Microsoft Teams PWA

Versi Baru Microsoft Teams Dalam Bentuk PWA

NESABAMEDIA.COMSoftware dan program Microsoft telah mengalami banyak sekali perubahan dari tahun ke tahun. Sepertinya, aplikasi web progresif (PWA) menjadi salah satu bagian penting dari ekosistem aplikasi Windows ke depannya, dan Microsoft menaruh harapan yang sangat besar.

Terbaru, hadir aplikasi web progresif dari Microsoft Teams dengan versi PWA ringan yang ditawarkan untuk perangkat berspesifikasi rendah. 

Microsoft Teams untuk perangkat desktop versi baru ini berbasis WebView Microsoft Edge yang bisa digunakan dalam jendela terpisah dengan web browser yang digunakan pengguna. Pengguna pun semakin mudah dalam melakukan meeting online dan berkomunikasi dengan perangkat low budget atau memiliki spesifikasi rendah. 

Karena dijadikan versi ringan, Microsoft pun menyembunyikan beberapa menu yang sebenarnya ada di Microsoft Teams versi penuhnya. Seperti ekstensi, menu musik dan beberapa menu kontrol lainnya. 

Aplikasi baru ini secara internal disebut dengan Microsoft Teams Alpha dan dikatakan telah dalam status aman. Dijelaskan juga bahwa aplikasi ini didesain dengan sistem yang selalu up-to-date, termasuk juga sistem distribusinya yang sudah disederhanakan.

Microsoft Teams versi PWA ini juga diharapkan bisa menawarkan performa pemuatan yang jauh lebih baik dan sebuah platform desktop akan bisa mendukung penggunaanya, namun sepertinya tidak akan menggantikan aplikasi Electron yang sudah ada dalam waktu dekat. 

Microsoft Teams Versi PWA

Microsoft Teams Versi PWA

Seperti yang terlihat dalam tangkapan layar proses pada Task Manager di atas,  Microsoft Teams Alpha ini menggunakan WebView dari Microsoft Edge, yang mengkonfirmasi hubungan dengan PWA. Namun perlu dicatat bahwa Microsoft Team Alpha ini tidak seluruhnya berbasis web, dan nantinya akan mendukung semua fitur Windows 10 termasuk fitur notifikasi asli. 

Selain menghadirkan Teams dalam bentuk aplikasi PWA, Microsoft juga dilaporkan tengah mengerjakan pembaruan untuk Teams versi desktop, yang dibangun menggunakan platform Electron. Pembaruan itu difokuskan untuk mengurangi penggunaan memori dan CPU, sehingga bisa digunakan lebih lancar dan halus lagi. 

Pihak Microsoft sendiri telah mengkonfirmasi bahwa mereka secara aktif memantau masalah-masalah yang terkait dengan performa dan peningkatan ini akan dihadirkan untuk Windows 10 dan macOS. Namun tidak diketahui kapan pembaruan ini akan dirilis, dan tidak ada jadwal perkiraan lebih lanjut. 

Leave a Reply

Send this to a friend