Kualitas Suara Film Netflix

Codec Baru Bikin Kualitas Suara Film Netflix di Aplikasi Android Jadi Lebih Baik

NESABAMEDIA.COMNetflix telah melakukan peningkatan pada layanan mereka untuk aplikasi Android. Peningkatan tersebut akan mengurangi buffering dan menjadikan kualitas suara film yang diputar terdengar lebih jernih dan mendetail, khususnya untuk suara di latar belakang. Netflix mengadopsi codec xHE-ACC dalam hal ini untuk memungkinkan adanya peningkatan kualitas suara dan buffering itu.

Dalam sebuah unggahan blog-nya, Netflix mengatakan bahwa penggunaan codec xHE-ACC akan mampu memberikan peningkatan kualitas suara di lingkungan yang bising, beradaptasi dengan koneksi seluler variabel, dan menyesuaikan skalanya dengan kualitas suara layaknya studio. Penggunaan codec baru ini telah diumumkan oleh Netflix pada awal bulan ini, dan telah tersedia di perangkat dengan Android versi 9 ke atas. 

Codec xHE-ACC sendiri menggunakan teknologi metadata untuk memecahkan sejumlah masalah pada audio yang berbeda yang dialami oleh para pengguna saat menonton tayangan Netflix di perangkat smartphone. Netflix menjelaskan, masalah itu terjadi saat suara di latar belakang menjadi terlalu bising, sehingga suara utamanya menjadi tidak terdengar. Hal ini diperparah dengan kualitas speaker smartphone yang rendah, dan terdengar pecah saat terlalu keras. 

Perbandingan Suara Dialog di Film

Perbandingan Suara Dialog di Film

Selain itu suara dialog yang diucapkan dalam film yang volumenya berubah-ubah, terkadang mengharuskan pengguna untuk menaik-turunkan volume secara manual. Dan tentu saja hal ini membuat pengalaman menonton film menjadi tidak nyaman.

Netflix mengatakan bahwa codec xHE-ACC menawarkan Dynamic Range Control yang lebih baik. Itu adalah sebuah teknologi yang mampu mengurangi perbedaan antara bagian dengan suara keras dan lemah dalam sebuah video. Suara yang senyap itu akan dibuat menjadi lebih keras, sehingga pengguna bisa mendengarnya dengan lebih baik, di tengah kebisingan suara latar belakang. 

Perbandingan Kerasnya Suara Latar Belakang di Film

Perbandingan Kerasnya Suara Latar Belakang di Film

Kemudian, suara dialog yang terlalu keras, akan diturunkan untuk mencegah terjadinya ‘Clipping’, tanpa harus mengorbankan kualitas audio. Netflix juga mengatakan bahwa volume dialog akan menjadi lebih konsisten di setiap scene-nya.

Codec itu juga mendukung pergantian bitrate yang halus, yang berarti bahwa tayangan akan terdengar dan terlihat lebih baik lagi di daerah dengan kecepatan internet yang tidak stabil. Netflix juga menerapkan fungsi bitrate yang bisa beradaptasi secara otomatis pada tahun 2019 silam. 

Leave a Reply

Send this to a friend