Android 12 Gunakan Format Gambar AVIF

Android 12 Pakai Format AVIF, Hasilkan Gambar Berkualitas Berukuran Kecil

NESABAMEDIA.COMAndroid 12 disebutkan akan mulai dirilis pada akhir tahun ini dan di antara fitur-fiturnya yang menarik dan terdapat peningkatan pada sisi foto dan video.

Versi terbaru dari Android 12 ini akan menjadikan pengembang lebih mudah dalam memastikan konten video dan gambar kompatibel dengan perangkat dan pemutar yang lebih lama.

Lebih lanjut, Android 12 akan mendukung format gambar terbaru yakni AVIF, yang memungkinkan pengambilan gambar dengan kualitas tinggi namun dengan ukuran yang kecil, sehingga lebih hemat ruang penyimpanan. 

Peran kamera pada smartphone selalu menjadi bagian yang terpenting selama ini. Begitu juga dengan kemampuan smartphone dalam mengambil foto dan video yang berkualitas, menjadi salah satu nilai jual yang paling utama.

Brand semacam Apple, Samsung dan Huawei mulai memberikan produk smartphone mereka dengan banyak lensa dan sensor megapiksel ultra tinggi. Namun semua itu pada akhirnya membutuhkan ruang penyimpanan dan bandwidth yang cukup besar untuk bisa dibagikan ke perangkat lain. Google pun memiliki jawaban yang mereka hadirkan pada Android 12 nanti.

Awal bulan ini, Dave Burke selaku Wakil Presiden dari Teknisi Android memberikan penjelasan melalui blog soal peningkatan yang akan dihadirkan di Android 12. Encoding HEVC (H.265) selama ini cukup populer untuk video karena ukuran dan kualitas yang ditawarkan. Namun untuk aplikasi yang tidak mendukung encoding tersebut, Google akan menawarkan fitur Compatible Media Encoding.

Fitur tersebut nantinya akan menjadikan para pengembang aplikasi mampu menyatakan format mana yang tidak didukung di Android dan secara otomatis akan melakukan encoding menggunakan codec AVC (H.264) yang lebih kompatibel secara luas. Melalui ini, aplikasi lama akan bisa memungkinkan pengguna untuk lebih mudah membagikan konten video mereka.

Selain itu sensor kamera smartphone nantinya bisa menggunakan format file AVIF, yang menawarkan foto berkualitas lebih tinggi dengan ukuran file yang lebih kecil dibandingkan dengan file JPEG yang memanfaatkan data antar frame. 

Seperti halnya JPEG, AVIF merupakan format gambar yang bisa digunakan pengguna dengan hadirnya Android 12 nanti. Meskipun nantinya sistem tidak akan memberikan pengenalan instan atas JPEG, format ini telah mendapatkan dukungan yang cukup kuat dari beberapa brand seperti Alliance for Open Media hingga Netflix, karena kompresinya yang sangat baik.

Pengguna yang telah menggunakan layanan streaming kedua produk perusahaan itu di Android sejak Februari tahun lalu, telah merasakan manfaat dari metode kompresi baru ini.

Leave a Reply

Send this to a friend