aplikasi Bluestack menjadi pilihan menarik yang terus dikembangkan oleh para developernya. Aplikasi ini sering memberikan update untuk meningkatkan performa dan kinerjanya. Dan baru – baru ini Bluestacks 4 menyediakan pilihan yaitu online installer dan offline installer. Jika Anda menggunakan sistem operasi Mac, tetap bisa menggunakn aplikasi Bluestack ini sebagai emulator Android Anda.

7. Tencent Gaming Buddy / Game Loop

Tencent Gaming Buddy / Game Loop

Tencent Gaming Buddy / Game Loop merupakan aplikasi emulator Android yang sangat populer bagi para gamers khususnya para pemain PUBG Mobile. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dirilis oleh Tencent yang mana merupakan raksasa didalam perindustrian game mobile yang terkenal.

Pada awal perilisannya, aplikasi ini hanya diperuntukkan bagi para pengguna yang bermain battle royale khususnya PUBG Mobile. Tapi, seiring berjalannya waktu aplikasi ini berkembang da berevolusi menjadi Game Loop. Game Loop mendukung pengaturan sampai 60 fps yang pastinya dapat berjalan secara smooth. Dan tentunya tetap disesuaikan dengan konfigurasi pada PC / laptop masing – masing.

8. Mumu

Aplikasi Emulator Android di Windows

Mumu merupakan emulator Android yang sangat cocok bagi Anda yang suka sekali bermain game Android. Emulator Android ini memang diperuntukkan untuk para penggunanya yang senang bermain game. Jika Anda merasa handphone Anda sudah mulai nge-lag, mungkin aplikasi emulator Mumu ini menjadi alternatif bagi Anda untuk bermain game Android kesukaan Anda.

Mungkin Anda tahu game yang bernama Ragnarok M Eternal Love, game ini merekomendasikan penggunanya untuk menggunakan emulator Mumu ini sebagai salah satu emulator yang sangat memungkinkan untuk memainkan game tersebut dengan lancar. Tapi, jangan khawatir bukan game tersebut saja yang bisa Anda mainkan, Anda tetap bisa memainkan game – game populer lainnya.

9. NoxPlayer

NoxPlayer

NoxPlayer merupakan emulator Android yang cukup ringan yang bisa Anda gunakan untuk bermain game. Aplikasi NoxPlayer menjadi salah satu pilihan yang menarik sebagai emulator Android, karena performanya yang sangat powerful walaupun hanya dijalankan pada PC / laptop yang memiliki spesifikasi rendah.

Banyak aplikasi ataupun game yang bisa dijalankan menggunakan emulator Android NoxPlayer ini. Fitur yang tidak ketinggalan dari NoxPlayer ini adalah fitur mapping untuk berbagai jenis game di Android. Sang developer pun masih terus mengembangkan aplikasi NoxPlayer dengan melakukan update untuk memberikan pengalaman dan kenyamanan para penggunanya.

10. Phoenix OS

Phoenix OS

Phoenix OS bukan seperti aplikasi emulator Android lainnya, tapi emulator satu ini berjalan dengan bentuk sistem operasi penuh seperti Microsoft Windows. Walaupun berupa sistem operasi, Phoenix OS ini tetap bisa dijalankan pada PC / laptop yang memiliki spesifikasi rendah sekalipun dan jangan khawatir proses instalnya juga sangat mudah.

Karena sifatnya yang lebih komprehensif dibandingkan emulator lainnya, Phoenix OS ini lebih cocok untuk Anda yang lebih paham tentang teknologi. Emulator Phoenix OS ini berasai dari Chine, jadi sistem operasi ini tidak mendukung layanan Google Play tapi Anda tetap bisa menggunakan APK.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi emulator Android di PC / laptop. Setiap emulator memiliki fitur serta kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Silahkan Anda pilih emulator Android yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend